Communication

12/24/2006

----- Original Message -----

From: Cici K

To: peduli-autis Puterakembara

Subject: [Puterakembara] communication

Kadang2 saya kalau lagi sibuk terus suka lupa bilang mau pergi kemana sebelumnya sama anak2.. kalau anak JJ Mom, Ja sudah bagus yah kaerna sudah verbal..jadi bisa tanya2. Mau kemana.

Lah kalau Tatsuya masih belum verbal..paling2 kelihatan dari ekspresi muka nya aja kelihatan bingung hehehheehe...terus kalau dia tidak suka sama tempat nya dia mogok, jongkok di depan pintu masuk..yang ada saya ikut2an jongkok juga tungguin dia sambil ngerayu untuk masuk...dan meyakinkan dia kalau tidak akan ada apa2 karena ada mama disini sama2..

Hahahaha kalau Ja sudah bisa mengeluh lucu yah..sampai rumah mesti dapat pujian yang banyak dari Mom and Dad nya..karena sudah bisa antri ria dan naik taksi dengan tenang.

Salam,

Cici J. (mamanya Tatsuya autis kelas 6th 10 bulan)

----- Original Message -----

From: JJ Mom

To: peduli-autis Puterakembara

Subject: [Puterakembara] communication

Soal buku2 tentang komunikasi, hiya yang itu itu lagi la, More Than Words, It Takes Two To Talk, terus CWSN-nya Greenspan-Weilder ada kan tertulis banyak soal komunikasi, terus ada buku2 Linda Hogdon, etc etc.. hiya.., kalau suamiku lihat saya bawa buku ke toilet, pasti dia marah lagi, too much theories, yang satu2 itu dijalankan dulu, jangan terlalu banyak "ini itu", jadinya "itu ini". Hiya, seandainya semuanya bisa dilakukan secara konsisten, persistent, make itu fun, enjoyable, applicable, meaningful, functional, etc..etc..., si anak akan... hhmmm... easier to say than to get things done...

Btw, tadi si Ja di-assess, waduh.. mennyejukkan hati juga, ini yang assess ini third party, yang tak pernah berinteraksi secara intensif dengan Ja, katanya foundation skills si Ja bagus sekali. Nah, what is foundation skills? Kayaknya sudah pernah saya share di milis ini. Apalagi dilihat laporan2 Ja tahun lalu yang hancur2an. Btw, assessment-nya gratis, oleh Ms. Salwanizah Mohd. Said, she is one of the best, dulu di-trained oleh Vera Bernard. Hehehe..., if you want to see my girl, you may see her at one of Ms. Vera teaching sessions (in Europe and US), but they won't mention name

la.

Salam,

jjmom

----- Original Message -----

From: Cici K

To: peduli-autis Puterakembara

Subject: [Puterakembara] communication

Ikutan nimbrung.. btw koq ya persis sama apa yang dibilang suami JJ mom big grin dengan bapak nya Tatsuya. Dia juga suka bilang gitu..jangan terlalu banyak teori, baca banyak buku boleh tapi mesti hati2 juga artinya mesti konsist sama yang satu dulu kalau sudah sukses baru kejar target yang lain..seperti misalnya dalam hal table manner, yang kelihatannya gampang tapi masih susah banget untuk disiplin..bagusnya kan kalau waktu makan :

-dari awal sampai akhir harus duduk,

- waktu makan pakai sendok atau sumpit/garpu (tdk comot pakai tangan) termasuk kalau mau ambil lauk

- tidak boleh asal comot punya orang lain disebelah (kalau pun mau harus bilang 'tolong' dengan pakai gesture tentunya)

-habis makan harus bisa membereskan piring kotor ke tempat cucian piring

-habis makan tidak boleh makan kue artinya waktu makan harus kenyang

Terus suami bilang aturan2 penting yang ini aja masih susah ..kadang sukses kadang gak jadi artinya mama (maksudnya ke saya) gak usah pusing2 atau khawatir kalau merasa terlalu ketinggalan theory hehehehe...pikir2 bener juga yah..

Mungkin setiap anak lain2 yah kalau saya koq perasaan Tatsuya lama sekali perkembangan tapi justru bapaknya bilang gak..justru Tatsuya sudah banyak sekali majunya sekarang beda..malah kadang muji (apa karena saya di rumah jadi gak perhatikan) tapi memang kalau di pikir2 iya juga..(spt yang ibu Linda dan JJ Mom pernah bilang gak ada perkembangan yang flat atau rata)

Sekarang dia biar belum ngomong tapi dia mengerti apa yang kita ucapkan, lebih disiplin dari adiknya (mis. kalau naik mobil selalu pasang shift belt sendiri, buka/tutup mobil sendiri), kalau ke toilet gak pernah lupa mematikan lampu toilet setelah selesai, bantu bawain belanjaan dari bagasi ke dalam rumah), bereskan sepatu ke rak sepatu sendiri (walau kadang mesti di ingatkan), waktu mandi dia bisa shampoo-an sendiri (tahun yang lalu dia paling gak suka kalau mukanya kena air apalagi shampoo-an big grin), tapi repot nya dia dan suka bikin sutris dia suka banget sama air ..kalau libur sekolah sampai kadang berjam-jam main air sampai 6-7 kali ganti baju sad(

And selamat yah untuk Ja dan JJ Mom senang sekali membacanya sudah banyak progress yang luar biasa...

Salam,

Cici J. (mamanya Tatsuya)

----- Original Message -----

From: JJ Mom

To: "peduli-autis Puterakembara"

Subject: Re: [Puterakembara] communication

Ibu Cici, ini baru namanya major improvement, banyak lho anak2 NT yang tidak bisa melakukan hal2 yang bisa dilakukan oleh Tatsuya. Seperti, table manner, bahkan cuci tangan..etc... ini susah banget, life skills lebih susah dari akademik, mau muntah darah deh. Self help skill is my priority now. Kalau akademik, disaat si anak ready, bisa nangkap cepat deh. Buktinya tahun lalu, saya mati2 ngajarin Ja membaca (gara2 EIP dari sekolah juga ada reading), wek wek.. deh.. habisin waktu dan tak berfungsi lagi..sekarang.. reading is not an issue at all, karena he is ready.. razz imagine... anak usia 3 tahun learn reading??? what for??? what is the function?? buat keren2an boleh la...tapi saya lebih suka my boy can wash his own buttock before he can read! Ooooh... my biggest mistake last year!

Soal air.., iya iya...saya juga punya masalah yang sama dengan anak perempuanku, bahkan parahnya dia juga ngga tahan lihat IKAN...! GGGRRRRRRR....

Salam,

jjmom

----- Original Message -----

From: DC

To: peduli-autis Puterakembara

Subject: Re: [Puterakembara] communication

Dear Ibu dan bapak milis,

Ikutan juga nich kasih comment mengenai perkembangan anak anak kita. selamat buat perkembangannya loch...aku juga bangga walau sekecil apa juga progress anak kita. pasti senengnya ampun ampun ... joshua juga sama nich dia nggak tahan liat shower di kamar mandiku nyala pasti dech langsung ide sendiri buka baju and langsung mandi kalau itu shower nyala 10 kali josh juga bakalan mandi 10 kali. sama liat ikan di akuarium senangnya minta ampun.

Joshua sekarang sudah 3.8 tahun dan sudah bisa berkomunikasi melalui PECS tetapi masih non verbal aduh pengen banget denger suaranya ngomong tapi emang harus sabar yach kadang kadang suamiku yang nelongso mau denger dia bicara. mungkin joshua belum siap kali yach...pokoknya aku keep hoping and praying.

Aku juga setuju dengan jj mom untuk anak anak kita lebih baik kita ajarkan self help buat dirinya lebih dulu agar bisa mandiri. kebayang nggak sich kalau seumur hidup dia nggak bisa helping dirinya sendiri wach nggak tahu dech.

so parents keep your hope up.....

dona

----- Original Message -----

From: Cici K

To: peduli-autis Puterakembara

Subject: Re: [Puterakembara] communication (main air)

Ibu Dona dan rekan milis,

Memang sebagian besar anak2 ASD suka sekali sama air, katanya air membuat feeling mereka tenang .. selain air juga lumpur tanah dan sobekan kertas..

Kalau di sekolah tatsuya guru2 menggunakan timer jadi gak melulu main air..timer di set 10-15 menit dan gurunya bilang cara ini lumayan efektif jadi kalau timer nya sudah bunyi terus guru nya bilang 'selesai' dia sudah mengerti tapi ya itu kalau di rumah masih susah..tapi tetap saya jatahkan mis. setelah 30-40 menit untuk 'break' trus istirahat sebentar (10-15 min.) terus kalau dia mau main yah hayo..dst..dst..tp tetep di batasi waktunya..

Atau saya alihkan ke yang lain (jalan2 ke taman, pergi belanja, baca buku, lihat video atau hal2 yang dia suka) tapi ya itu bu..mesti ulang2 kasih tau nya ..kadang dia menolak juga (masih ingin main air) tapi kita juga harus meyakinkan dia kalau semua ada waktu dan batas nya...

Mungkin untuk Joshua bisa di coba juga bu mumpung masih kecil...jadi mungkin di kurangi sedikit2 showernya tidak sampai 10x sehari big grin..

Iya keep spirit ..keep health ..keep strong..

Salam,

mamanya Tatsuya (autis kelas 1 sd Ueda Yogo Gakkou)

Total visitors from 2000 to March 2012 : 2,098,400 - Puterakembara 2012
interaction with this site is in accordance with our site policy