CAPD (Central Auditory Processing Disorder)

12/25/2006

----- Original Message -----

From: HE

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] Perkenalan

Hallo,

Perkenalkan, nama saya Hatra. Aku baru hari ini Join di Puterakembara dengan harapan bisa sharing dengan para ortu yang lebih bijaksana dan berpengalaman dalam menangani special kids ini. Suamiku WNA berkebangsaan Inggris, dan ini sebabnya kita berbahasa bilingual di rumah.

Anakku kembar 2 th 3 bulan. Namanya Adam & Rudy Evans. 3 bulan yang lalu, oleh dr. Iramaswaty (dr. tumbuh kembang anak) dan dr. Anne (psikolog) di Klinik Pela, kedua anak2ku didiagnosa CAPD (Central Auditory Processing Disorder) = adanya kelemahan sensori otak untuk memproses/mentranslate informasi (terutama suara verbal) yang mereka dengar. Sejak itu sampai sekarang anak2ku ambil kelas terapi wicara dan sensori integrasi disana.

Sampai sekarang, mereka belum menengok kalau dipanggil namanya dan belum bisa menerima perintah sederhana. Sering berteriak dan mengeluarkan suara high pitch kalau keinginannya tidak terpenuhi. Mereka sangat aktif, lari lari kecil (berjinjit) kesana kemari, memanjat apa saja dan lompat2 ditempat tidur selayaknya itu trampolin. Kesan sekilas, kedua anak kembarku sangatlah nakal! Walaupun mereka belum bisa berkomunikasi (bahkan belum tau caranya memanggil), tetapi semangat belajarnya sangat tinggi. Mereka sudah bisa membedakan bentuk2, warna2, anggota tubuh, alphabet A-Z secara berurutan, berhitung sampai 20, dan sekarang mulai berusaha bernyanyi (tentu dengan logatnya sendiri yang belum jelas). Mereka sangat menyukai buku dan sering membeo seperti selayaknya membaca, tetapi dengan bahasa planetnya itu. 80% kosakata yang mereka kuasai didapatkan dari film edukatif kesukaanya (Brainy Baby, Baby Einstein, Baby Bubble dan semacamnya). Interaksi dan kontak mata dengan orang2 terdekatnya cukup lumayan, walaupun sering terganggu karena keaktifannya. Rudy lebih cuek terhadap temen2 sebayanya, tapi Adam lumayan.. dia suka dengan teman perempuan sebayanya. Terus terang, keadaan seperti ini sangat membuat saya putus asa karena 2 anak berarti segalanya double. Double difficult, double worries, double stress, dan terlebih lagi double expenses!

Saya kira cukup segini dulu perkenalan dari saya. Semoga dari teman2 disini, saya bisa mendapatkan sedikit titik terang untuk bagaimana seharusnya saya menjadi ibu yang baik bagi kedua anak kembar saya.

Terima kasih.



Hatra

----- Original Message -----

From: "Taufiq Hidayat

To: peduli-autis Puterakembara

Subject: Re: [Puterakembara] Perkenalan - CAPD

Salam kenal ibu Hatra,

Saat dilakukan diagnosa pada tingkatan mana CAPD tersebut (mild,moderate dan

severe). CAPD setahu saya hal ini berhubungan erat dengan vestibular dan auditory language process, mungkin oleh sebab itu ibu dianjurkan melakukan terapi sensori integrasi.

Salah satu terapis klinik Pela ada yang telah mengikuti profesional training mengenai samonas, auditory therapy. mungkin ada baiknya jika ditanyakan mengenai hal tersebut karena samonas cukup efektif jika digabungkan dengan beberapa metode lain.

salam

taufiq

----- Original Message -----

From: Hatra Nuzul

To: peduli-autis Puterakembara

Subject: Re: [Puterakembara] - CAPD (Central Auditory Processing Disorder)

Hallo Pak Taufik,

Terima kasih atas petunjuknya mengenai metode samonas.

Waktu didiagnosa, dokter tidak menyebutkan apakah itu mild, moderate atau severe. Mungkin karena anak-anakku masih early age ya (2thn). Sekedar bapak tau, bahwa anak2ku sama sekali belum pernah mendapatkan test klinis seperti BERA, MRI dll.

Saya masih takut kalau anak2ku harus kena obat bius dalam usianya yang masih sangat muda ini. Sampai sekarang, sebenarnya saya pun masih bingung, proses pemeriksaan seperti apa yang harus saya lakukan untuk mengetahui bahwa anakku memang benar2 CAPD. Anakku didiagnosa CAPD setelah 30 menit assesment saja. Selebihnya, saya cari tau sendiri lewat internet, buku2 dan sumber informasi lainnya mengenai apa itu CAPD dan memang, perilaku anak2ku mengarah kesana.

Mungkin Pak Taufik atau teman2 milis bisa beritahu saya, harus mulai dari mana proses pendeteksian masalah tumbuh kembang ini?

Apakah cukup hanya dengan assesment saja (tanpa ada tindakan klinis) lalu kita lihat perkembangan mereka dari terapi2 yang mereka dapatkan?

Saya dengar ada test DNA rambut segala?

Saya benar2 masih awam dalam hal ini. Mohon bantuannya. Terima kasih.

Regards,

Hatra

----- Original Message -----

From: Taufiq Hidayat

To: peduli-autis Puterakembara

Subject: Re: [Puterakembara] - CAPD (Central Auditory Processing Disorder)

Hallo Ibu Hatra,

Untuk tes klinis indera pendengaran selain BERA, setau saya sudah ada di

salah satu RS internasional di daerah Ciputat-Bintaro, kalo ngga salah namanya Otto Acoustic Test.

Coba ibu check via internet mengenai auditory milestone, mungkin ada sesuatu yang bisa menjadi pertimbangan tentang pertumbuhan dan perkembangan auditori Adam dan Rudy.

(quote) Apakah cukup hanya dengan assesment saja (tanpa ada tindakan klinis)

lalu kita lihat perkembangan mereka dari terapi2 yang mereka dapatkan?

saya rasa bu, assesment merupakan pemeriksaan awal yang menentukan langkah yang perlu diambil selanjutnya. sangat baik jika ibu memiliki (jika boleh saya bilang) kehausan akan informasi berhubungan dengan perkembangan Adam dan Rudy. karena pasti banyak hal yang bisa ibu dan keluarga lakukan di rumah yang mensupport goal terapi bagi para buah hati tersayang seperti program terapi untuk di rumah ada beberapa rutinitas yang dapat meningkatkan kemampuan komunikasi.

salam

taufiq

----- Original Message -----

From: Hatra Nuzul

To: peduli-autis Puterakembara

Subject: Re: [Puterakembara] - CAPD (Central Auditory Processing Disorder)

Terima kasih ya Pak Taufik, atas segala info-nya. Sangat berguna sekali untuk saya.

Karena terus terang saja... agak sulit untuk saya bertukar fikiran dengan orang lain selain dokter tentang CAPD ini. Karena kebanyakan para ortu senasib atau teman2 saya hanya familiar dengan masalah Autis, ADHD, ADD saja. Tapi saat aku tanya mengenai CAPD, banyak yang masih belum paham sehingga sulit untuk mendapatkan informasi yang lebih real dan bukan hanya teoritis saja.

Seandainya ada teman2 milis yang anaknya didiagnosa sama seperti anak2 saya (CAPD), saya akan sangat menghargai bila mau berbagi pengalamannya kepada saya. Terima kasih.

Regards,

Hatra

Total visitors from 2000 to March 2012 : 2,098,400 - Puterakembara 2012
interaction with this site is in accordance with our site policy