Valdy Juara Renang Olympiade Siswa Nasional

Tahun 2008


Muhammad Valdy Fadhyo & Medali

07/20/2008

Oleh: Dra. Yaty Nurhayati Rusli,MSi (Bunda Valdy)



Pada 24 Mei 1994, Muhammad Valdy Fadhyo dilahirkan melalui operasi caesar, karena leher terlilit usus dan air ketuban sudah berwarna hujau.

Valdy bersama Mama & Papa


Valdy merupakan anak yang manis karena dari lahir hingga tumbuh kembangnya (tengkurap, duduk, merangkak, jalan dan lari) tidak pernah merepotkan orang tuanya, sangat berbeda dengan kakaknya. Kalau malam-malam ngompol dan haus tidak pernah menangis atau terjaga. Malah saya yang selalu bangun untuk menyusuinya, biasanya kan ortunya yang dibangunkan karena tangisannya. Tetapi ketika saatnya anak mulai berbicara kami heran kok ini anak tidak juga mau mengeluarkan kata-kata, saat itu sekitar umur 1,5 tahun. Mungkin karena kami kurang intens terhadap dia sebab kakaknya juga banyak menuntut perhatian. Kami coba dia ajak komunikasi, tapi ya begitu respons seadanya. Tatapannya pun hanya sekelebat saja. Dia lebih asyik dengan mainan atau iklan di TV. Kami pikir dia tuli. Ternyata tidak, setiap ada azan dan iklan (yang visual) dia selalu tertarik. Jika dia berada di kamar dan mendengar suara itu dia keluar dan mencari sumbernya.

Kami heran kenapa dia belum juga dapat berbicara, yang keluar hanya bahasa planet (begitu istilahnya dr. Melly Budhiman). Kami ajarkan mama, papa, itupun sulit untuk keluar, hanya sesekali saja dia bisa.
Maka kami putuskan untuk membawanya ke KKTK (Klinik Khusus Tumbuh Kembang) RSAB ”Harapan Kita” kebetulan lahirnya disitu. Waiting list pula, dari situ salah satu terapist mengatakan kemungkinan Valdy ”Autism” kami belum pernah dengar jenis apa pula itu. Kami disarankan untuk terapi walaupun belum dievaluasi oleh TIM dari KKTK karena waiting list tadi.

Sekitar umur dua tahun baru kami kebagian nomor dan Valdy didiagnosa ”Autism suspect delayed, DD ADD” Kami merasa sedih yang tak berujung mendengar itu. Tapi ini kenyataan. Berikutnya dirujuk konsul ke psikiater 3 bulan kemudian. Dugaan makin kuat setelah konsul dan dievaluasi oleh Dr. MB.

Dari situ perjalanan panjang kami dimulai. Semua kami jalani mulai dari terapi wicara, terapi okupasi, medikamentosa, urut, spitirual, remedial dll. Banyak hal-hal kejadian yang diluar kuasa kami. Umur 3 tahun baru keluar kata-kata dari situ kami ajarkan dia mulai dari kata benda, kata kerja, dan kata sifat dilanjutkan dengan visual dan merangkai kalimat. Hiperaktifnya juga gak ketulungan.

Valdy di D. Singkarak Padang


Taman Kanak-Kanak

Sekitar umur 4 tahun kami coba masukkan TK. Itu pun dua kali pindah. Karena ortu murid2 protes Valdy selalu menggangu (karena dia kalau sudah punya mau langsung saja tidak pakai ba..bu.. dulu sehingga teman2nya kalah). Memang teman2nya takut sama dia karena badannya besar. Wah susah juga meyakinkan bahwa anak kita bukan nakal tetapi autism (masih banyak ortu2 yang belum tahu pada saat itu).

Valdy & Mama


Sekolah Dasar

Tahun 2000, Valdy diterima di SDN Tebet Barat 07. Alhamdullilah gurunya bisa menerima dan banyak memberi pencerahan kepada kami supaya selalu bersabar dan ini adalah amanah. Ternyata di kelasnya ada yang lebih parah dari Valdy tidak mau duduk selalu di kolong meja. Pada Cawu III (saat itu belum semester masih cawu) Valdy sudah dapat membaca. Kami seperti mendapat undian atas kemajuannya.
Di kelas tiga Valdy mengulang karena belum mampu. Kami berfikir apakah dia cocok di sekolah ini apakah harus di sekolah khusus. Kami konsultasi dan survei sekolah, ternyata tidak ada sekolah yang sesuai dan terjangkau di kantong kami. Dan dokter pun memutuskan harus di sekolah umum supaya tidak mundur kemampuannya. Pada saat itu belum ada sekolah inklusi.

Pada 2002 Valdy kami masukkan ke club renang. Katanya renang merupakan terapi juga bagi anak2 SN, saat itu belum ada terapi dolphin/lumba-lumba dan berkuda. Dengan harapan konsentrasinya akan lebih baik. Dari tidak bisa berenang latihan seminggu 3 X hingga masuk ke kelas tingkat atlet meningkat terus hingga seminggu 8 – 10 X. Dengan jadwal latihan subuh, sore, dan malam.

Waktu berjalan terus kejuaraan dan berbagai lomba kami ikuti. Baru pada tahun 2006 hingga kini (2008) sedikit-demi sedikit mendulang juara (daftar prestasi mohon lihat di bawah). Tapi kami tetap mencari sekolah yang terbaik untuknya. Ketika kelas 5 kami menemukan sekolah inklusi atas informasi dari kepala sekolah. Lalu kami survei ternyata program nya belum berjalan penuh. Dan pendidikannya pun tidak lebih baik dari sekolah Valdy. Maka kami laporkan kepada Kepsek. Bahwa sekolah tersebut belum memadai.
Alhamdulliah Valdy dapat lulus SD, karena belum UAN masih UAS.

Valdy&teman-Wisuda SD


Sekolah Menengah pertama

Tahun 2007, satu hal lagi nikmat dan rahmat Allah yang diberikan kepada kami. Valdy masuk SMP Negeri tanpa TAU (Test Akademik Umum) khusus DKI Jakarta. Subhannaulahhh.... itu semua di luar jangkauan kami. Secara logika mana mungkin anak SN dapat seperti itu. Ya itulah kenyataan. Tuhan Maha Kuasa. Dia telah dapat mengharumkan mana sekolah setelah menjuarai O2SN (Olympiade Olahraga Siswa Nasional ) tahun 2008.

Hingga kini kami bukan berarti merdeka dari belenggu anak SN, selalu menghadapi masalah bersama dengan anak SN. Bukan berarti pula apa yang sudah Valdy nikmati melalui perjuangan cukup sampai disini. Karena masih banyak ketertinggalan dan kekurangan yang harus dikejar. Tetap Tuhan masih menguji kami. Mungkin itu raport bagi ortunya untuk tetap tawakal.

Semoga cerita singkat ini dapat menjadi inspirasi bagi yang memiliki anak2 SN. Jangan pernah memikirkan hasil, yang penting prosesnya kita lakoni dengan tekun dan sabar.

Jakarta, Juli 2008

Daftar Prestasi & beberapa Foto Valdy

Agustus, 2006, Kejuaraan renang Antar Pelajar SD - SMP se Provinsi DKI Jakarta
Peringkat IV untuk : 200 m Gaya Ganti Perseorangan, 50 m Gaya Kupu2, 50 m Gaya dada
Penyelenggaran Dinas Olah Raga dan Pemuda Provinsi Daerah
Khusus ibukota Jakarta.

Agustus, 2006, Kejuaraan Renang Antar Pelajar TK, SD se Jabotabek
Peringkat II (perak) 50 m gaya bebas, Peringkat III (perunggu) 50 m gaya dada.
Penyelenggara Bekasi Regensi Sport Centre dan XL cell.

September, 2006, Proklamasi Game antar Club se Jabotabek
Peringkat I, 50 m gaya bebas dan 50 m gaya dada
Penyelenggara Taman Palem Sport Club.

April, 2007, Club House Puri Bintaro
Peringkat II, 25 m gaya bebas dan Peringkat III 25 m gaya dada
Penyelenggara A2 Swimming School

April, 2007, Ariatirta Sprint Swimming Bogor
Peringkat III (perunggu) 50 m gaya Kupu2 KU(Kelompok Umur III)

Juni, 2007, Perlombaan Renang KU III Pemula
Peringkat III, 100 m gaya dada, 100 m gaya kupu, 50 m gaya bebas
Peringkat II , 100 m gaya bebas
Penyelenggara, PRSI DKI Jakarta dan ESGA, Jakarta

November, 2007, KRAPDA (Kejuaraan renang Antar Perkumpulan Daerah).
Peringkat VIII 50 m gaya dada (KU III), Peringkat IX 400 m gaya bebas (KU III).
Penyelengara PRSI DKI Jakarta dan PR Pari Sakti

April 2008, Invitasi Renang Kelompok Umur antar Sekolah dan Club Peringkat III, 100 m gaya Kupu2
Penyelenggara PRSI Kodya Bogor dan PR. Cucut

Juni 2008, Olympiade Olahraga Siswa Nasional Tingkat SMP (O2SN) Peringkat III (Perunggu) tingkat Kodya Jak-Sel
Peringkat VIII tingkat Propinsi DKI Jakarta

Valdy juara renang


Start


Valdy&juara lain


Valdy terima medali


Valdy dapat piala HUT RI


NB: Ada banyak foto-foto lain yang bagus dan dapat menimbulkan semangat, di Album Khusus Valdy. Untuk melihat foto-foto tersebut, silahkan klik DISINI

----------ooooo00000ooooo------------


Total visitors from 2000 to March 2012 : 2,098,400 - © Puterakembara 2012
interaction with this site is in accordance with our site policy