Help ….. gangguan tidur

04/27/2008



----- Original Message -----

From: Edward

To: peduli-autis Puterakembara

Subject: [Puterakembara] Help me.... gangguan tidur

Dear rekan-rekan milis,

Saya adalah seorang guru anak berkebutuhan khusus di daerah Sidoarjo Jawa Timur. Saya sering mendengar dan menerima keluhan dari orangtua murid tentang gangguan tidur yang dialami anak-anaknya. Saat ini ada beberapa murid saya ( 4 anak dengan diagnosa autis ) mengalami gangguan tidur.

Masing-masing anak memang mengalami gangguan tidur yang berbeda-beda.

Yang 2 anak mengalami kesulitan ketika mengawali tidur, sehingga mereka tidurnya

baru dimulai pada jam 3 pagi. Yang 2 anak lagi tidak megalami kesulitan untuk mengawali proses tidur , tetapi selalu terbangun di tengah malam dan marah-marah.

Yang ingin saya tanyakan pada rekan-rekan milis :

1. Apakah memang anak berkebutuhan khusus mengalami gangguan tidur?

2. Kira-kira penyebabnya apa?

3. Dan bagaimana cara mengatasi gangguan tidur tersebut?

Terima kasih sebelumnya.

Salam,

Edward



----- Original Message -----

From: Maria A

To: peduli-autis Puterakembara

Subject: Re: [Puterakembara] Help me.... gangguan tidur

Berbagi pengalaman dulu waktu Madeleine masih mengalami gangguan tidur, memang dari pola jam biologis belum rapi dan food diarynya belum sesuai. Sekarang Madeleine tidak pernah tidur siang , tapi diisi dengan terapi dan aktifitas lain (kalau dulu kadang siang tidur / kadang tidak ). Jadi saya

konsistenin dulu jam biologisnya.

Selain itu , dengan berjalannya diet mana yang tidak boleh ( apalagi yang sangat pemicu hyperaktif seperti gula, penyedap) dan kondisi asupan mineral dan vit sudah baik , serta gangguan pencernaan sudah baik . Maka gangguan tidur itu sudah tidak ada.

Jadi permasalahannya memang komplex dan ditangani secara terpadu dari pengaturan kebiasaan jam biologis ( pengaturan aktifitas yang optimal bagi anak), pengaturan diet, dan penanganan gangguan pencernaan (atau metabolisma lainnya).

Smoga membantu.

Salam,

MARIA

mama madeleine



----- Original Message -----

From: St Fikriyah

To: peduli-autis Puterakembara

Subject: Re: [Puterakembara] Help me.... gangguan tidur

Sedikit masukan mudah2 han bermanfaat. menurut pengamatan saya, sebenarnya tidak semua anak penyandang autis mengalami gangguan tidur.



Untuk anak yg mengalami kesulitan ketika mengawali tidur:

- kurangi jam tidur siang anak tsb. mis, anak biasa tidur siang selama 3 jam buat menjadi 2 jam saja.

- ciptakan suasana sunyi ketika anak siap untuk tidur. jgn memutar tv atau bersenda gurau.

- usahakan anak cukup olah raga.

- temani anak tsb agar dia merasa nyaman sampai dia tertidur.



Untuk anak yg selalu bangun pada tengah malam:

- jaga suhu ruangan. jangan terlalu panas atau dingin. mis, jgn gunakan ac pd musim sejuk/ hujan.

- selalu cek kondisi anak. jangan sampai berkeringat karena suhu yg panas atau posisi tidur yg tdk benar.

- suruh anak kencing sebelum tidur karena mereka tidak bs menahan bila ingin kencing.

dan suruh dia kencing ketika dia terbangun.

- buat dia tenang ketika terbangun dgn pelukan atau mengusap keningnya.



Salam,

fikri spore



----- Original Message -----

From: Epi Surya

To: peduli-autis Puterakembara

Subject: Re: [Puterakembara] Help me.... gangguan tidur

Mungkin sedikit bagi pengalaman..



Arga dulu juga gitu, kalau mau tidur dia lari-lari keliling kamar, loncat kesana-kemari, terus kadang terbangun malam hari dan nangis lama dan susah didiemkan.

Pengalaman saya saat itu yang saya lakukan :

1. Kalau nangisnya hebat banget, saya setelkan musik untuk menenangkan, biasanya jadi agak reda tangisnya sampai akhirnya berenti.

2. Setelah diamati beberapa hari kadang susah tidurnya bisa karena makanan, seperti pernah dikasih tes manis terus jadi susah tidur, atau susu tertentu.

3. Kebetulan minggu lalu saya nemu hal yang bisa bikin arga tenang, selama ini kalau lagi loncat-loncat lalu saya peluk supaya diem, arga suka ngamuk, abis deh di cubit, cakar dan gigit. Iseng waktu itu saya deketin, terus garuk-garuk pelan punggungnya, sambil di elus-elus.. ternyata dia senang, terus kalau saya berenti, langsung tangan saya diambil untuk garuk-garuk, lama-lama dia ketiduran.. sekarang malah kalau liat saya di tempat tidur, arga deketin sambil angkat bajunya dan ambil tangan saya untuk garuk-garuk. Bapaknya pernah nemenin dia tidur, terus diambil tangannya bapaknya bingung di suruh ngapain, terus tanya saya, ternyata arga ketagihan J.



Semalem ada hal yang bikin saya berbunga-bunga, selama ini arga memang bisa ngomong bapak, mama, gaga, tapi saya gak yakin apa dia ngerti arti kata-kata itu, karena ngomongnya khan jelas ke siapa.. Semalam pas pulang kerja, saya ke kamar dia, eh dia jalan ke arah saya sambil tangan di buka dan bilang mama ...thanks GOD..



----- Original Message -----

From: Ratrie

To: peduli-autis Puterakembara

Subject: Re: [Puterakembara] Help me.... gangguan tidur

Wah Bu Epi,

Putra kita sama ya namanya arga & kakeknya juga memanggilnya gaga, he.....

Sedikit share aja nih, kalo pengalaman saya dulu setiap arga tdk bisa tidur saya suka nyalakan lampu yang kecil sekali (sampai skrg dia suka lampu dikecilin jika mau tidur) dan saya juga coba nyanyikan lagu2 kesukaan dia dan kadang2 satu kaset lho dan urutannya harus sama tapi jika saya salah urutan dia yang membenarkan, tapi semenjak arga sekolah dan tidak lagi minum susu sapi tidurnya lebih teratur (walaupun tidur selalu jam 11 malam, karena dia tidur siang 1 or 2 jam). Semoga pengalaman saya bisa bermanfaat.|Tks

Mungkin sedikit bagi pengalaman..



----- Original Message -----

From: Hudiyati A

To: peduli-autis Puterakembara

Subject: Re: [Puterakembara] Help me.... gangguan tidur

Salam kenal dan ikutan cerita pengalaman..



Anak saya, Aufa, 5,5 th, ADHD tapi awal2 dulu juga sulit tidur dan sering terbangun malam…

Nah, sama dengan mama Arga, kegiatan dan diet waktu siang hari nya memang mempengaruhi kondisi tidur dia di malam hari.. Sedikit tambahan.. pilih warna kamar yang menenangkan, kalau Aufa ampuh dengan warna biru, sampai saya pasang lampu tidur warna biru di kamar nya..

Dan harus jadi kebiasaan (tidak ada kompromi), jam 8 malam : stop main, matikan TV, bersih2, ganti baju tidur, berdoa, minum susu, dipeluk dan dielus2 terutama punggung nya.. gak lama dia melamun dengan sedikit ngoceh2 sendiri akhirnya akan tertidur pulas.. Awal nya dia marah2 jam 8 disuruh bobo, kamar dimatikan lampu.. tapi gak lama dia ngerti aturan main nya, jadi tidak ada perlawanan lagi..

Kecuali malam minggu, dimana hari sabtu hari makan es krim/coklat.. hehe, bergadang deh kami nemenin dia main komputer, nyanyi2 dan bersenda gurau, kesempatan dia main dengan ayah nya..



Semoga dapat membantu..

Salam,

Tini - mama Aufa

Total visitors from 2000 to March 2012 : 2,098,400 - © Puterakembara 2012
interaction with this site is in accordance with our site policy