Kelebihan anak ASD yang luar biasa


di berbagai bidang

10/19/2007

----- Original Message -----

From: Lukie D

To: peduli-autis Puterakembara

Subject: [Puterakembara] Kelebihan Ismail dalam berbahasa inggris, dll

Ini nih Ismail lagi gelanjotan dibelakang saya sambil baca apa yang saya ketik, hehehehe. Trus ini dia maksa ngetik...., nih saya serahkan apa yang mau dia ketik: kentrosaurus minmi brachiosaurus, stegosaurus, zigongosaurus, iguanodon

Nah itulah Ismail... belakangan ini kepalanya penuh dinosaurus :-P

Mulanya saya terheran2 sampai bengong, takjub dan kagum. Belakangan saya pusyingggg..... Satu buku tebal ensiklopedi Dinosaurus dia hapal (255 halaman), termasuk bagaimana menuliskannya. Hari2 yg diceritakan ituuuuuu melulu, berulang-ulang.

Dia akan berangkat tidur dengan mendekap buku dinosaurus. Dan suatu hari saya sampai tercekat krn memergoki Ismail mengetikkan http://www.google.com dan searching gambar2 dinosaurus. Dada saya sampai mak deggggggg.......

Banyak hal yg membuat saya berpikir Ismail luar biasa, namun saya sering pula terhempas saat melihatnya berputar-putar dan mengigiti lubang kausnya hingga robek2, kadang nggak gak connect dan nggak bikin eye contact sam sek dll. Tapi barusan Ismail memegang rahang saya dan mengarahkannya ke wajahnya saat saya sibuk ketik e-mail ini sambil berkata "mami....lihat mata Ismail", sembari menatap dalam mata saya...., duh gusti........"coba pencet yang ini, aku mau lihat makanan yang enak" seraya menunjuk icon yg ada di layar computer.

Di saat lain ia menjawab omelan saya yang nggak teratur dgn sempurna. Kadang saya masih nangis krn beberapa waktu yg lalu dalam frekuensi tinggi Ismail BAB di celana tanpa merasa ada yang salah. Saat mau keluar dari 'lubang anus' (dr sign mukanya) saya bimbing ke toilet namun ia menangis meronta kagak mau dibawa ke toilet, samapai menjatuh jatuhkan diri di lantai sementara bola matanya tak lepas dari komputer ato bukunya.

Dan saya sampai skg gak ngerti kapan dan bagaimana ia mulai berbicara bhs Inggris, membaca huruf arab (angka dalm huruf arab hingga mendekati 100) dalam bhs inggris. Mulai membaca dlm bhs Indonesia, Inggris dan arab dalam waktu bersamaan dan mengerti artinya (terjemahannya).

Saya mulesssssss berbunga-bunga terhempas dll.......

Itulah sekilas info saya yg sangat sulit saya ceritakan detil dalam tempo pendek....

Tetap Semangat!

Mom of Ismail (going to be 5th on feb 20th 2007)

----- Original Message -----

From: Leny Marijani

To: peduli-autis Puterakembara

Subject: [Puterakembara] Ismail Bu Lukie dan sharing dikit.....

Bu Lukie,

Saya ikutan muleesss....eh... berbunga-bunga denger cerita tentang Ismail yang bisa bercas-cis-cus bahasa Indo, Inggris, plus Arab, bisa searching di google image, bisa menulis jenis dinosaurus dengan benar (soalnya saya masih hafal akibat obsesi kecil si Kevin). Duh.... please.....dinikmati ajah kemajuan2 nya itu, walaupun di sisi lainnya masih ada error.... smile Tapi lihat semangat maminya Ismail sih...... saya yakin suatu waktu Ismail akan hidup layaknya manusia normal.

Sering saya berpikir bahwa anak autis ini punya "kelebihan" yang kadang2 bikin kita sendiri tercengang. Sang Pencipta pasti bukan tanpa maksud dalam menciptakan anak2 ASD ini. Hanya kita ajah yang belum "nangkep" apa maksudNya.

Sekedar sharing kehidupan anak autis dewasa di sini.

Dari beberapa anak autis dewasa hasil didikan dari ASPECT (Austism Spectrum Australia), hampir semua mampu bekerja di beberapa perusahaan (ini saya bicara yang severe lho.....), termasuk di Chip Assembly Factory. Mereka mampu bangun pagi, mandi, makan sendiri, dan kerja dengan baik. Mereka punya penghasilan dan bisa tahu schedule dan tugas mereka sehari-hari. Sayangnya banyak dari antara mereka yang "dibuang" dalam arti dititipkan orang tua mereka sejak kecil. Jadi mereka sering rindu pada orang tua dan bisa langsung excited begitu mereka tahu orang tua mereka akan bawa mereka pulang untuk hanya sekedar weekend.

Aah... saya bisa terharu kalau melihat ekspresi wajah mereka dalam menyambut orang tua mereka. Melihat situasi seperti itu, ada pelajaran yang saya dapat, yaitu jangan pernah sia-sia-kan anak kita bagaimana pun keadaannya. Dan saya yakin kita semua di milis ini, adalah orang tua yang mampu mengemban tugas tanggung jawab yang diberikanNya pada kita.

Salam,

Leny

----- Original Message -----

From: Lukie D

To: peduli-autis Puterakembara

Subject: Re: [Puterakembara] Ismail Bu Lukie dan sharing dikit.....

Halo mbakyu Leny.......!

Missed you neh....(sebetulnya ama mbakyu Ita juga ne.... apakabar super woman ???), soalnya saya suka ngejahilin mbakyu satu yang komit banget sama PK ini udah 7 th busyet! I salute you !

Pasti pengalaman dan informasi mbakyu Leny ini ruarrrr biasa (hih siapa yang

suka dengerin smart FM ?? Hiks) Tapi bener deh.... konsistensi ini amat teramat sulit just like what mbakyu Ita katakan, dan para sesepuh (kalo nggak keberatan neh dibilang sepuh lha wong masih keren abissss) JD dengan segudang cerita mengentaskan Oscar SPd... selamat yah!! two tumbs up!! for the big family)....

Kalo lihat konsistensi dan usaha mereka, sungguh saya seperti terlecut dan menegakkan kembali punggung yang mulai melunglai.... Thanks for all the stories you share.... Dan sharing dari rekan milist lain membuat saya bersyukur (semoga nggak terasa so rude...) bahwa saya merasa sedikit lebih beruntung....

Terimakasih untuk respond hangat dari mbakyu dan rekan milist lain. Terus terang saya pada tahap bocor2in diet, rotasi tidak sebersih dulu, makanya suka puyeng kalo pas mendapatkan hasil yang backward dr coba2 breaking diet ini. Suplemen masih jalan. One on one therapy di ruang kecil dah nggak ada..... kecuali les privat qiroati, sekali seminggu. Hasilnya Ismail sudah hapal huruf hijaiyah dan sudah membaca huruf arab sambung.

Sekolah OK, pernah memboyong trophy juara III lomba mewarnai. Penerimaan rapor kemarin secara keseluruhan baik. Ismail mengerjakan tugas dengan sungguh2 tanpa coaching dan selalu yang tercepat selesai (Ismail TK-A) yang mesti dikembangkan adalah kemampuan menceritakan kembali dan bantu diri. Kesan guru : Ismail expert dengan semua tugas, paling cepat dan sepertinya bosan krn kurang menantang (berhitung, membaca, pengetahuan umum), Ismail sangat bisa mengendalikan diri (saya melarangnya memakan snack sekolah, tapi memperbolehkannya membawa pulang) dan ini sering mengharukan bagi guru2nya. Ia akan nampak "drooling" tapi ia akan bilang "Ismail nggak boleh makan ini, nanti Ismail pusing" Sampai rumah ia akan lapor "mami hari ini Ismail hebat, Ismail makan bekal rumah, nggak makan makanan sekolah" sembari menunjukkan snack dr sekolah yang ia bawa pulang dengan menatap snack sekolah dalam2 (kalo pas sangat2 menggoda snacknya)

Perbendaharaan bhs inggrisnya banyak. Bahkan ia belakangan ini mengatakan sudah dalam kalimat dan dalam konteks dan situasi yang tepat ("mommy what are you doing?" atau "hmmmm looks goood mommy !") Dan sering dalam satu kalimat ada saja kata dlm bhs Inggris yg dipakainya. Ia mengerti angka dlm bhs inggris, saya bisa mendiktenya dlm bhs inggris untuk menuliskan angka2 hingga mendekati 200. Hal ini nggak terlalu aneh jika saya memakai bhs Inggris aktif di rumah. Masalahnya saya nggak makai tuh......

Semalam saya bengong saat ia bertanya dengan nada ngetest "mommy what animal

start with letter J?" "apa Is ? mami nggak tahu" dan Ismail tersenyum dan menjawab "Jaguar" belum ilang pesona yang ia tebarkan, Ismail mengulangi lagi untuk huruf O, B, Z, C, F, I, E, M, G dll Semuanya bener dan waktu saya cross check tanya apa itu Octopus dst Ia menjawab dengan benar... Sangking terpesona dan excitednya saya sampai interlokal siang bolong lapor eyangnya.

Dan Ismail dah pinter mengobrak abrik komputer saya dan saya harus pontang panting mengimbangi keusilannya. Suatu saat ia masuk setting bios kompie saya, mengubah-ubahnya dan tersenyum-senyum sendiri. Saya berkali-kali kembalikan ke setting default (biar cepet) Suatu hari saya gak bisa lagi bergerak sama sekali sehingga saya mesti bongkar kompie saya dan meng-clearkan bios saya dengan mengubah jumper. Satu lagi, dia suka membuka-buka semua Microsoft office, termasuk Excel, Word dan Microsoft Publisher. Mengetik, menggambar etc. Mengubah-ubah setting background layar lewat browsing file atau download gambar dr internet. Sering icon2 desktop saya freeze karenanya. Memanipulasi gambar dll. Membuat short cut2 baru, sehingga menambah pekerjaan saya huh :-P

Setiap hari adalah kejutan... dan bisa kejutan baik, atau justru jelek.

Life is far from dull..... smile

Terimakasih untuk keyakinan mbakyu Leny pada kami,

Kalo mbakyu merasa seyakin itu, sungguh memalukan jika kami tidak merasa seperti itu, Thanks for making us believe to our strength.

Lukie

----- Original Message -----

From: Mieke R

To: peduli-autis Puterakembara

Subject: Re: [Puterakembara] Ismail Bu Lukie, kevin Bu Leny Proficiat....

Duh.... baca sharing dari ibu2 berdua ini rasanya berbunga2... banget.... Terharu... sekaligus takjub betapa Tuhan itu ajaib..... Pekerjaan tangannya sungguh SEMPURNA. segala hal yang menurut kita "kekurangan".... dilengkapinya selalu dengan "kelebihan"2 yang terkadang membuat kita "Tercengang-cengang".... lalu tak henti2nya melafalkan syukur dalam hati.....

Duh... gak banyak dech yang saya bisa bilang.... gak perlu nasehatin Ibu lukie untuk sabar ngadepin Ismail... Apalagi Bu Leny yang udah nyata2 hasilnya dalam diri Kevin.... (hari ini ga becanda dulu ya Vin...:-))) ... karena saya yakin yang ibu2 miliki sekarang sudah jauhhhhh lebih dari sabar.... So... kalo saya cuma mo ngasih pujian ajah.... Karena Ibu sudah berhasil menemukan "mutiara" yang terpendam dalam diri Ismail (bu Lukie) dan Kevin (bu Leny)...

Ah, jadi makin semangat dech menggali kelebihan apalagi yang Andre-ku miliki..... Buat teman2 yang lain... Jangan patah semangat yach... Yakin dech, seperti kata Ibu Leny, tiap Anak ASD diciptakan Tuhan pasti memiliki Kelebihan masing2.... Entah apa kita barangkali belum tahu... tapi saya yakin sekali.... tiap Ibu/Bapak yang ada di milis PK ini.... punya "SIXTH SENSE" untuk bisa menangkap kelebihan anak2 kita dan membantu mereka.... mengusahakan segala cara..... untuk mengembangkan apa yang menjadi "mutiara" dalam diri tiap anak kita.

Gambate o kudasai ne....

Mieke (mama Andre)

----- Original Message -----

From: Lukie D

To: peduli-autis Puterakembara

Subject: Re: [Puterakembara] Ismail Bu Lukie, kevin Bu Leny Proficiat....

Saya berharap saya sesabar yang kira2 ibu bayangkan thd saya. Karena saya yakin mbakyu Leny ini jauuuuuh lebih deh...... ketimbang saya Saya baru memulai perjalanan ini kurang lebih dalam 3 th, dan sering merasa dekat dengan kelelahan yang begitu mendera ..... bermain-main dengan batas tipis kata "give up", menangis di malam gelap, atau di siang bolong disaat Ismail terasa tidak sehebat yang coba saya percaya, bahkan dibawah wajar apalagi rasa capek mendera tubuh.... rasanya capek berlipat lipat.....

Saat kita berharap, sering kita kecewa, dan saat kita sama sekali tak berharap kita sering mendapatkan kejutan-kejutan manis dan perasaan berbunga-bunga....

Dan Allah akan melipat gandakan nikmat jika kita pandai bersyukur.....

Terimakasih ibu Mieke,

Lukie

----- Original Message -----

From: Augustina K

To: peduli-autis Puterakembara

Subject: Re: [Puterakembara] Ismail ibu Lukie

Dear Bu Lukie,

Aduh bagus amat yang dihapal sama Ismail, itu sih gede manfaatnya. Anakku yang ada dikepalanya cuma TV dan segala keruwetannya. Adam itu obsesif sama TV jadi dia lebih hapal sama semua acara TV sampai detil waktunya, semua stasiun TV plus detil logo dan seruan-seruannya (aduh apa namanya, jadi lupa), semua merk TV dan logonya. Pokoknya semua yang berkait sama TV. Saya kadang-kadang sampai berkhayal mau beliin dia 10 TV supaya bisa dihidupkan bersamaan dengan 10 saluran TV yang berbeda (kayak di film Matrix gitu). Supaya dia bosan dan berhenti berobsesi di situ dan mulai memikirkan dunia luar yang lebih variatif dan indah.

Sabar aja ya bu.

Salam,

Augustine Priyanto

----- Original Message -----

From: Lukie D

To: peduli-autis Puterakembara

Subject: Re: [Puterakembara] Ismail

Yah moga-moga ya bu saya diberi kesabaran yang guedheee hehehehehe

Hal yang paling nyebelin adalah setiap ke toko buku tidak ada buku yang menarik kecuali semua yg berbau Dinosaurus..., weeksss sampai mbleneg deh.

Baru beberapa hari yang lalu Ismail nonton VCD Jurasic Park, sama mas Rafii'

dan Rizqi adiknya Berhubung dah malam banget dan mata ini kagak bisa kompromi ya dah deh laju tidur aja, suami saja yang menemani mereka. Tiba-tiba badan saya ditepuk keras suami, "hey bangun2, anak2 lagi lucu banget !" dengan intonasi dan gesture kagum. "Lihat...lihat...!"

"Iya iya, tadi sempet ngintip, emang lucu, bederet rapi di sofa sambil melongo", trus terang nggak kuat buka mata apalagi ngangkat badan. Paginya suami masih terkagum-kagum dgn kejadian malamnya dan bercerita lengkap. Adegan Jurrasic Park kalo nggak salah JP3 dimulai dengan munculnya seekor Dinosaurus yang tiba2 menyerang dengan cepat (kata orang Jawa : sak klebat-an). Rafii dan Ismail langsung bisa mengenalinya dan berteriak : Spinosaurus!! excited...Sampai sekarang saya ogah nonton JP3 itu, jadi saya blum konfirmasi sih.

"Nah yang paling lucu adalah Ismail spontan berlari menuju musholla merangkap perpustakaan mini kami untuk mengambil Ensiklopedi Dinosaurusnya dan membawanya ke depan TV, membalik buku bagian timeline kapan jenis species tertentu hidup. Anyway dia pinter lihat buku bagian Index untuk mendptkan data halaman dinosaurus yang dia mau. Kemudian mengamatinya dan kembali menegaskan bahwa itu tadi yang sekelebatan kelihatan itu emang Spinosaurus berdasarkan buku tsb!" Nah lo.....!

Di akhir cerita JP 3 diceritakan bahwa akhirnya scientist berhasil mengindentifikasi dan menyimpulkan bahwa dinosaurus yang menyerang tsb adalah jenis Spinosaurus! Busyet.... anak-anak dah tahu di awal film banget! Kemudian mereka berloncatan kesenangan.......

Mungkin awalnya saat Ismail nggak kontak sam sek.... (25 bulan usianya) suatu hari ia sedikit - a glance banget yang membuat saya tersentil pd dunia dinosaurus ini. Dan saya merasa connection yg sangat pendek..., saya kemudian mencoba menjadikan dinosaurus ini perantara untuk membangun suatu connection.

Saya ingat betul bahwa kami pernah menjadikan tema Dinosaurus ini di hari outdoor yg kami lakukan weekly (Sabtu). Kami pergi ke alam terbuka yg kebetulan private krn wilayah perusahaan yang mengalir sungai... dan di tengah secuil hutan alami serta pasir hitam. Kami mendirikan tenda (sekeluarga + pengasuh)+ mengajak 2 keluarga yang lain, saya mendongeng di dalam tenda untuk anak2 (kisah dinosaurus) sambil mempengaruhi mereka dengan intonasi suara lalu membangun koneksi dengan alam membuat mereka berkhayal bahwa di hutan tsb ada sekelompok dinosaurus....., para bapak menyembunyikan bola golf di beberapa tempat (hutan, dibenam di pasir ditepi sungai dst), membuat tanda/clue dimana ada "telur dinosaurus" tsb disembunyikan.

Begitu cerita berakhir kami berpetualang mencari telur dinosaurus dan mencoba melihat "sign" yg telah dibuat para bapak. Dengan kaki telanjang kami menyisir tepi hutan dan pinggir kali, setiap anak menenteng ember kecil , mengaduk pasir basah dan menggali untuk dapetin telur dinosaurus yang notabene bola golf Hahahahaha!

Ismail terseret-seret diantara aktifitas, teriakan anak2 yg gembira mendapatkan harta karun dst. Tujuan kami sebetulnya adalah mengolah sensori mereka (taktil, balance karena kami juga meniti pohon tumbang dst) masukan dari pak Taufiq H (Hallo Pak!!!!!!!!!!!! Apakabar???!!)

Ternyata secara tak sengaja saya sendiri yg membuat mereka terobsesi dgn dinosaurus. Sekarang mereka advance dan saya enggak blass..... Kadang kalo main ke timezone - uji sensitivitas telinga dan keramaian, Ismail tetep aja tertarik sama permainan yang ia katakan "hajar2an dinosaurus" (dapet kartu dinosaurus) ato dinosaurus kartun yang RUN dan JUMP (lomba lari). Atau Ia yang mulai pandai menyusun lazy (macam lego) bentuk senapan.... Saya sebal lalu mengkritik "untuk apa Ismail main pistol ? Supaya pinter nembak ? apa yang ditembak ? Kalo ditembak trus gimana ? Mati ? Kalo mati seneng ? Jahat sekali! Apa gunanya ? Entar ditangkap pak polisi! Dosa lagi! " Nggak mutu yah dasar ibunya bawel. Tapi yang mengejutkan adalah jawaban Ismail "mami Ismail cuman mau nembak binatang buas..... bukan yang makan tumbuhan seperti diplodocus!" Aku shock.......!

Kami (sama suami) sepakat akan merekayasa lingkungan unt membuat mereka eksplore tata surya karena ada tanda2 Rafii tertarik... untuk mengurangi obsesinya terhadap Dinosaurus.

Salam Galaxy Bima Sakti,

Hehehehehe

Lukie



Total visitors from 2000 to March 2012 : 2,098,400 - Puterakembara 2012
interaction with this site is in accordance with our site policy