Insiden Anjing di Tengah Malam

yang bikin penasaran

09/26/2005

Judul: Insiden Anjing di Tengah Malam yang bikin penasaran
Penulis: Mark Haddon

Judul asli: The Curious Incident of the Dog in the Night-time
--------------------------------------------------------------------


Mark Haddon, yang biasa menulis tentang anak-anak, pekerjaannya banyak melibatkan dia dengan anak-anak autis. Mark mengajar creative writing untuk Arvon Foundation di Oxford University.

Mark menulis buku ini dari sisi pandang anak autis (asperger) berumur 15 tahun bernama Christopher Boone. Sebagai seorang individu autistik, dia masuk ke sekolah khusus dan hidup dengan ayahnya. Christopher mempunyai daya ingat yang sangat luar biasa. Dia mampu mengingat apapun yang telah dilihatnya. Pelajaran seperti matematika dan ilmu pengetahuan sangat dikuasainya tapi sama sekali tidak mengerti masalah manusia pada umumnya (kehidupan sosial).

Ketika dia menemukan anjing tetangganya terbaring tak bernyawa, dia memutuskan untuk menangkap si pembunuh dan berlaku sebagai detektif ala buku misteri Sherlock Holme. Kemudian pencariannya membawa dia malah kepada persoalan lain seperti kegagalan perkawinan orang tuanya.

Dengan menggunakan perkataan yang sederhana, Christopher berusaha menyampaikan apa yang ada dipikirannya, bagaimana perasaan dia, mencoba berkomunikasi dengan orang lain, mengatasi kegelisahannya. termasuk ketika terjadi perubahan drastis dalam kehidupannya, tergambarkan bagaimana cara orang di sekitar anak penyandang autis harus bersikap.

Sang penulis Mark luar biasa mampu menceritakan detail cerita dengan indah dan penuh humor.
Sebuah buku yang sangat menarik, lucu sekaligus mengharukan.



Total visitors from 2000 to March 2012 : 2,098,400 - Puterakembara 2012
interaction with this site is in accordance with our site policy