Terbalik meniru gerak

01/15/2007

----- Original Message -----

From: Ast

To: peduli-autis Puterakembara

Subject: [Puterakembara] Terbalik meniru gerak

Anak saya Rama (6th) suka terbalik bila menirukan gerakan. Contohnya : waktu di sekolah (tk) diminta hormat bendera, dia pakai tangan kiri dan telapak tangannya terbalik pula. Setelah saya renungkan ternyata dia mengikuti gerakan tangan gurunya yang posisinya menghadap ke Rama, Jadi deh hormatnya terbalik.

Lalu saya coba melatih dia hormat bendera. Saya di hadapan Rama. Hormat pakai tangan kiri, eh dia angkat tangan kanannya, tapi telapak tangannya masih hadap ke belakang. Kemudian telapak tangan kiri, saya balik ke arah belakang, eh telapak tangan kanan Rama dibalik ke arah depan. Benar deh hormat benderanya.

Mungkin ada rekans milis punya pengalaman yang sama?

Mohon saran dan penjelasannya, gejala apakah ini?

Thanks before.

Salam

Mamanya Rama (autis, verbal, yg sering memberikan kejutan-kejutan manis)

----- Original Message -----

From: AA

To: peduli-autis Puterakembara

Subject: Re: [Puterakembara] Terbalik meniru gerak

Neo juga gitu, sampai sekarang kalo main gitar terbalik jadi kayak orang kidal. Padahal kalo makan pakai tangan kanan. Susah banget mau benerinnya, malah awalnya depannya gitar menghadap badan dia, sekarang udah menghadap depan tapi kidal.. Ada yang punya masukan cara memperbaikinya?

Cieta (Ibu Neo, 2 tahun 10 bulan lebih)

----- Original Message -----

From: AP/IP

To: peduli-autis Puterakembara

Subject: Re: [Puterakembara] Terbalik meniru gerak

Mungkin bisa dicoba :

* Berdiri bersisian menghadap kaca (cermin)

Jadi efek gerakan Ibu & anak akan sama terlihat di cermin. Ibu angkat tangan kanan, anak juga (semoga) niru dengan angkat tangan kanan. Gak hanya untuk gerakan hormat aja, extend sampe gerakan2 simpel yang lain. Kalo dengan berhadapan muka, "mirror" image-nya kan beda.... Ibu angkat tangan kiri, untuk si anak jadi tangan kanan dsb..... bingung

* Lakukan imitasi dengan struktur

Misal, pake blok2 kayu mainan anak. Susun struktur sederhana, mulai dengan 2 benda dulu aja (misal kubus biru & silinder merah). Letakkan bersisian, minta anak meniru struktur. Kalo untuk yang ini, saya biasa lakukan dengan "mirror image". Jadi kalo di Ibu silindernya di sebelah kanan, di anak silindernya jadi di sisi kiri.

Ira

----- Original Message -----

From: Tri Budi

To: peduli-autis Puterakembara

Subject: Re: [Puterakembara] Terbalik meniru gerak/reply

Dear teman-teman,

Tangan atau kaki dominan pada anak-anak masih belum konsisten sebelum usia

5 atau 6 tahun. Jadi anak masih suka pindah pindah tangan atau kiri untuk melakukan suatu aktifitas.

Di kultur kita tangan kiri identik dengan tangan jelek. Misalnya anak kita kidal kalau saya sarankan biarin aja pakai tangan kiri tapi hal-hal yang berhubungan dengan nilai-nilai agama, kesopanan dan interaksi sosial misalnya bersalaman, makan, dll.

Untuk aktifitas akademik dan bermain tak ada salahnya pakai tangan kiri. Tapi semuanya terserah bagi bapak atau ibu. Yang jelas kalau kidal dipaksakan pakai tangan kanan hasilnya tidak sebagus tangan kiri.

Kesulitan meniru gerak biasanya berhubungan dengan ketrampilan praxis/ perencanaan atau eksekusi gerak itu sendiri jadi perlu dilatih secara bertahap.

best regards

Budi, MSc.OT

Pediatric Occupational Therapist

----- Original Message -----

From: Taufiq Hidayat

To: peduli-autis Puterakembara

Subject: Re: [Puterakembara] Terbalik meniru gerak

Dear Ibu Ast,

Bagaimana jika Rama meniru gerakan seseorang yang berada disampingnya,

apakah masih terbalik?

Meniru gerakan merupakan proses perencanaan gerakan (motor planning) yang

mungkin terjadi pada Rama adalah ia mempersepsikan dan meniru (merefleksikan) gerakan berdasarkan pemahaman dan orientasi atas sisi tubuhnya. biasanya terjadi saat ia meniru sesuatu yang berada didepannya.

Saya setuju dengan saran ibu Ira untuk melatih gerakan di depan cermin,

untuk awal coba lakukan gerakan yang dominan menggunakan kedua tangan atau

kaki (bisa juga keduanya) ex. jumping jack, melompat dan menepuk kedua

tangan di udara, melangkah pada diagram catur ke kiri-kanan, atas bawah dan

gerakan pada satu sisi tubuh namun menyilang dari garis tengah tubuh (tangn

kiri bergerak ke sisi tubuh bagian kanan, dan sebaliknya) begitu juga dengan

kaki.

Akan agak sulit jika kita menginstuksikan secara verbal jika anak masih

cukup sulit memahami konsep tersebut, coba lakukan dengan isyarat atau

gesture untuk mengembangkan kemampuan ideationnya.

salam

taufiq

----- Original Message -----

From: Bev

To: peduli-autis Puterakembara

Subject: Re: [Puterakembara] Terbalik meniru gerak

Halo semua,

Kalau saya punya pengalaman, saya suka mengajar anak saya senam waktu dia usia 5-6 thn dan suka terbalik kiri jadi kanan dan sebaliknya.

Yang saya lakukan adalah, saya mengajar senam dengan dia melihat punggung saya jadi saya tidak berhadapan dengan anak saya. Hanya saya harus sering melirik ke belakang untuk mengecek betul atau tidak gerakannya. And it works!

Rajin latihan senam, hasilnya ok loh, anak ibu senang dua2nya:-)

Salam,

Bev

Total visitors from 2000 to March 2012 : 2,098,400 - Puterakembara 2012
interaction with this site is in accordance with our site policy