Mencegah anak ke-setrum

07/24/2005

Listrik sangat berguna tapi juga amat sangat berbahaya.

Saya mencari nafkah dari Listrik. Dua keluarga dekat saya (paman dan nenek/bibi mertua paman) meninggal karena listrik! Kakak kandung saya pun nyaris meninggal dan sempat pingsan 15 menit di tiang listrik!

Sedikit tips agar listrik hanya bermanfaat dan menekan seminim mungkin bahaya yang ditimbulkan:

1. Hindari pemakaian kabel murahan.
2. Gunakan ukuran kabel yang sesuai.
3. Sebisanya hindari/kurangi pemakaian ROL KABEL.
4. Jangan meletakan rol kabel dilantai.
5. Hindari pemakaian T connector.

6. Pasang Grounding yang baik.
7. Pasang ELCB.
8. Jangan sayang uang dalam mengggunakan asesoris listrik ( steker, stop-contact, kabel , dll. ) yang berkualitas dan aman.
9. Bila menyambung kabel, sambunglah dengan cara yang benar


Tips-1:
Kabel murahan kadang tidak sesuai spesifikasi- nya. Sering juga tembaganya keluar dari isolasi, gampang terkelupas dll. Berikut merek kabel yang berkualitas: Jembo, Federal, Supreme, Kabelindo, GT kabel dan masih banyak kabel import.

Tips-2
Bila ukuran kabel terlalu kecil maka kabel akan panas selanjutnya dapat terbakar. Untuk rumah tangga yang berlangganan listrik 1300VA kabel 1,5 mm cukup aman dipakai. Untuk listrik 2200VA sebaiknya gunakan kabel 2,5 mm. tapi ingat harus kabel yang bermerek!

Tips-3
Mungkin 75% rol kabel yang beredar dipasaran tidak memenuhi syarat atau jelek sekali kualitasnya. Kabel yang dipakai jika sangat kecil juga kontaknya gampang kendor sehingga peralatan elektronik anda cepat rusak. Sebaiknya gunakan Stop Contact isi banyak kemudian rakit sendiri dengan kabel yang berkualitas. Kalau beli di pasar kenari bilang saja stop kontak buatan Jerman

Tips-8
Tidak benar menyambung kabel hanya di pelintir saja kemudian di isolasi - ini dapat mengakibatkan kebakaran lho. Juga bisa membuat orang kesetrum. Yang benar anda harus memakai terminal kabel. Kemudian di masukkan kedalam box. Kalau terlalu merepotkan maka GANTI saja dengan kabel yang baru, jangan ngirit !

Catatan:
Apa itu ELCB ?
ELCB = Earth Leak Circuit Breaker. Listrik mengalir dari kabel (phase) positip ke negatif karena arusnya tertutup. Arus di kedua kabel tadi akan sama besarnya.

Nah kalau ada arus yang bocor keluar misalnya kulkas anda dipegang nyetrum atau mesin cuci anda mbodi atau setrika anda bocor atau ADA ORANG KESETRUM maka berarti ada arus bocor dan ELCB tadi akan memutuskan arus dirumah anda (njeklek) sebelum orang yang kesetrum tadi meninggal (kecuali jantungan Lho). ELCB banyak di pasaran kok.


Itu tadi sedikit tip dari saya, bukannya saya sok pinter lho, tapi saya tidak rela jika ada orang meninggal karena ke-setrum.

Salam,
Bapak IW. Jakarta

* * *


__

Total visitors from 2000 to March 2012 : 2,098,400 - Puterakembara 2012
interaction with this site is in accordance with our site policy