Cukur rambut, Potong kuku dan Sikat gigi

12/26/2006

----- Original Message -----

From: HN

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] Please help - cukur rambut, potong kuku dan sikat gigi

Dear teman2 milis,

Sebelumnya saya minta maaf kalau email saya ini a little bit silly.

Saya mengalami kesulitan untuk mencukur rambut, potong kuku dan menyikat gigi anak2 saya. Seperti yang saya paparkan terdahulu, Adam & Rudy (2thn 3bln) didiagnosa CAPD dan mereka sangat aktif sekali. Mereka selalu protes, bahkan tantrum atau malah seperti teriak kesakitan kalau saya coba untuk menyikat giginya. Alhasil, perlu 3 orang untuk memegangi anak saya kalau giginya disikat. Mereka nangis dan meronta sekeras2nya.

Juga setiap kali potong kuku, rasanya berbahaya sekali untuk melakukannya bahkan pada saat tidurpun tidak mungkin. Pendengaran dan perasaan mereka sensitif sekali dan pasti terbangun dan berontak.

Dan sekarang saya sedang kebingungan melihat rambut mereka yang semakin gondrong. Sangat tidak mungkin menggunakan gunting didekat kepala mereka karena mereka tidak pernah bisa diam. Gawatnya lagi, mereka belum bisa dibujuk sama sekali (mereka masih belum mengerti kalau diajak ngomong).

Barangkali ada diantara teman2 yang punya pengalaman seperti saya dan bagaimana solusinya? Please advise. Terima kasih.

Regards,

Hat

----- Original Message -----

From: Dyah Puspita

To: "peduli-autis Puterakembara

Subject: Re: [Puterakembara] Please help - cukur rambut,potong kuku dan sikat gigi

Tips:

1. jangan pernah sungkan bertanya di milis ini....kalau ada perasaan "email ini a little bit silly"...buang jauh-jauh...

2. anak-anak ini, protes, tantrum dan seolah berteriak kesakitan, karena mereka memang merasa sangat tidak nyaman. besar kemungkinan ada masalah sensory disini. jangan dipaksa.

3. jadi gimana dong?

--- gunting rambut: coba alihkan perhatian anak sehingga dia 'tidak sadar' sedang digunting rambutnya... harus pakai gunting dulu barangkali, karena kalau pakai alat potong listrik, anak malah terganggu suaranya.

Dulu anakku (yang sekarang udah menjelang 16 tahun dan jagoan ke salon

minta dicukur begini atau begitu) harus main air di kebun baru mau dipotongin rambutnya. Siapa yang gunting rambut dia? Ya aku laaahhhh...

Dan itu berlangsung sampai dia berumur sekitar 10 tahun. Maka potongannya gitu-gitu melulu...seperti ada batok kelapa ditutupkan ke kepalanya smile

--- gunting kuku....agak sulit nih....musti pakai gunting yang buat kuku bayi barangkali... dan dilakukan saat kukunya sangat lembek (barangkali sesudah berenang?)

--- gosok gigi...hihihihi...sampai sekarangpun saya masih kesulitan....

anakku juga seperti kesakitan kalau digosok giginya (oleh saya). Dia tidak mau gosok gigi sendiri. akhirnya saya pakai sikat gigi listrik, yang gosokannya steady iramanya kan? baru deh agak kooperatif. tapi teteup harus saya yang ngegosokin.

makanya rajin ke dokter gigi buat dibersihin karang giginya....

So, you are never alone.

Problem mu, pasti ada yg ngalamin kok. Never think that your questions are silly. You are silly when you don't ask.

salam,

Ita

----- Original Message -----

From: DDP

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] Please help - cukur rambut, potong kuku, sikat gigi

Kami punya pengalaman yang mirip dan mau sharing.

Casey (ASD 3.5 th), dulu sangat taku dicukur bahkan lihat salon aja udah langsung gelisah dan langsung minta pulang. Tapi saya dekap aja erat-erat, agak ngamuk dikit saya tetap dekap dan setelah beberapa saat dicukur dia mulai merasa aman, malah senyum2 karena geli kena mesin cukur. Situasinya seperti ini terus hingga 3-4 kali dicukur (kira2 8 bulan). Terakhir 2 minggu lalu saya bawa lagi ke salon untuk dicukur. Lihat salon masih sedikit merengek minta pulang, tapi saya bawa dia bolak-balik jalan di depan salon...eh...surprisingly waktu dicukur dia mau duduk tenang walaupun tetap harus dipegangin.

Saya pikir karena kebiasaan saja. Awalnya memang kita perlu persistent dan sabar. Lama-lama anak tahu, bahwa dicukur itu tidak apa...malah membuat mereka lebih cakep hehehe.

Hal yang sama terjadi setiap kali mandi (tapi itu sampai 3 bulan yang lalu). Harus terjadi perjuangan extra, apalagi kalau yang harus dibasahi adalah rambutnya...heboh deh satu rumah. Suatu waktu saya bawa dia ke kolam renang yang ramai sekali dengan anak-anak. Eh tiba2 dia pengen nyebur...saya langsung terjun dengan pakaian di badan, tenggelamin dia sebentar (supaya rambutnya basah) eh...dia malah enjoy. Besoknya saya coba lagi...dia sudah minta terus. Hari berikutnya saya coba di

rumah...sudah no problem. Sekarang malah kami yang kewalahan...dia minta mandi dan dishampo 3x sehari...maklum walaupun hujan sudah turun, air masih aja seret...sad

Untuk gunting kuku, biasanya saya pangku anaknya, pangkal kukunya ditetesin koloid yang agak dingin mis lotion. Anteng tuh biasanya...tapi agak aneh juga karena metoda ini hanya manjur kalau saya yang lakukan. Casey ga mau dipotong kukunya selain oleh saya. Sama Mamanya juga ga mau.

Salam,

Dar (Ayah Casey di Depok)

----- Original Message -----

From: HB

To: peduli-autis Puterakembara

Subject: Re: [Puterakembara] sharing- cukur rambut, potong kuku, sikat gigi

Saya termasuk yang gagal dalam urusan cukur rambut, anak saya pasti nangis & berontak kalau diajak ke salon, apalagi sekarang udah 7thn, makin susah aja dikendalikan.

Menurut saya dia sensitive sama bunyi mesin cukur plus nggak betah banyak rambut dibadannya. Buktinya dia mau kalau dicukur dirumah menggunakan gunting sambil mandi, kalau rambut dibadannya udah cukup banyak dia minta diguyur air.

Bulan lalu saya beli mesin cukur, memang dia nangis sambil terus-terusan bicara pakai gunting aja, tapi nggak seheboh kalau cukur disalon. Mudah-mudahan setelah beberapa kali dia bisa beradaptasi. Alasan kami pakai mesin cukur supaya lebih rapi [botak 2 cm], karena selama ini kalau pakai gunting cukurannya nggak rata.

HB

----- Original Message -----

From: Dyah Puspita

To: peduli-autis Puterakembara

Subject: Re: [Puterakembara] sharing- cukur rambut, potong kuku, sikat gigi

Duh.

Kenapa dipaksa? Kasihan dong.

Gimana kalau diikutin aja dulu pakai gunting. Gak papa lah gak rapi2 amat, atau potongannya model Adi Bing Slamet jaman dulu, atau kayak potongan batuk kelapa. Yang penting, dia gak trauma sama kegiatan "potong rambut".

Anak ku sampai umur 10 tahunan masih aku yang gunting rambutnya. Modelnya gitu-gitu aja lha wong aku gak jago. Pokoknya modal ngeratain aja. Gak jelek2 amat sih (hihihi). Nah, sesudah dia umur 10 tahunan, aku ajak ke barbershop. Masih pakai gunting, tapi karena yang motong ahli, jadinya potongannya juga bagus. Pas gitu aku pindah ke rawamangun, gak ada tukang cukur yg memenuhi standard higiene aku. Jadi Ikhsan aku bawa ke salon tempat aku potong. Teteup maunya gunting.

Eh..beberapa bulan kemudian, dia yang minta pake alat cukur lho! Jadi sekarang gunting rambut gak sampai 20 menit karena pakai alat cukur listrik..

Kesimpulan?

Dia minta sesudah dia siap untuk pakai alat itu. Karena dia menyesuaikan diri dan menyiapkan mental. Maka, beri kesempatan pada anak untuk menyesuaikan diri (dengan mendengar bunyinya sesekali) dan menyiapkan mental...tapi jangan dipaksa.

Semoga berkenan.

salam,

Ita

----- Original Message -----

From: MMS

To: peduli-autis Puterakembara

Subject: Re: [Puterakembara] sharing- cukur rambut, potong kuku, sikat gigi

Dear all,

Ada pengalaman bagus nih di minggu lalu antara saya dan sarah (ponakan autis

10th verbal). Kamis minggu lalu saya ga masup kerja karena - enak badan, siangnya mikir nih kenapanya 2 minggu ini kok sakit-sakitan (di depan kaca)...dilalah ngliatin rambut ehhhh baru nyadar kalo poniku kok panjang...hmmm...mungkin karena poni nih jd sakit-sakitan...spontan aku ambil gunting dan potong poni..ehhh jd mirip Ibu Nia Dinata (itu loh produser film Berbagi Suami).

Nah..di saat itu ternyata sarah ngliat dari depan pintu langsung treakkk..."Mau...mau potong poni"!!!! Hasyahhh runyam nih gimana cara??? Deg..deg..gan juga waktu minta dia diem dan ga ngikutin arah gunting motong poninya...."tenang kakak...kakak sarah jgn tengok tengok susah jadinya..." weehhh dia nurut, walaupun mulutnya ngocehhh terus bilang potong poni nihhh...biar cantiksmile,

Lumayan deh hasilnya...rambutnya ga nutuppin mata lagi.....

Btw..ini pertama x saya potong rambut kakak sarah...heiiieheeeee...

Salam

May

----- Original Message -----

From: DC

To: peduli-autis Puterakembara

Subject: Re: [Puterakembara] sharing- cukur rambut, potong kuku, sikat gigi

Dear All,

Benar seperti milis yang lain bilang untuk hal hal yang disebutkan diatas cukur rambut, potong kuku, sikat gigi jangan dipaksa karena akan trauma dan tahu sendiri anak anak kita kalau sudah trauma enggak bakalan mau pegang atau join kegiatan tersebut so kita juga sebagai orang tua yang kepayahan.

Joshua juga selalu tantrum dan teriak kalau mau cukur rambut enggak bakalan bisa dech dia digunting rambutnya yang ada teriak dan rambut saya dijambak and kalau tukang cukurnya deket kena dech dia di gigit. akhirnya saya berhenti gunting rambutnya walhasil rambutnya udah kaya cewe tapi belum mengganggu aktivitasnya. pelan pelan saya bujuk dengan kasih reward akhirnya dia mau dan sekarang saya bisa bawa dia ke salon dan dapat digunting dengan bagus menggunakan mesin cukuran dan dapat duduk dengan rapih. dan yang pasti tambah ganteng.

Sabar aja sich kuncinya pasti bisa dech.

do

Total visitors from 2000 to March 2012 : 2,098,400 - Puterakembara 2012
interaction with this site is in accordance with our site policy