Dunia di Balik Kaca

09/04/2005

Judul: Dunia di Balik Kaca
Penulis: Donna Williams
----------------------------------------

Buku ini ditulis oleh seorang peyandang autis dewasa asal Australia, Donna Williams (40 tahun). Mengisahkan perjuangannya menjadi seorang "manusia normal". Dalam menulis buku yang boleh dibilang
otobiografi ini, Donna tidak dibantu oleh siapapun-termasuk dalam hal teknik penulisan.

Donna sadar betapa dunianya begitu berbeda dengan dunia lain di sekitarnya. Ia ingat mimpi pertamanya, yang datang saat umurnya belum tiga tahun, adalah mimpi tentang perjalanan menembus warna putih dan semua benda. Ketika Donna kecil (terjadi pada awal 1960-an), autisme belum sepenuhnya dimengerti dunia medis. Dalam dunianya yang penuh warna, Donna menganggap orang normal adalah ancaman bahkan boleh dibilang musuh. Hanya kakek, nenek, ayah, dan bibinya, Linda, yang dianggapnya teman. Sering, bila ia pergi ke supermarket, diambilnya puluhan kamper, lalu disebarkannya di sekeliling kamarnya karena bau kamper mengingatkannya pada aroma tubuh neneknya.

Ia kerap menuliskan kata-kata yang menggambarkan bahwa dirinya terancam. Untuk mempertahankan diri, Donna cenderung merusak dan berperilaku di luar kebiasaan. Ia menyukai benda-benda yang berwarna aneka macam dan obyek yang berganti-ganti. Ia bisa tidur nyenyak jika memasukkan jarinya ke dalam lubang kain rajut buatan neneknya. Donna mulai merasakan dunia normal di luar dirinya ketika ia menjalani terapi gizi dan berhenti mengkonsumsi makanan yang mengandung fenol dan protein. Sejak saat itu, ia merasa dirinya bisa tenang dan mampu berbicara teratur.

Di bagian akhir buku ini, Donna menambahkan interpretasi pribadinya terhadap berbagai perilaku "aneh" yang dilakukannya dulu. Ia menerangkan menurut versinya sendiri apa artinya dan apa yang
dirasakannya saat merobek kertas, melukai dan mengotori diri sendiri, atau mengulangi omongan orang lain. Tetapi Donna mampu mengatasi semua itu, hingga kemudian mendirikan biro konsultasi autisme. Selain menjadi konsultan pada biro tersebut, saat ini Donna adalah seorang istri yang bahagia dengan kegiatan sehari-harinya antara lain melukis, membuat patung, dan menggubah lagu.

Total visitors from 2000 to March 2012 : 2,098,400 - Puterakembara 2012
interaction with this site is in accordance with our site policy