The Child with Special Needs

(Anak Berkebutuhan Khusus)

02/08/2007

Judul asli : The Child with Special Needs
Judul versi Indonesia: Anak Berkebutuhan Khusus
Penulis : Stanley I. Greenspan, M.D.; Serena Wieder, PH.D. with Robin Simons
Penerjemah : Yayasan AyoMain
Penyunting : Dra. Fridiawati Sulungbudi
--------------------------------------------------------------

Buku ini menawarkan pendekatan DIR - floortime yang populer atas berbagai masalah perkembangan anak, termasuk Autistic Spectrum Disorder/ASD/PDD, Attention Deficit Disorder/ADD, Down syndrome, cerebral palsy, gangguan bicara dan bahasa serta keterlambatan perkembangan lainnya.

Berdasarkan dua dekade praktek dan riset asli dalam berbagai masalah perkembangan, buku ini merupakan hasil kerja yang sangat penting untuk membantu orang tua dan para profesional untuk mendobrak label diagnosa yaitu bekerja hanya berdasarkan sekumpulan gagasan mengenai diagnosa tersebut. Kita diajak untuk mengamati dan memahami profil unik setiap anak; kekuatan, kapasitas perkembangan dan masalah unik setiap anak di dalam setiap tonggak penting perkembangan yang berlandaskan emosional dan intelektual.

Wawasan-wawasan baru para penulisnya mengenai perkembangan manusia dan pembelajaran, membuat mereka mampu menciptakan pendekatan langkah demi langkah untuk memprakarsai dan menyokong penguasaan atas tonggak-tonggak perkembangan tersebut. Floortime merupakan suatu pendekatan interaktif yang berlandasarkan kekuatan relasi dan struktur keluarga, menjadi jalan masuk ke dalam dunia anak untuk kemudian membantu membimbingnya melewati setiap tahapan perkembangannya secara lebih optimal. Buku ini dilengkapi banyak sekali contoh dan uraian yang menarik dan jelas.

Beberapa hal pokok yang membedakan pendekatan DIR dibandingkan pendekatan lainnya adalah:

Pertama,
pandangan bahwa setiap anak tidak memiliki potensi yang tetap dan terbatas baik secara emosional maupun intelektual. Bila kita bisa membantunya secara tepat, maka ia akan berkembang mencapai optimalisasinya.

Kedua,
pendekatan yang mengutamakan BERMAIN, sebagai suatu relasi interaktif yang melibatkan pertukaran afektif/emosional akan memberikan landasan yang kuat bagi keterampilan bahasa, kognisi, maupun keterampilan sosial dan emosional.

Ketiga,
pendekatannya memberdayakan seluruh keluarga untuk membantu perkembangan anak sepanjang hari & setiap hari. Pendekatan ini juga memberikan landasan bagi upaya para profesional seperti terapis wicara, terapis okupasi, pendidik khusus, psikolog, dll untuk bekerja bersama keluarga anak berkebutuhan khusus.

Total visitors from 2000 to March 2012 : 2,098,400 - Puterakembara 2012
interaction with this site is in accordance with our site policy