Warna-warni kehidupan, ketika anak autistik

berkembang remaja

07/15/2008

Judul : Warna-warni kehidupan, ketika anak autistik berkembang remaja
Penulis : Dra. Dyah Puspita
Penerbit: Yayasan Autisma Indonesia
---------------------------------------------

Buku ini tidak saja bermanfaat untuk orangtua/orang2 di lingkungan Autistik remaja, tapi juga buat orangtua yang anaknya menginjak remaja/dewasa (BAB II, III). Tentang pentingnya kesadaran lingkungan akan proses pertumbuhan anak-anak dan perubahan perlakuan yang mesti diterapkan orangtuanya sehingga cara pandang diri mereka akan mengikuti cara pandang orangtua terhadap anak. Bahwa depresi adalah bagian dari proses yang dialami remaja pada umumnya, termasuk penyandang autistik. Sikap mereka yang uring-uringan bisa saja bersumber dari depresi ini, bukan issue "tantrum" seperti saat mereka anak-anak. Kesadaran akan hal ini membuat pembaca melebarkan kemungkinan pendekatan apabila mendapati situasi ini.

"Ide" tentang seksualitas dan bagaimana penulis melakukan break down materi terstruktur untuk DIIAJARKAN sungguh suatu hal yang CEMERLANG untuk membuat anak terlatih/tahu bagaimana mengendalikan nafsu yang merupakan karunia Allah serta bagaimana mengolah karunia itu sehingga perilakunya bisa diterima oleh masyarakat. Hal ini menjadi "ilham" bagaimana orangtua memperkenalkan "seksualitas" pada anak-anak remaja lain yang neuro typical.

Dalam buku ini bertebaran contoh-contoh kejadian nyata yg dikumpulkan dari bukan saja ananda Ikhsan, namun pengalaman penulis selama menjadi aktifis "gerakan peduli autis" yang merambah Indonesia, untuk menguatkan pendapat penulis akan suatu hal.

Kelebihan dibandingkan bahasan buku lainnya adalah memberikan gambaran yang nyata dan detail contoh-contoh dari seorang anak yang menginjak remaja, dari sisi pendekatan, pemahaman, dan psikologis anak serta tips bagaimana menyikapi tekanan-tekanan yang selain bersumber dari kesenjangan antara ekspektasi dan kenyataan, juga lingkungan sekitar (BAB I, BAB 7, BAB 8, BAB 9, BAB 10)

BAB 4,5,6 adalah cara pandang/pendekatan penulis untuk mengembangkan potensi anak-anak autistic remaja, melihat peluang serta mensederhanakan materi ajar... (yg gak penting2 macam akar kwadrat gak usah la yau)

Buku ini inspiring, juga sarat akan tips and tricks..., sehingga membuat saya punya rencana untuk menyambut anak2 saya menuju dunia remajanya.

Diluar semua itu, penulisnya, mbakyu Ita adalah manusia luar biasa dengan semua keterbatasannya sebagai manusia.... We need her, as much as she need us as a friend....she said.

Komentator (ditulis oleh):
Lukie Damayanti (rekan milis)
Ibu dari Ismail, Rafii, Rizqi



Total visitors from 2000 to March 2012 : 2,098,400 - Puterakembara 2012
interaction with this site is in accordance with our site policy