Program nambah adek

07/29/2008



----- Original Message -----

From: deean octa

To: peduli-autis Puterakembara

Subject: [Puterakembara] program nambah adek..

Hai semua..

Dalam rangka program mau nambah adek buat Farrel, saya lagi prepare segala sesuatunya nih.

pertama, ttg tambalan gigi.

Kalo tambalan yang amalgam masih bagus, dan dari hasil Lab farrel ga ada kandungan logam beratnya, haruskah saya ganti tambalan tsb dengan composite semua? Serem euy, paling takut urusan ngebor-mengebor. Blm lagi ketauan sama dokter, gigi dewasa yg nongol dengan posisi melintang yg suka bikin migren, pasti disuruh cabut. Takuuut...

kedua, ttg konsumsi susu selama hamil Karena Farrel alergi susu sapi, apakah saya sebaiknya tidak m'konsumsi susu khusus ibu hamil? ( siapa tau babynya juga alergi ) trus gantinya apa dong, susu kedelai ya?

ketiga , ttg tes TORCH

Apakah tes TORCH harus dilakukan suami juga? Kalo salah satu dari kami ketauan positif pada salah satu item tes tsb, dokter yang paling tepat menangani ini dokter apa ya?

keempat, ttg suplemen

Selama hamil dulu saya diberikan beberapa obat/vitamin yg harus saya minum rutin. Salah satunya obat anti mual ( namanya udah lupa ). Bahaya ga sih obat ini? Soalnya ibu saya pernah denger kalo obat ini menyebabkan anak temen seperjalanannya di kereta masuk dalam spektrum autis.

Duh maaf...pertanyaan dirapel. Maklum bisanya buka inbox seminggu sekali.

Mohon infonya

salam

deean ( Mama Farrel yg udah mau 5 th )



----- Original Message -----

From: DH

To: peduli-autis Puterakembara

Subject: Re: [Puterakembara] program nambah adek..



Bu Deean, berhubung saya baru dapet baby baru , jadi mau kasih comment dikit nih.

1. Untuk tambalan gigi, memang sebaiknya yang dari amalgam diganti semua. Karena amalgam menyumbang mercury yang masuk ke dalam darah ibu, dan akhirnya ke darah baby. Kalau soal gigi dewasa yang bikin migran mah bilang aja nggak mau dicabut, dokter jg nggak maksa lah hehehehe.

2. Konsumsi susu selama hamil tidak diperlukan. Asal makan bisa cukup. Yang penting, asal berat janin terus bertambah artinya tidak kekurangan gizi. (tiap kali cek ke dokter, biasanya di usg untuk mengetahui berat dan kondisi janin). Waktu hamil anak pertama rutin minum susu ibu hamil, hasilnya berat badan Janice 3.456 kg. Nah anak kedua yang nggak minum susu ibu hamil malahan beratnya 3.57 kg , lebih berat dikit, so kesimpulannya susu itu nggak ngaruh tuh.

3. Yup sebaiknya dua2 nya ikut test TORCH. Untuk dokternya saya nggak tau sorry. Mungkin rekan yang lain?

4. Usahakan jgn minum obat. (obat anti mual adalah obat, bukan supplement). kalau supplement, biasanya dokternya bisa kasih. Mual biasanya hanya berlangsung 2-3 bulan kan? bertahan aja Bu.

Sekian semoga membantu

Regards

David Ho



----- Original Message -----

From: Prawitosari Lili

To: peduli-autis Puterakembara

Subject: Re: [Puterakembara] program nambah adek..

Mama Farrel,



Kalo berkenan saya ikut rembug kalo nggak berkenan ya...delete aja....



saya baru aja melahirkan anak ke 3 adik dari katya, sekarang sudah berumur 9 bulan, jadi masih rada fresh lah masa2 kehamilannya.



1.untuk tambalan gigi saya sih nggak pernah ganti tetap yang amlgram, cuma dokter gigi saya nggak mau melakukan tindakan apa2 pada saat hamil, jangankan cabut gigi, nambal aja nggak mau jadi disuruh tunggu sampai melahirkan.



2. kalau konsumsi susu hamil, saya nggak minum susu hamil, saya hanya minum dancow coklat dicampur sama protein dari nutrilite, merek ini saya pilih karena all natural dari proses awal hingga menjadi produk.



3.untuk test TORCH dilakukan oleh ibunya saja karena virus yang berbahaya dan menyerang janin adalah virus yang ada di si Ibu, kalo untuk dokternya saya nggak tau karena hasil TORCH saya bagus (tidak ada virus) tapi bisa di tanya ke dokter Kandungan kok.



4. untuk suplement saya tidak minum dari resep dokter awalnya dokter kasih vitamin zat besi (iron), tapi karna saya punya vitamin sendiri dari nutrilite, saya diskusikan ke dokter kandungan saya, beliau malah suruh saya terus mempergunakan vitamin konsumsi selama ini karena beliau sudah tau kebaikan vitamin2 yang saya konsumsi. yang saya minum: iron folic dan protein untuk perkembangan otak dan saraf pada janin, kalsuim magnesium untuk menambah asupan kalsium yang terserap selama hamil, vitamin c untuk menjaga kekebalan tubuh biar nggak gampang sakit dan b complex untuk mengatasi kelelahan dan kram saya pilih nutirlite karena alami dan nggak ada efek samping.



5.lo...nanyanya cuma sampe nomer 4 yach... yang ini hasilnya dari no.4. sekeluarga, anak,dan suami terkena cacar air, saya aman meskipun dengan keaadaan hamil, pada saat semua sakit konsumsi vitamin saya dobel (yang pasti diskusi dulu dengan dokter), melahirkan tanpa rasa sakit dan masih nenteng tas ke kamar bersalin pada pembukaan 5, sekarang anakku (Nabila) tumbuh dengan sehat dan daya tangkapnya jauh---jauh---lebih baik dari kedua kakaknya (yang pertama normal, yang kedua ADHD), daya tahan tubuhnya pun luar biasa, nggak gampang sakit....(eh...nggak pernah sakit deng)



6. udah ya....kayaknya kepanjangan...kalo ada yang belum jelas mama farel boleh kasih no.tlp yang bisa dihubungi biar bisa ngobrol nanti saya telpon, soalnya kalo lewat e-mail suka salah tulis,



salam

Lili Prawito (mama katya)



----- Original Message -----

From: Yanty S

To: peduli-autis Puterakembara

Subject: Re: [Puterakembara] program nambah adek..

Mama Farrel,

Kepengen ikutan juga nih... mumpung masih fresh juga seperti Ibu Lili... kalo saya baru 7 bulan yang melahirkan Obeth...

Untuk point 1, saya setuju dengan Ibu Lili. sebaiknya tidak usah diapa2in kalo emang tidak bermasalah. karena saya ingat banget , waktu saya hamil Kimi, saya sempat melakukan penambalan gigi (saya gak tau apa itu pake yang amalgam or not), tapi yang jelas pernah 1x, saya lakukan karena saya sakit gigi nya sudah tidak tahan lagi. (masa kehamilan sekitar 7-9 bulan). dan saya curiga , ini juga sebagai salah satu pemicu yang bisa membuat Kimi punya kebutuhan khusus (PDD NOS, 21 bulan, belum bisa bicara). jadi waktu hamil Obeth, syukur, gigi saya tidak bermasalah, jadi tdk ke doc gigi.

untuk point 2, saya memang suka sekali minum susu coklat. jadi dari kehamilan pertama, saya selalu mengkonsumsi susu hamil. Tapi ada temen saya juga bilang , sebaiknya cukup 1 gelas sehari saja. tidak usah banyak2., kebanyakan tidak baik juga untuk bayi...

nah terus terang untuk susu ini, saya tidak mengerti apakah saya sendiri juga alergi susu sapi. memang saya dari dulu selalu flu sebulan 1x (itu sudah pasti). nyatanya 2 anak saya , alergi susu sapi semua. dan selama menyusui , saya tidak sadar sama sekali, kalo ternyata saya harus diet susu sapi. setelah saya diet susu sapi, Obeth tidurnya jauh lebih pulas. sedangkan Kimi, karena belum ngeh kalo harus diet casein, saya berikan ASI selama 6 bulan pertamanya, dan stop ASI, masi saya berikan BMT Platinum sampai 16 bulan. baru deh tidurnya bisa lebih baik...yang sebelumnya bisa terbangun2 nangis jerit 10x dalam 8 jam tidur malamnya.

kesimpulannya , untuk point 2 , boleh saya sarankan, kalo memang ibu tidak ada indikasi alergi susu sapi, mungkin it;s ok.

untuk point 3, terus terang saya tidak tau untuk hal ini.

untuk point 4, so far, selalu saya minum vitamin dari doc kandungan saja.

segitu inputan dari pengalaman saya. smg berguna untuk ibu.

thanks.

ys





----- Original Message -----

From: Prawitosari, Lili

To: peduli-autis Puterakembara

Subject: Re: [Puterakembara] program nambah adek..

Mama Farel,

Nambah sedikit, sampai saat ini saya masih menyusui anak saya tanpa campuran susu formula , karena asi saya masih lancar sekali (menurut teman yang ahli gizi) disebabkan oleh suplement yang saya konsumsi,karena saya bekerja jadi asi saya tinggal di botol. Mungkin karena itu pula kenapa anakku yang paling kecil ini nggak pernah sakit. Dari dokter anaknya sendiri pun tidak menyarankan pemberian formula.....

Salam

Lili prawito



----- Original Message -----

From: Maulina

To: peduli-autis Puterakembara

Subject: Re: [Puterakembara] program nambah adek..

Bu Deean,

selamat, ya, sudah ada keberanian buat nambah momongan.. Saya sendiri nunggu hampir 6 thn baru berani.

Ini cuma nambah, soalnya apa yang dibilang Pak DH + Bu Lily sudah sipp.

Sejak 6 bulan sebelum lepas kontrasepsi, saya sudah melakukan hal2 di

bwh ini (ceile...):

Saya, karena Nanda banyak mantang (diet), jadinya juga ikutan diet. Terutama seafood, telur, keju2an. Susu bumil tidak minum, nambah calcium dari supplemen (saya minum juga hampir semua suplemen yg diminum Nanda). Sesekali minum susu biasa atau susu kedelai.

Nambahin juga soal amalgam, kebetulan saya gak punya gigi yang ditambal, tapi suami punya. Saya minta diganti juga ke composit (CMIIW), takut mencemari sperma (he..he.. apa gue yang paranoid, ya..).

Soal TORCH saya tidak bisa urun rembug, soalnya tidak menjalani. Malah tadinya mau test rambut dulu u/ tau merkuri sama timbal saya tinggi juga atau nggak. Tapi nggak jadi (kenapanya lupa, mungkin gak punya duit, deh).

O, ya, satu lagi! Hindari polutan (asap kendaraan, asap rokok, dll). U/ yang ini, saya betul2 jaga diri. sampe' suami saya aja ngikut2 jadi "polisi", ngingetin udah bawa saputangan belum, tutup hidung, cuci kaki tangan, ganti baju pulang kantor, dll, dll.

Nha, pas sudah hamil, saya mabok berat, sampe' turun BB 3 kg pas trimester pertama, juga mesti nginep di RS krn muntah terusss. Saya diresepin obat anti mual juga, tapi I took only when I really really couldn't help myself (selama 3 bln pertama, mungkin saya cuma minum 10 kali, habis itu gak pernah lagi). Krn buat saya nggak ada bedanya minum sama nggak minum, saya pilih nggak minum. Kalo' pas lagi mabok, saya banyak2 minum air putih aja & ngemil buah.

Wahhhh, tambahannya buanyak, ya.... Moga2 bermanfaat, dan cepet jadi!

Salam,

Maulina (ibunya Nanda 7.5 thn & Bimo 9 bln)



----- Original Message -----

From: deean octa

To: peduli-autis Puterakembara

Subject: Re: [Puterakembara] program nambah adek..

Terima kasih sarannya. Bu Lili, Pak David dan Bu Yanti.

Maklum anak pertama special, jadi rada2 ga pede untuk yg kedua. Bawaannya takut salah aja. Belum lagi masalah makanan baby. Dulu karena masih bloon ( anak pertama gitu loh ) saya cuek aja maemnya Farrel pake yg kemasan2 alias instan. Abis di sekelilingku pada pake itu.

Walah...ntar2 harus rajin bikin nih. Kemarin di forum intern kantor ( intranet ) dibahas kalo ternyata awalnya ga usah pake tambahan rasa spt garam, gula. Ga baek buat ginjal. Bener ga sih? Belajar lagi deh nigh dari awal...hikz...

salam

deean



----- Original Message -----

From: Prawitosari, Lili

To: peduli-autis Puterakembara

Subject: Re: [Puterakembara] program nambah adek..

Betul bu, untuk penambahan garam kurang baik untuk ginjal karena ginjal bayi belum dapat berfungsi secara sempurna, saya pernah baca artikelnya di majalah ayahbunda, yang penting percaya aja bu Tuhan pasti memberikan yang terbaik buat kita insya Allah semuanya akan menjadi mudah. Saya sendiri sampai sekarang kadang2 nggak percaya kalau saya membesarkan ke 3 anak saya hanya berdua dengan suami, orang tua nggak ada, mertua jauh dan saya nggak mau anak2 saya dekat dengan pembantu, jadi ya.....gitu deh....cukup dengan keyakinan semuanya berjalan dengan baik....dan satu lagi kalau bisa jangan makanan kemasan bu bikin sendiri aja lebih

bagus.....

Salam

LI2



----- Original Message -----

From: Linda L

To: peduli-autis Puterakembara

Subject: Re: [Puterakembara] program nambah adek..

Bu Deean,

Untuk TORCH bisa langsung ke lab, saat ini sih rasanya hampir semua lab besar macam Prodia, Pramita sudah menyediakan TORCH. Pengalaman saya, dokter kandungan biasanya juga merekomendasikan TORCH, meski belum semua dokter kandungan.

Obat anti mual sebaiknya dihindari saja.

Sependapat dengan P. David, asalkan asupan kalsium cukup susu nggak perlu.



Rgds,

Linda

Total visitors from 2000 to March 2012 : 2,098,400 - Puterakembara 2012
interaction with this site is in accordance with our site policy