Untaian Duka Taburan Mutiara

09/04/2005

Judul : Untaian Duka Taburan Mutiara
Penulis : Dra. Dyah Puspita Psi
Penerbit: Qanita Misan, Bandung
-------------------------------

Isi buku ini penuh dengan perjuangan yang tak berujung.
Siapa penulisnya? Ibu Dyah Puspita. Bagi teman yang belum mengenalnya, perlu sedikit penjelasan mengenai sosok beliau. Beliau adalah seorang Sarjana Psikologi, mempunyai anak berusia 14 tahun yang belum berbicara. Ibu Ita, demikian panggilannya, adalah orang tua tunggal. Tinggal bersama dengan ibu kandungnya yang mengalami gangguan mata, hampir buta. Jadi pernah dalam suatu seminar Ibu Ita bercerita, "Saya tinggal bersama 3 orang. Yang pertama, anak saya, bisa membaca, bisa menulis, belum bisa bicara. Yang kedua, ibu saya, bisa membaca, bisa menulis, bisa bicara, tapi hampir tidak melihat. Yang ketiga, pembantu saya, bisa bicara, bisa melihat tapi tidak bisa membaca dan tidak bisa menulis. So..lengkaplah orang-orang special di sekeliling saya".

Mungkin baru ada sedikit buku-buku mengenai perjuangan orang tua yang membesarkan anak berkebutuhan khusus yang ditulis oleh orang Indonesia. Selama ini banyak buku-buku yang penulisnya adalah orang asing, sehingga ada perbedaan kultur dan latar belakang sosial.

Buku ini diawali dengan nilai-nilai terpenting yang ditanamkan oleh orang tuanya. Anak adalah titipan Tuhan yang luar biasa berharga; hidup ini untuk berbagi dan memberi; hidup adalah lakon yang harus
dijalani dengan lapang dada; Tuhan hanya membantu mereka yang berusaha.

Buku ini benar-benar menceritakan perjuangan seorang ibu (seorang diri) yang semula tidak mengerti tentang autisme menjadi seorang yang bukan saja mengerti tapi akhirnya mendalami dan menyelami masalah autisme. Sadar atau tidak, suka atau tidak, saat ini Tuhan telah berkarya lewat Ibu Ita (begitu panggilan akrab beliau). Kiprahnya di dunia autis telah banyak membuat orang memiliki wawasan baru, pencerahan baru dan motivasi yang baru. Tuhan membuat Ibu Ita mengerti arti kehadirannya di tengah dunia autisme ini melalui seminar, sekolah dan bahkan melalui buku ini.

Buku ini terdiri dari lima belas bab yang masing-masing babnya disisipkan kolom "Seandainya anda tahu ." dan "Andai aku tahu ...". Point-point penting yang terdapat pada kolom tersebut kelihatannya
sengaja dibuat penulis agar bisa dijadikan semacam petunjuk bagi orang tua, berdasarkan pengalaman penulis.

------------------------
Dikutip dari: Bulletin LRD

Total visitors from 2000 to March 2012 : 2,098,400 - Puterakembara 2012
interaction with this site is in accordance with our site policy