PSG Pontianak - SEMINAR & WORKSHOP

09/13/2007

Bertempat di Gedung Rektorat Universitas Tanjungpura Pontianak, pada tanggal 18-19 Agustus 2007 yang lalu, PSG Pontianak menyelenggarakan kegiatan Seminar yang bertopik
"Anak ASD dan Permasalahan Bersekolah" dirangkai dengan Workshop yang mengambil materi
"Visual Support".

Yang kita undang sebagai narasumber adalah Ibu Dyah Puspita , salah seorang Pakar kita dari Puterakembara. Kegiatan Seminar dan Workshop ini kita adakan sebagai tindak lanjut dari pertemuan PSG Pontianak yang kedua (3 Juni 2007) bersama pihak-pihak dari Dinas Pendidikan Kota Pontianak dan FKIP Untan Pontianak. Karena target audiens kita adalah para guru sekolah dan pihak-pihak yang terkait dengan masalah pendidikan bagi anak-anak autisme, maka PSG Pontianak menggandeng Diknas Kota Pontianak dan FKIP Untan untuk membentuk Panitia Seminar Bersama, yang diketuai oleh Ibu Suwiena (PSG Pontianak).

Keseluruhan biaya untuk penyelenggaraan Seminar dan Workshop ini, sebagian besar kita dapatkan dari donasi para donatur dan kekurangannya kita galang bersama dari para anggota PSG, sehingga semua peserta Seminar dan Workshop dapat kita bebaskan dari segala biaya.

Kegiatan Seminar dan Workshop yang berlangsung selama 2 hari itu bisa dikatakan berjalan dengan lancar dan sukses. Dilihat dari jumlah peserta Seminar yang mencapai 200 orang dan 120 orang untuk peserta Workshop. Sebagian besar peserta adalah guru-guru sekolah dari TK hingga SMA, para orang tua anak-anak autisme, beberapa tokoh masyarakat dan pemerhati autisme.

Juga hadir beberapa pejabat dari Dinas Pendidikan Kota dan Propinsi, termasuk Bapak Kepala Dinas Pendidikan Propinsi Kal-Bar, Bapak Drs. H. Ngatman berkenan hadir dan memberikan sambutan pada acara pembukaan Seminar.... (Bravo PSG Pontianak...!! - Moderator :-))

Adapun beberapa point penting yang disampaikan oleh Bapak Ngatman antara lain, bahwa Beliau sangat mendukung semua program kerja PSG Pontianak dalam hal memperjuangkan pendidikan bagi anak-anak autisme di Pontianak, menegaskan bahwa tidak boleh ada perlakuan diskriminatif terhadap anak-anak autisme yang bersekolah di sekolah-sekolah umum, dan kedepannya agar dapat segera diwujudkan sekolah-sekolah inklusi maupun khusus yang dapat menampung anak-anak berkebutuhan khusus yang tidak mampu bersekolah di sekolah-sekolah umum.

Semoga apa yang disampaikan Bapak Kadiknas benar-benar dapat diwujudkan segera. Dan menurut Pak Ngatman beliau benar-benar surprise dengan jumlah peserta yang cukup banyak, karena pengalaman Beliau sebelumnya, belum pernah menghadiri seminar dengan jumlah peserta seperti saat ini di Pontianak.

Menurut Ketua Panitia, Ibu Suwiena dari PSG Pontianak bahwa tujuan penyelenggaraan seminar dan workshop ini adalah untuk memberikan pembekalan dan pengetahuan kepada para guru maupun para orang tua, agar dapat mempersiapkan anak-anaknya yang akan bersekolah dan tahu bagaimana cara memperlakukan dan menghadapi anak-anak tersebut di sekolah.

Ibu Ita membawakan acara seminar dengan amat menarik, diselingi dengan pemutaran video dan gaya serta guyonan khas Bu Ita. Antusiasme peserta cukup besar, banyak pertanyaan-pertanyaan yang dilontarkan dalam sesi Tanya jawab, hanya saja, kemarin kita memakai teknis Tanya jawab langsung, sehingga waktu menjadi agak terbuang, menurut Bu Ita, seharusnya pertanyaan diajukan secara tertulis, sehingga dapat ditampung lebih banyak. Dan tak terasa waktu 3 jam berlalu dengan cepat, sesi Seminar berakhir, namun Bu Ita masih diburu-buru para orang tua yang belum puas, bahkan para guru juga sangat berminat dengan materi yang dibawakan Bu Ita. Bu Ita juga sempat diwawancarai reporter dari Ruwai TV dan wartawan dari Borneo Tribune.

Setelah break makan siang, sesi kedua pada tanggal 18 Agustus 2007 kita isi dengan Panelis Diskusi bagi Pendidikan anak autis bersama Dekan FKIP Untan, Bapak Dr. Aswandi, Guru Besar FKIP Dr. Leo Sutrisno, dan Bapak Drs. Khairul Azhar, Kabid Pendidikan Luar Sekolah Dinas Pendidikan Kota Pontianak.
Dalam sesi ini, para orang tua berkesempatan mengeluarkan pikiran dan pendapatnya, serta berbagai keluhan yang selama ini ditemui di sekolah-sekolah.

Di akhir pertemuan, pihak Diknas berjanji akan menerima dengan terbuka semua aspirasi dari para orang tua dan mengundang semua orang tua untuk tidak ragu mendatangi mereka seandainya menemui kendala-kendala dalam menyekolahkan anak-anaknya, termasuk beberapa orang tua yang anak-anaknya akan mengikuti Ujian Nasional SD tahun ini, akan diupayakan perlakuan khusus pada waktu pelaksanaan ujian tersebut.

Sesi Workshop pada tanggal 19 Agustus 2007, berlangsung dari pukul 08.30 12.00 WIB. Di sini Bu Ita membawakan materi Visual Support yang sangat berperan penting dalam kehidupan anak-anak ASD. Setelah presentasi mengenai materi Visual Support, Bu Ita membagi para peserta yang hadir menjadi 11 kelompok, untuk berdiskusi dan membuat materi Visual menurut materi yang disiapkan oleh Bu Ita. Menurut Bu Ita, Menurut Bu Ita, untuk pertamanya kalinya memberikan Pelatihan dengan jumlah peserta mencapai 120 orang.

Suasana agak santai dan ramai waktu para peserta mengerjakan materi Visual yang diberikan. Dan menjadi lebih ramai dan kocak lagi pada saat wakil kelompok mempresentasikan hasil kerja masing-masing. Ternyata ada juga kelompok yang salah menginterpretasikan soal yang diberikan, sehingga hasilnya tidak seperti yang diharapkan.

Acara selama 2 hari ini, ternyata memberikan begitu banyak manfaat dan pengetahuan bagi kita semua. Karena di Pontianak, sebelum ini, belum pernah diselenggarakan kegiatan Seminar dan Workshop semacam ini. Pada acara penutupan, pihak peserta yang diwakili oleh Bapak Herman, seorang pendidik senior di Pontianak, menyatakan sangat berterima kasih kepada Bu Ita yang telah berkenan hadir di Pontianak dan membagi ilmu bersama masyarakat Pontianak, dan menghimbau seluruh peserta yang hadir untuk senantiasa memberikan dukungan bagi para orang tua dan anak-anak penyandang autisme serta berharap PSG Pontianak tetap lancar melaksanakan semua program yang akan dilaksanakan kelak.

Salam,
Natalia - Suwiena atas nama PSG Pontianak

* Untuk melihat foto dokumentasinya, silahkan klik DISINI

Total visitors from 2000 to October 2011 : 2,038,400 - Puterakembara 2011
interaction with this site is in accordance with our site policy