PBB mendeklarasikan Hari Peduli Autisme Sedunia

Setiap tanggal 2 April mulai tahun 2008

10/28/2009

Pesan Moderator di Hari Peduli Autisme Sedunia 2008


Sudah lama ada pertanyaan di benak saya yang kurang lebih seperti ini: kalau ada Hari Anak Sedunia, Hari Asma Sedunia, Hari Kanker Sedunia, Hari Aids Sedunia, dll, kenapa tidak ada Hari Autisme Sedunia? Kapan yah ada Lembaga resmi dunia yang akan meresmikan satu hari untuk Hari Peduli Autisme Sedunia?

Akhirnya.... setelah sekian lama, PBB mau juga mendeklarasikan satu hari khusus untuk Autisme. Hidup PBB!! Hidup Qatar!! negara pertama yang mengusulkannya. Ini tentu saja disambut oleh banyak negara dengan positif.

Autisme memang bukan suatu penyakit dan tentu saja tidak menular, tapi seperti yang dr. Melly Budhiman SpKj tulis pada kolom Opini Kompas pada tgl 19 Maret 2008, bahwa "memang anak autis tidak mati, tetapi juga tidak 'hidup'".

Terus terang, agak 'bergidik' juga saya membaca kalimat tersebut, tapi mau tidak mau, kita harus akui, memang begitulah kenyataannya. Tapi karena Autisme itu spektrum, tentunya hal tersebut adalah untuk menggambarkan Autisme yang paling "parah" (severe). Dan mestinya kalimat-kalimat seperti itu justru bisa membuat Pemerintah tersadar, bahwa masalah Autisme ini adalah masalah yang serius! sangat serius!

Semoga dengan dideklarasikannya tanggal 2 April sebagai Hari Peduli Autisme Sedunia, masyarakat akan lebih menyadari sekaligus dapat menerima kehadiran anak penyandang autis dengan segala kelebihan dan kekurangannya. Pemerintah juga semoga bisa segera proaktif berbuat sesuatu demi menunjang kehidupan yang lebih baik bagi anak penyandang autis di Indonesia.

Tetap semangat!
Bersama kita bisa!

Salam Peduli Autisme,
Leny Marijani
2 April 2008

Total visitors from 2000 to October 2011 : 2,038,400 - Puterakembara 2011
interaction with this site is in accordance with our site policy