Kesulitan Belajar Anak ADHD

05/18/2008



----- Original Message -----

From: Lianita

To: peduli autis

Subject: [Puterakembara] Mohon saran dan pendapat

Anak saya, Adrian ADHD 7 th.



Saat ini Adrian duduk di kelas 1 SD Tunas Karya Kelapa Gading. Tiap pagi berangkat sekolah tidak ada masalah, dalam arti dibangunin, mandi , ganti baju dan berangkat ke sekolah , tapi di sekolah dia tidak mau menulis, tidak dapat mengikuti pelajaran yang menurut saya memang berat banget untuk Adrian.



Awal masuk kelas 1, pada bulan Juli yl. dia masih bisa dan mau mengikuti pelajaran yang diberikan, namun mogok nulis dan belajar sejak tgl 3 Agustus pas susternya pulang kampung karena harus melahirkan ( udah ngasuh Adrian sejak umur 2,5 th ), saya bawa dia ke psikolog di UI Depok, dan menurut psi tsb, memang penyebabnya kehilangan susuter tsb, karena anak seperti Adrian memang tidak suka dengan perubahan yang besar.



Saat ini moodnya sepertinya udah normal lagi, namun karena ketinggalan pelajaran pada saat dia mogok, jadilah dia tidak bisa mengejar ketinggalannya. Dirumah ada guru/terapist yang memberikan les seminggu 2 x, namun rasanya tidak akan dapat mengejar pelajaran yang ada di sekolah.



Melihat kondisi seperti ini, saya mempertimbangkan untuk menghentikan kegiatan sekolahnya, dan hanya memberikan les pelajaran min, seminggu 3 x untuk mengejar dan menyiapkan pelajaran dengan harapan tahun ajaran baru tahu depan Adr bisa sekolah kelas 1 lagi.Namun saya masih belum berani mengambil keputusan tsb. dan ingin berkonsultasi dulu dengan pakar yang tepat, agar saya tidak salah langkah, karena ada yang bilang nanti jadi tidak disiplin, dan tidak bersosialisasi, dan malah merasa kalo gak mau boleh gak usah sekolah. Oh ya, saya juga merasa Adr ini tidak ada minat dan motivasi untuk belajar.



Mohon saran kepada rekan2 milis sekalian, kemana saya harus berkonsultasi yang tepat, atau ada saran2 dan pengalaman yang serupa yang bisa membantu problem saya .



Terima kasih kepada yang mau urun saran dan tanggapannya, dan mohon maaf kalo ada yang tidak berkenan.



Salam,

Lianita ( mama Adrian )



----- Original Message -----

From: tri tri

To: peduli-autis Puterakembara

Subject: [Puterakembara] kesulitan belajar anak ADHD

Dear millist,



Saat ini saya pun lagi siap2 mencari2 sekolah utk Via ADHD 5th. guru di sekolah TK nya mulai mengeluh karena kadang2 Via kalau lagi bener2 tidak konsent tidak mau belajar, bahkan temennya ada yang mengadu ke saya, Via teriak2 di kelas. duh....



Memang kesulitan yang harus kita hadapi dengan anak ADHD, konsentrasi nya naik turun gak karuan. apalagi di kelas yang begitu byk anak. mati deh.

Kalau di tempat terapi dia bisa full 2 jam belajar, karena 1 to 1. kalao pas moodnya jelek kan diajak bermain dulu. kalau siap...tariiikkk. belajar lagi.



Memang masih TK belum banyak pelajaran yang rumit, jadi belum terasa, tapi...pasti aku akan sampai di situ. Sudah dicoba seperti saran bu Lili, pelajaran tambahan (les private) oleh guru kelas...tapi kalau lagi gak mood juga via gak mau belajar. malah kadang nangis (stress kali ya).sekarang berhenti dulu lesnya.



Ayo rekan2 yang punya pengalaman.....

mama Via, ADHD 5th



----- Original Message -----

From: ita a

To: peduli-autis Puterakembara

Subject: Re: [Puterakembara] kesulitan belajar anak ADHD

Dear All,



Saya juga mempunyai pengalaman yang sama. Anak saya Dea, autis, 5th. Saat ini Dea sekolah di TK B. Saya sering bertanya dengan gurunya tentang perilaku Dea di kelas. Kata gurunya Dea sering melamun, jika disuruh gurunya menulis, Dea tidak mau bareng dengan teman-temannya. Dea maunya main sendiri. Akhirnya dibiarkan untuk main sendiri. Setelah teman-temannya selesai, baru Dea dipanggil untuk mengerjakan tugasnya sampai selesai.

Moodnya juga turun naik. Pada saat tertentu, Dea semangat untuk belajar, tetapi apabila kita menegur (misalnya dia salah tulis atau salah baca, padahal saya menegurnya tidak dengan emosi) Dea langsung ga mau belajar.

Terimakasih apabila ada yg berkenan memberikan masukan/saran.



Mama Dea. Austis, 5th



----- Original Message -----

From: Rani Noer

To: peduli-autis Puterakembara

Subject: Re: [Puterakembara] kesulitan belajar anak ADHD

Adit yang sekarang kelas 4 SD juga sama saja, saya sih pasrah aja kalau nilainya naik turun atau ancur-ancuran tapi alhamdulillah sih naik terus biarpun pas-pasan dan agak ngos-ngosan ngajarinnya.

Saya berusaha konsistensi kita (kalau saya kecerewetan saya) untuk terus-menerus mengingatkan kalau dia meleng dan buyar konsentrasinya. Saya juga ke gurunya untuk meminta gurunya mengingatkan adit kalau dia meleng di kelas tapi berhubung dia disekolah umum jadi ya gurunya tidak sekonsisten ibunya di rumah. Di rumah juga ada guru pendamping, kebetulan guru ini teman saya yang dia kenal baik juga, jadi komunikasinya nyambung dan dia patuhpada gurunya ini (melebihi pada

emaknya!).

Anak ADHD kalau sudah agak besar ternyata lebih mudah diberi pengertian karena sudah bisa diajak bicara tentang sebab akibat. Jadi dia tahu betul kalau dia tidak mau belajar, nilainya buruk, kalau dia tidak mengikuti peraturan, ada konsekwensinya (kalau adit karena dia suka sekali membaca komik dan buku cerita, maka tidak boleh membaca buku selama sehari, nangis dia, tapi biar sajalah ditegain aja).

Terapi terus jalan, tapi sudah tidak lagi minum obat ritalin karena efeknya dia jadi lemas dan bengong kalau obatnya habis pengaruhnya (ini hanya adit lho ya dan dicabut setelah pengamatan selama lebih dari 6 bulan, mungkin dia sensitif terhadap obat seperti ini, jadi jangan dijadikan acuan).

rani



----- Original Message -----

From: Prawitosari, LD

To: peduli-autis Puterakembara

Subject: Re: [Puterakembara] kesulitan belajar anak ADHD

Bu Lianita, Mama Dea and Bu rani,Bu Tri (Ma2 Via)

Katya (ADHD)juga kondisinya sama bu nilainya naik turun terutama kalau belajarnya nggak di dampingi mama/papanya sekarang agak mendingan sudah mengerti malu jadi keinginan belajarnya datang dengan sendirinya meskipun tetap harus didampingi, kakalu nggak di dampingi bisa lama sekali selesainya karena di "sambi" dengan main2. Katya juga pernah diberikan resep dokter Ritalin, Pyridoxin, Vit e dan as.folat, meskipun direkomendasikan oleh dokter untuk diberikan terus dengan dosis yang

akan ditingkatkan setiap 1 bulan sekali, tapi karena saya takut efek sampingnya karena pemberian yang terus menerus pemakaian obat tersebut saya hentikan setelah 2 bulan pemakaian dan saya gantikan dengan sumplementasi yang alami, yang saya berikan multi vit, iron, kalmag, aecrola c dan b kompleks. Alhamdulillah, sekarang hiperaktifnya sudah banyak berkurang dan konsentrasi di sekolah juga mulai meningkat, sebelumnya kalau dia nggak bisa menyelesaikan tugas di sekolahnya pasti

di sekolah ngamuk sambil teriak2, sekarang sudah enggak lagi dan mulai ingat nama2 teman2nya yang paling hebat disekolah nilainya selalu bagus dibandingkan teman-temannya.

Bu Tri,

Kapan nih katya bisa main lagi kerumah Via, nanyain terus tuh dia...ditunggu kabarnya yach..

Salam,

Lili P



----- Original Message -----

From: hanna siregar

To: peduli-autis Puterakembara

Subject: Re: [Puterakembara] kesulitan belajar anak ADHD+sekolahnya.....???,hai Bu DP...

Dear teman2s milis,

Saya baru aktif lagi untuk dimilis ini, anak saya Yogie 10 thn, ADHD.

Untuk yang namanya sekolah dan konsultasi udah kemana2...(yang kejangkau kocek deh..) ampe terakhir konsul ke ibu DP..jadinya yogie home schooling sejak mei, sesudah pihak sekolahnya memutuskan dia tidak bisa melanjutkan lagi....ya sedih, ya mau marah, dll.. sekarang masalah baru muncul karena dia menolak untuk melanjutkan home schoolingnya dan bersikeras ingin bersekolah..., yah mana tau teman2 punya pengalaman yang sama dan bisa memberi pencerahan ke saya, oh ya

saya berada di daerah pondok kelapa-jakarta timur, ada yang tau nggak kira2 sekolah yang bisa menerima kondisi anak2 kita ya...thank banget ya....

Hai ibu dyah, apa khabarnya..? hati2 lho, bisa2 ikon nya monas ganti ama fotonya ihksan...ha...ha..ha.. boleh juga tuh....sorry ya just kidding.....



----- Original Message -----

From: Dyah Puspita

To: peduli-autis Puterakembara

Subject: Re: [Puterakembara] kesulitan belajar anak ADHD+sekolahnya.....???,hai Bu DP...

Ah.

Susah juga ya...

Pusing deh, kalau mikirin anak2 dan kebutuhannya.

Di satu sisi mereka butuh pendidikan yang layak, yang menerima kondisi mereka apa adanya, jauh dari sikap yang melecehkan ... Di sisi lain sedikit sekali institusi yang memberikan semua hal itu...

Eh, bu Hanna, udah coba Pantara belum ya? Gak papa lah jauh2 dikit dari rumah. Berangkat abis sholat subuh aja lah. (Hahaha).

NB: Ikhsan baik2 aja. Memang lagi proses mau ganti 'icon' Jakarta raya... Ikhsan berdiri di tengah kota, di tengah banjir. Hahahaa.... (Bete banget mikirin jakarta yang kalo udah ujan jadi lautan air coklat euy!)

--dp--

----- Original Message -----

From: Lianita

To: peduli-autis Puterakembara

Subject: Re: [Puterakembara] Makasih tanggapannya

Terima kasih atas tanggapan dan saran dari Bpk Emil, Ibu Lili dan Ibu Julia,

Saya sudah pernah tanyakan ke sekolah kemungkinan untuk pake shadow teacher,

tapi di sek Adrian tidak diperbolehkan, dan juga mengenai les tambahan dari gurunya juga sudah saya usahakan, namun tidak berhasil juga, karena guru kelas 1 langsung ngajar kelas 2 , jadi kelas 1 dari jam 7.00 sd 9.45 , langsung kelas 2 jam 9.45 sd jam 12.30 dan langsung ada les tambahan di sekolah tapi itupun tidak boleh memberikan tambahan untuk muridnya sendiri, jadi di silang2 gitu samapai jam 2.30 an , saya juga usahakan kalo mungkin dirumah, ternyata rumahnya jauh sekali di Bekasi.

Semalam saya berpikir untuk menghentikan saja kegiatan sekolahnya, sampai tahun ajaran baru tahun depan, dan sebagai gantinya akan diberikan pelajaran dirumah oleh guru terapistnya seminggu 3 x, terus les kumon seminggu 2 x ( terima kasih banyak buat Lili, yang membuka mata saya untuk les kumon ) les komputer dan berenang , dengan harapan dia bisa mengejar ketertinggalan dan mulai sekolah lagi ( sukur2 kalo bisa langsung kelas 2, kalo gak ya kelas 1 lagi ) tahun depan.

Bagaimana menurut rekan2 milis, mungkin ada tanggapan ???



----- Original Message -----

From: Sapta Pusaka

To: peduli-autis Puterakembara

Subject: Re: [Puterakembara] Makasih tanggapannya

Yah boleh-boleh aja Bu, anak les ini itu. Asal anaknya mampu dan jangan

dipaksakan. Kalau Josh turun lagi ke TKB, tapi materinya udah kayak kelas 1. Dan yang penting juga dia bisa sosialisasi. BTW, Adrian sudah bisa bergaul dengan teman-temannya ? Apalagi kalau Adrian sudah keliahatan hobinya apa itu komputer, musik, gambar dll. Diarahkan saja Bu.



----- Original Message -----

From: Emil Habli

To: peduli-autis Puterakembara

Subject: Re: [Puterakembara] Makasih tanggapannya

Bu,

Kalau saya jadi Ibu, saya akan mengambil keputusan yang sama. Tadinya saya mau bilang demikian di email pertama, tapi karena ngga punya pengalaman yang pas dengan kasus Ibu, jadi ngga pede. Takutnya malah menyesatkan sarannya. Ibrahim juga saya mintakan tidak naik ke TK B karena baru beberapa bulan ini mulai mampu mengikuti kegiatan di sekolahnya. Tapi ini khan TK, masih main-main.

Dasar pemikiran saya, dari pengalaman selama bekerja, selisih sampai 5 tahun pun ngga terlalu pengaruh. Ada adik angkatan saya yang terpaut cukup jauh, sekarang jadi peer saya. Kakak angkatan selisih 3 tahun juga jadi peer saya. Jadi, diundur 1-2 tahun tidak terlalu pengaruh nantinya.

Sedikit lagi usulan dari saya.

Sembari menunggu tahun ajaran baru, sebaiknya materi pelajaran kelas satu diteruskan di rumah. Kalau saya tidak salah ingat, usulan yang pernah saya terima, usahakan materi sekolah sudah diajarkan duluan di rumah sehingga pas di sekolah ananda bisa lebih mudah memahami. Mungkin materi semester 2 diajarkan di semester satu. Begitu terus sampai kemampuan untuk menyerap pelajarannya sudah cepat dan mampu mengikuti pelajaran di sekolah tanpa diajarkan duluan di rumah.

Rakyat PK, betul ngga statement di atas. Jadi ngga pede ghini...!

Emil Habli



----- Original Message -----

From: augustina k

To: peduli-autis Puterakembara

Subject: Re: [Puterakembara] Makasih tanggapannya

Yth, rekan-rekan PK,

Anak saya juga begitu kok cara belajarnya. Dulu sebelum dia masuk SD, Adam sudah kita persiapkan pelajaran kelas 1 (ini sesuai saran dari terapisnya juga lho). Adaptasi pemelajaran di terapi edukasi juga disesuaikan dengan pelajaran itu. Pas masuk SD dia jadi nggak kagok. Hal ini kami anggap perlu karena materi kelas 1 SD sekarang tiap pokok bahasan cuma punya waktu sedikit (+ 2 minggu) untuk dipelajari anak di kelas langsung diujikan. untuk anak-anak SN yang belajarnya perlu waktu lama gak pa-pa kok diajarin duluan asal anaknya sudah siap.

selamat mencoba & salam,

Augustine



Total visitors from 2000 to March 2012 : 2,098,400 - Puterakembara 2012
interaction with this site is in accordance with our site policy