Sakit perut Hernia pada Anak Autis

12/28/2006

----- Original Message -----

From: MR

To: peduli-autis Puterakembara

Subject: [Puterakembara] Help : HERNIA pada anak Autis (+ epilepsi)

Dear All,



Saya sedang gundah gulana nich... beberapa hari yang lalu saya bawa Andre ke dokter karena dia sering mengeluh "my tummy mom.... my tummy...." sambil megangin perutnya. Kadang wajahnya terlihat pucat dan keringat dingin.... pokoknya looks very ill. Tapi kalo ditanya, "what happend to your tummy, honey...?" Dia akan jawab, "what happend to your tummy, mom..." mungkin karena udah ga konsen lagi kali yach.... jadi apa yang ditanya, itu lagi yang dia ulang....



Hasil periksa BAB dan urine menunjukkan (yang abnormalnya!!!...) :

Eritrosit ( 2 - 3 /LPB ), LEKOSIT ( 4 - 6 /LPB ), Lemak ( + ), Serat Tumbuhan ( + ), Sel Epitel (+), Lain2 (Yeast / Sel Ragi (+) )

Dokternya masih tenang2 aja, katanya ga apa2.... terusin aja proteksinnya... Mungkin karena dia melihat Andre aktif2 aja kalo berada diruang periksa dokter.... (Entah kenapa kalo lagi sakit, trus dibilangin mo ketemu dokternya, langsung hilang sakitnya.... pas udah dalam ruangan lagi... bukannya dari rumah kek, jadi ga perlu kedokter khan ?.... huuh... ngabis2in duit ajah.... :-( )



Waktu saya cerita dia sering mengeluh perut bawahnya, dokter lalu ngajakin Andre bermain sambil menggendongnya. Pas diraba, dokternya kaget karena dalam waktu singkat (terakhir periksa bulan juni, baru segede kepalan anak2) sekarang sudah sebesar bakso tenes! Dokternya lalu menyarankan untuk segera dilakukan tindakan pembedahan supaya ususnya bisa dinaikin kembali atau malah dipotong... tergantung kondisinya nanti.



Duh, rasanya gundah gulana dech hati ini.... Beberapa bulan yang lalu Andre juga pernah saya bawa ke Dr. Anak yang lain, dan beliau menyarankan untuk mengambil tindakan operasinya after "Five Golden Years" periodnya Andre terlewati, supaya perkembangan otaknya tidak terganggu.... mengingat dia juga suspected Epilepsi....



Saya jadi bingung... gimana dong baiknya.... operasi hernia serem ga sih... kok baru denger namanya aja saya dah takut duluan... Ibu saya sampai sekarang tidak dioperasi batu empedunya karena alergi semua obat bius (golongan eter dan sejenis), saya takut juga nurun ke Andre. Emang sich, sebelum operasi pasti skin tes dulu untuk mastiin dia alergi atau tidak.... tapi kok saya nggak PD dech.... Cuma kalo liat Andre megangin perut bawahnya sambil ngeringis... (tapi ga ngomong apa2) saya jadi mikir lagi....



Pertanyaan saya adalah :

1. Apakah aman bagi andre untuk dilakukan operasi sekarang (usianya 4th) mengingat ada riwayat Alergi obat bius (omanya) dalam keluarga dan dia juga didiagnosa Epilepsi.



2. Apa benar pendapat bahwa operasi tersebut harus ditunda sampai perkembangan otaknya cukup matang (5 thn) untuk menghindari terjadinya kerusakan otak yang lebih parah ???



3. Apa dampaknya kalo Hernia tidak segera ditindak ??? Apa betul bisa membahayakan jiwa si penderita???



4. Ada ga diantara teman yang anaknya kalo pipis dicelana sering meninggalkan noda bercak putih ? Itu apa yach....? (kata suami saya sperma kali ???, kata mertua saya itu infeksi jamur... kata dokternya mungkin gula... soalnya suka dirubung semut...ah pusing dech...) Kalo pipis di WC, kencing pertamanya (ujungnya) warnanya putih seperti susu, setelah itu baru kuning seperti layaknya pipis anak2 (tapi nggak sering.... hanya kadang2 aja) Saya dah coba2 search di internet, tapi saking banyaknya teori kedokterannya, saya tambah mumet....



5. Apa Enzim yang cocok untuk kondisi seperti Andre. Sejak terdeteksi Autis, BABnya ga pernah berwarna kuning, selalu Hitam, Coklat tua atau Hijau pekat.... disertai bau yang sangat menyengat. Seringkali diare (tapi tetep hitam/coklat tua) atau malah tidak bisa pup berhari2 (Sembelit). Kalo dah 5 hari biasanya mulutnya pun ikut bau....



Ok, segitu dulu dech.... takut kepanjangan... (sorry, belakangan ini ngirim emailnya kepanjangan mulu yach... ;-) , hehehe..... maap....maap....



Salam,

Miek (yang lagi gundah gulana.... tapi seneng baru aja tiba2 dicipok Andre dari samping... hehehe... gimana saya nggak takut keilangan dia coba... lucu begini....)

----- Original Message -----

From: Ari P

To: peduli-autis Puterakembara

Subject: Re: [Puterakembara] Sakit di Perut (was : HERNIA)

Salam semua ,

Saya juga sudah 1 minggu ini bingung, karena anak saya Rey 5.5 th non verbal, sering seperti kesakitan di daerah perut, sdh ke 4 dokter, pertama bilang kolik, yg kedua mungkin Maag, yg ke 3 & 4 diagnosa kolik lagi, apa ada rekan orang tua yang punya pengalaman? soalnya Anaknya ga bisa ditanya :-(, kolik itu apa penyebabnya ya? saya kira cuma bayi saja yg suka kolik. Bisa tiap setengah jam dia kelihatan kesakitan dan rewel, & ga mau makan.

Bu Miek itu Andre diperiksa perutnya cuma diraba gitu ya Bu sama dokter bisa ketahuan? Rey sdh di USG abdomen, tapi kt dokternya kelihatan normal, tp belum tes urine & faeces karena blum BAB lagi, Rey juga 3-5 hari baru BAB tp warnanya sih normal-normal saja, kalau sedang bagus pencernaannya sih bisa tiap hari BAB , urine juga normal saja warnanya. Rey dikasih ProBioGold untuk pencernaannya sama dr. Melly.

Terima kasih dan maaf buat ibu Miek nih numpang ikut nanya-nanya

Ari

Papanya Rey, Autis Non verbal 5.5 th

----- Original Message -----

From: MC

To: peduli-autis Puterakembara

Subject: Re: [Puterakembara] Sakit di Perut (was : HERNIA)

Anak saya Vincent normal waktu kecilnya sering sakit perut, setelah dibawa ke dokter

hasilnya stomach flu. Dari dokter dikasih obat dari belakang.

Kemudian untuk sementara tdk mengkonsumsi yg berminyak termasuk susu.

Salam

Mich

----- Original Message -----

From: MS

To: peduli-autis Puterakembara

Subject: Re: [Puterakembara] Sakit di Perut (was : HERNIA)

Halo Pak Ari,

Cuma mo bagi pengalaman, sekitar 2 bulan yang lalu Alfi (5 th, non verbal) juga bermasalah dengan sakit perut. Awal September sempat dirawat di RS karena diare dan dehidrasi. Dirawat di RS 5 hari terus boleh pulang, dengan diagnosis infeksi amuba. Sekeluarnya dari RS, keliatan masih sakit perut, sempat dibawa lagi periksa 3x ke dokter anak dan dokter bedah anak, perut ditekan2, anus disodok2 sampai di USG abdomen lengkap dan rontgen. Katanya ngak ada apa2. Tepat sebulan kemudian (awal oktober) kesakitan berat perutnya, dibawa ke lagi ke dokter anak, dan langsung di rujuk ke RS dengan infeksi usus buntu (appendicitis) yang sudah bocor/pecah :-((.

Alfi harus dioperasi yang cukup besar (bukan operasi minor saat usus buntu belum pecah), karena ususnya harus dibersihkan dari nanah. Untungnya saya diberkati Tuhan dengan anak yang "tahan banting" meskipun harus berulang2 dioperasi (up to now, alfi sudah 3 x dioperasi)

So, intinya jangan anggap enteng sakit perut, apalagi kalo anak kita non-verbal.

Salam,

Marc (mama Alfi)

----- Original Message -----

From: EP

To: peduli-autis Puterakembara

Subject: Re: [Puterakembara] Help : HERNIA pada anak Autis

Dear Miek,

Kalau dulu anakku hernianya hanya ususnya turun ke buah testisnya dan

masih aman karena masih naik turun, hanya terganggu bila melakukan kegiatan berolahraga, yang ditakuti kata dokter kalau nantinya terjepit, jadinya dari umur 4 th baru diopersi waktu umur 10 th. Operasinya juga tidak nginap,habis operasi tunggu 4 jam, siuman bisa langsung pulang.

Segitu aja bu, yang saya bisa cerita.

Erna

----- Original Message -----

From: Eve H

To: peduli-autis Puterakembara

Subject: Re: [Puterakembara] Help : HERNIA, Epilepsi, ISK

Bu Miek,

Setelah baca seluruhnya, saya ingin saran, tapi saya bukan dokter. Gimana dong ya?

Gimana kalau dibenahi satu-satu.

Lupakan dulu hernia-nya, coba dulu perbaiki pencernaannya. (Jangan-jangan, hernia-nya karena cerita point 5 tdk lancar BAB). (Anak sepupu ada yg hernia wkt kecil, tapi sy lupa jadi di-operasi tidak. Skrg sehat, umur 20 thn-an.)

- Coba aja dulu (pada saat makan) Enzim Complete atau DPP IV 2-3 x sehari.

Ditambah Probiotic (bisa Pro5 atau ProBioGold) 2-3 x sehari (sebelum makan).

Cuma dosisnya mungkin cukup 1/2 kapsul setiap kali (krn umur < 5 th & BB=?).

Sbg perbandingan, anak saya (13 thn kurang, BB 30 kg) 2-3 x sehari @ 1 kapsul.... dulu.... Sekarang cuma 1-2 x (dikurangi) krn saya anggap "membaik" (artinya warna, tekstur sdh cukup normal. Juga tdk diare lagi. Kalo dulu? Bener2 "anak dgn otak yang lapar", karena setiap habis makan, tdk sampai 1 jam langsung keluar. Jadi makanan nggak sampai ke otak... Maap maap nih, jijik.)

Pokoknya Probiotic itu memperbaiki sesuatu di pencernaan lah. (yg terlalu

blong, atau yg terlalu mampet). Enzim juga... banyak fungsinya utk kelancaran. Rupanya anak2 kita kekurangan enzim, tubuhnya kurang memproduksi.

Coba aja dulu 1 jenis (asal pilih! misalnya DPP IV). Ntar kalau sdh habis 1

botol, coba Enzim Complete. Kalau gak cocok, baru coba merk & jenis lain

seperti pernah disebutkan oleh Bu Linda, karena M-nya lebih cocok yg itu.

- Kalau point 4 : jujur.... anak saya G pernah spt itu sesudah disuntik Hepatitis B yg ke 3 pada saat bayi 6 bulan (menurut cat. saya th 1994). BB-nya pun langsung tidak naik. Gejalanya : Ada noda putih - kuning lalu hijau muda - akhirnya ada titik merah di popoknya. Ditambah bayi meringis-ringis, menjerit memilukan, setiap kali mau kencing. (Namanya : infeksi saluran kencing = ISK, alias kencing nanah, bisa

dibayangkan kagetnya kami sbg ortu... Bayi? Anak orang baik-baik? Dgn penanganan higienis, setiap kali mau ini-itu kami pasti cuci tangan sampai diledekin orang. Aneh bin ajaib).

Cara tau : Tes urin yang di-kultur bbrp hari. Pengobatan wkt itu :

Antibiotik (Amoxsan) 3 x sehari selama 3-5 hari -- Inilah antibiotik pertama G di usia 6 bulan!!

- Lupakan dulu operasi. Apalagi Oma-nya juga alergi obat bius. Kalau bisa dipikirkan paling akhir...

- Tentang epilepsi, teringat cerita gurunya G : Saudaranya epilepsi juga, skrg sudah besar & sehat, tdk pernah kambuh. Waktu kecil, rajin dibawa jalan pagi (sebelum matahari tinggi) utk menghirup udara segar. Masuk akal, krn otak perlu oksigen... Pantangan : 1. jangan capek, 2. jangan di bawah matahari sekitar jam 11-15 (pas lagi panas2nya), apalagi kena ubun-ubunnya -> bisa kambuh. Kalau terpaksa, berteduh / pakai payung / topi.

3. lain-lain : jangan dekat api,....

Semoga membantu. Jadi panjang juga suratnya...

Salam, Eve

----- Original Message -----

From: Eve H

To: peduli-autis Puterakembara

Subject: Re: [Puterakembara] Sakit di Perut (was : HERNIA)

Bu Miek,

Surat tadi cuma saran saya (bukan dr.) yg mungkin kurang membaca keadaan, dan dibuat sebelum terima surat-surat yg lain (sejak Sabtu sore sulit sekali receiving, hanya bisa sending).

Yang dari Bu Marcia ini mungkin lebih bener (dr. + pengalaman pribadi anak skt perut). Ngeri juga ... Apalagi ternyata sejak surat pertama Bu Mieke sdh bilang sebesar bola tenis. Semoga Andre cepat sembuh & cepat dapet solusinya...

Ditanyain dong, apa pantangannya kalau hernia begitu?

Salam,

Eve

----- Original Message -----

From: MR

To: peduli-autis Puterakembara

Subject: Re: [Puterakembara] Terima kasih



Andre sebetulnya sedang mengkonsumsi Protexin, dulunya Lacto B, tapi karena dia alergi susu baru2 ini saya ganti Protexin... Masih perlu tambahan Enzym ga yach... kalo combine dengan protexin dosisnya dikurangin kah???....

Andre juga ISK, tapi saya takut memberikan antibiotik karena banyak sekali antibiotik yang justru bikin andre Diare, seperti golongan Amoxiliyn, Velocef dll. Kalo penyakit2 yang ga terlalu berat kayak gini aku dah Pasrah mbak.... Pasrah pada kekuatan DOA, karena katanya DOA orang percaya besar kuasanya, bukan??? .... Sekarang sich kencing "putih dulu baru kuning" nggak terlalu sering intensitasnya, tapi ya.. tetap ada aja, sehari "Kambuh" sehari "Sembuh", yaaaa giiitu dech.... Saya dah benar2 berharap hanya padaNya. Tapi entah khusus untuk kasus Hernia, saya kok ga bisa pasrah2 amat yach.... seolah ada yang menggerakkan saya untuk terus berusaha cari informasi dan do my best for Andre.

Eve menanggapi rekan2 yang curhat dimilis ini.... bukti bahwa bu Eve Care sama sesama oratua yang senasib.... Thank's a lot bu Eve.... (seperti yang saya bilang, saya orangnya mudah sekali terharu... ini lagi ngetik matanya dah bekaca2, dadanya sesak.... duh, melankolis banget kan.... mungkin waktu Ibu saya Hamilin saya, doyannya dengerin lagu "Hati yang luka", "Gelas2 Kaca" dll.... sayang yach dulu belum ada RATU... kalo ada khan kebayang dong saya kayak siapa....;-)...(sambil berkaca2 sambil senyum2, hehehe)



1.Thank's banget untuk tips Epilepsinya, saya pasti ingat itu. Salah satu kriteria saya cari sekolah kemarin itu juga yang tempat bermainnya terlindung dari sinar matahari langsung. Andre juga rajin jalan pagi keliling komplex, pulang2 pasti Anjing2 tetangga pada ikut, Entah kenapa... mungkin Andre punya magnet sama anjing2 itu... Kata orang sich 6th sensenya bisa mengerti bahasa binatang ??? (kali yach....wong herder aja nurut ama dia. Kalo dah sampe rumah Andre bilang... finish.... go home(3x) sambil garuk2kin kepala anjing2 itu satu2, eh... anjingnya beneran pada pulang loh..heran!).

2. Thank's juga untuk support dan doanya. Saya dah memutuskan untuk nguat2in hati saya bahwa ini memang satu proses yang harus saya jalani dan saya tidak boleh takut... sekarang kan teknologi dah canggih... (lagi ngibur diri nih bu...) Saya dah bikin janji dengan dokter Bedah Anak hari Sabtu ini untuk melihat kondisinya, tendem dengan dokter Anak dan Neurologystnya, just to make sure bahwa ini nggak akan berdampak buruk bagi epilepsinya, sekalian skin test untuk obat biusnya (takut alergy juga)... Doain yach... moga2 kalo ga ada halangan, dengan seijin Tuhan, rencananya Andre operasinya Awal Januari (pas 4thn usianya.... (selama itu saya akan doa terus, berharap 'There will be a "Miracle in Christmast" yang terjadi dalam hidup Andre. Semoga)



Sekali lagi, Thank's buat semua yang dah kasih masukan.

Tuhan memberkati.

Regards,

Mieke

Total visitors from 2000 to March 2012 : 2,098,400 - Puterakembara 2012
interaction with this site is in accordance with our site policy