How to talk to your baby: A guide to maximizing

your child's language

09/04/2005

Judul: "Bagaimana Berbicara Dengan Bayi Anda - Panduan Memaksimalkan Kecakapan Belajar dan Bahasa Anak Anda"
Penulis: Doroty P. Dougherty

Judul asli : "How to Talk to your baby : A guide to maximizing your child's language and learning skills"
----------------------------------------------

Penulis buku ini adalah seorang ibu rumah tangga dengan 3 anak laki-laki, dengan latar belakang pendidikan Master Ilmu Patologi Komunikasi dan Bahasa dari College of New Jersey tahun 1980. Beliau juga salah satu pendiri dari klinik terapy "Atlantic Behaviour Care" ini, bersama suaminya Kevin R. Dougherty yang seorang psikolog, juga aktif bekerja sebagai pathologist.

Buku ini ringan, tipis dan ukuran buku tulis, mudah dibawa-bawa dan dibaca sambil melakukan aktifitas "menunggu" yang membosankan. Terdiri dari sepuluh Bab dengan komposisi yang mengulas definisi secara konsisten akan kata "Bahasa" dan "Komunikasi" serta "Gangguan Bahasa".
Selanjutnya penulis berusaha memberikan bekal pemahaman akan proses "Belajar" (penguasaan pengucapan konsonan secara aktif).

Beberapa ide alternatif untuk merekayasa lingkungan juga disajikan, serta diberikan juga guidence serta contoh kongkrit pada seorang ibu untuk berperan serta agar proses rekayasa ini efektif (lagu2 sajak/ buku cerita dengan lyric/ rhyme/ kata2 tertentu - pengulangan dan latihan produksi konsonan), dan tujuan rekayasa tercapai. Teknik berbicara dan Metode pembelajaran juga disajikan dengan contoh-contoh aktifitas rutin di berbagai tempat umum seperti Supermarket, Taman bermain, di Mobil (selama perjalanan jauh), juga di sekitar rumah.

Sesuai dengan judulnya, buku ini memberi panduan untuk merangsang kemampuan berbahasa anak, dengan penekanan pada pemahaman serta penggunaan yang sesuai dengan waktu, situasi dan tempat. Latihan dilakukan terus menerus dan diterapkan pada aktifitas rutin seorang ibu rumah tangga. Berbekal pengalamannya sebagai pathologist dan ibu dari 3 orang anak laki-laki, penulis telah mengaplikasikan metode ini, dengan keterbatasan waktu yang dimilikinya sebagai seorang pekerja.

Melihat latar belakang pendidikan dan posisinya sebagai professional serta seorang ibu, buku ini rasanya ideal dijadikan panduan oleh ibu yang sibuk dengan rutinitas harian rumah tangga maupun ibu pekerja. Tidak terdengar sangat teoritis, justru sangat aplikatif tanpa kehilangan unsur logis dan ilmiahnya.

Mengingat buku ini mengulas "berbicara" dan "berbahasa" dan ditulis oleh orang asing (USA), contoh-contoh kata-kata pelatihan langsung diambil dari bahasa inggris. Tapi pendekatan ini sendiri adalah ide, pencerahan dan angin segar bagi "rekayasa" lingkungan dan bahasa yang mesti kita kembangkan, dan tentu saja diadaptasi dengan bahasa Indonesia.

--------------------------
Kiriman: Lukie Damayanti, Rekan Milis di Pekanbaru

Total visitors from 2000 to March 2012 : 2,098,400 - Puterakembara 2012
interaction with this site is in accordance with our site policy