Apa ada hubungan speech delay dengan


gangguan pencernaan?

10/10/2006

----- Original Message -----

From: "Lindawati"

To: peduli-autis

Sent: Thursday, August 31, 2006 5:55 PM

Subject: [Puterakembara] ingin bertanya hub speech delay dgn gangguan pencernaan

Dear parents,

Saya adalah ibu dari seorang anak laki, 2 tahun 9 bulan, yang didiagnosa speech delay oleh beberapa terapist yang telah saya datangi. Telah menjalanin terapi SI dan Terapi wicara selama 5 bulan, perkembangannya tidak terlalu significant menurut saya, karena sampe sekarang dia masih suka bubling dan tidak bisa mengunyah makanan, kadang bisa bicara jelas, scr spontan aja, spt pada saat bermain ( one, two, three, asyik, mama, papa, apa, 'bak' untuk tembak, 'ta' untuk minta ) dan verbalnya itu keluarnya scr spontan, spt dibawah sadar dia. Jika dia diprompt untuk bicara, dia tidak mau menirukan dan keliatan susah mengeluarkan kata2.

Problem anak saya adalah:

1. Dia tidak bisa mengunyah makanan, sehingga kalau makan harus dibantu dengan air. Perkembangan sekarang dia sudah bisa makan roti tawar/bluder, tetapi harus dicuil kecil2. snack fugu juga bisa, tapi diremes2 kecil, terus dia masukin tepat diatas lidah, dikunyah dan ditelan. Jika besar sedikit lsg disembur keluar. Kalau saya perhatikan cara makan dia pada saat makan nasi adalah dikunyah dengan gigi depan, 2 kali terus lsg di telan, itupun hrs dengan bantuan air. jika tidak diberi air, maka dimuntahkan, disembur keluar. Makanannya sekarang adalah nasi dicampur dengan soto, rawon, semur , dll makanan yang berkuah dimana dagingnya dicacah halus atau di presto.

2. Tidak bisa minum air dingin. selalu minta susu hangat cenderung panas. Tidak mau ice cream, puding, jelly. Hanya suka makanan dan susu hangat. Dingin pasti disembur keluar.

3. Tidak bisa makan permen.

4. Ada kontak mata, tapi rentang konsentrasinya pendek, sehingga keliatan bosan. Spt bermain puzzle, dia mau main rata2 5-10 menit, paling lama 15 menit , apalage kalau sudah bisa, lsg ditinggal pergi cari maenan baru. Gampang bosan. Menurut terapistnya bukan hiperaktif, karena bisa tenang duduk mendengarkan instruksi, tapi gampang bosen. Sudah bisa diprompt untuk membuang sampah, lepas sepatu, pasang sepatu, lepas kaos kaki, ambil handuk. Bisa memberi greeting dengan tangan misal melambaikan tangan, kiss bye, shake hand ( mengajak salaman kepada orang baru ).

3 minggu yang lalu saya mengajak anak saya ke seorang psikiater di sby karena saya berdomisili di sby. Menurut dokter tersebut, anak saya harus ditest darah, urine dan rambut. Untuk mengetahui adanya alergi makanan, gangguan pencernaan dan timbal. Dokter tsb juga memberi obat yg mengandung risperdal, tetapi tidak saya berikan ke anak saya karena saya takut . Sekarang saya lagi menunggu hasil test darah dari dokter tersebut untuk mengetahui alergi makanan. test urine dan rambut masih belum dilakukan.

Pertanyaan saya

1. Apakah gangguan speech delay itu ada hubungannya dengan gangguan metabolisme pencernaan? Apakah test2 yang disarankan dokter tersebut harus saya jalani semua? apakah anak saya perlu diet GF/C ? sejak bayi sampe 2 tahun dia tidak ada gejala alergi. 1 bulan ini dia batuk pilek dan kata dokter anak, dia alergi debu. Gejalanya apa kl anak itu alergi glutein dan casein?

2. Apakah diperlukan terapi biomedis untuk anak speech delay?

3. Terapi apa yg diperlukan agar anak saya bisa mengunyah makanan dengan benar?

4. Apakah ada gangguan dengan oral motorik di mulut anak saya sehingga tidak bisa mengunyah dan makan makanan dingin? saya sudah check ke dentist, katanya giginya bagus tidak ada yang lubang, bentung rahang gak masalah. lidah bisa menjulur keluar, bisa keatas. Saya juga sudah ke dokter neurologist, katanya motorik anak saya tidak masalah. Anak saya bisa tengkurap di usia 3.5 bulan, merangkak 5 bulan, duduk 6 bulan, berdiri 9 bulan dan 11 bulan sudah bisa berjalan 5 langkah. Fase2 pertumbuhaannya normal, waktu tidurnya teratur, siang 2 jam, malam 10 jam. Sejak usia 6 bulan sudah bisa tidur sampe pagi ( tidak bangun minum susu malam hari). Pendengarannya tidak masalah, karena dia bisa respond dengan non verbal.

Maaf panjang sekali email saya, tetapi saya benar2 bingung dengan kondisi anak saya, karena sudah mendekati 3 tahun kenapa belum lancar bicara spt anak2 laen. bisa cerita, bisa komunikasi verbal 2 arah. Mohon advice dari rekan2 orang tua, yang pernah mengalami kasus spt anak saya yg tidak bisa mengunyah makanan dan belum lancar berbicara. What should I do for my son?

Terus terang kondisi ini membuat saya stress. Banyak yg bilang anak saya normal, tidak ada masalah, tetapi menurut insting saya, anak saya ada problem.

Salam,

Li

Mamanya Nicholas, speech delay, 2 th 9 bulan

----- Original Message -----

From: EH

To: peduli-autis

Subject: Re: [Puterakembara] ingin bertanya hub speech delay dgn gangguan cerna

Bu Lin,

1. Setuju dgn ibu, jangan dikasih Risperdal & obat penenang lainnya. Dgn SI sudah cukup, asal kita RAJIN kerjakan PR-nya di rumah (jangan hanya di tempat terapi)... Pengalaman anak saya yg terlalu lama mengkonsumsi Risperdal, bukan jadi tambah bagus... Malahan hati2 dg efek sampingnya. Apalagi kalau anak ibu hanya speech delayed (tapi ini kata terapis ya? Bukan dokter).

2. Pernah sy ketemu anak speech delayed dalam 10 bulan terapi kemajuannya baik sekali. Padahal orang tuanya tdk mampu... (terapi hanya 3 kali seminggu), tapi ortu & anggota kelg. yg lain rajin mengajak bicara... (bicara yg singkat & jelas. Kalimat yg terdiri 2-3 kata dulu... Jangan yg panjang2 dulu! Misalnya : Sudah cukup? Mau lagi? Pilih mana? Mau ke mana?)

3. Mengingat usia anak ibu masih 2 thn-an, BAGUS sekali dong kalau dia tidak mau minum yg dingin2... Juga kalau dia tdk suka ice cream, pudding, jelly, permen..., itu malah bener..! Ibu belum tahu bhw anak2 autis tdk boleh makan makanan yg mengandung perasa, pewarna, pengawet, pengembang...?

4. Bagus ya anaknya? Sudah bisa mengerjakan perintah2 sederhana... Utk anak umur segitu baik sekali... (Saya ingat anak saya dulu, disuruh ambil koran saja belum bisa... Apa itu "koran" - apa itu "ambil", dia belum ngerti pd usia 4 thn... Sedih banget ya). Bisa konsen 10-15 menit utk satu puzzle itu mah baik sekali Bu (utk anak umur segitu lho)!

Jangan2 mainannya yg kurang? Juga diselingi dgn main tapi yg bergerak badannya (lari, main sepeda, SI, senam otak). Bacakan buku2 sederhana (sedikit tulisan). Juga ajak dia berteman dgn anak tetangga, atau sepupu... Juga ajak bermain pura-pura-an (bertamu, masak2an) dgn ditemani ibu atau susternya...

Semoga berguna...

Salam, Eve

----- Original Message -----

From: Els

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] Fw: ingin bertanya hub speech delay dgn gangguan cerna

Mengenai ngak bisa makannya, sama... seperti anak saya... tapi anak saya kemudian kehilangan kemampuan berbahasanya., yang juga cuma sedikit. Jadi agak amazing sebenarnya kalau anak ibu Lind jarang bicara tetapi kadang2 kata2 bisa keluar dengan spontan dan tidak lengkap. Tidak terlalu bemasalah dengan neurologinya. Bisa diajar dengan mudah, berarti mengerti instruksi... Anak saya mengalami episode dimana kucing tetangga saya kelihatannya lebih pintar daripada dia. Karena lebih bisa diajar..bisa mengerti.

Memang mungkin autism mengingat begitu bervariasinya anak yang satu dengan yang lainnya, tapi coba cek juga apakah ada kemungkinan kalau Apraxia. Apraxia juga punya permasalahan2 yang agak mirip2 autism. Yang jelas kelihatannya bukan Oral-motor weakness atau dysarthria, ini juga banyak terjadi pada anak2 yang terlambat perkembangannya pada berbagai macam2 kelainan/syndrome. Biasanya bisa dilihat juga dari dagunya agak kotak dan jatuh. Yang jelas yang mana saja, nantinya akan membutuhkan terapy2. Ibu Lind kelihatannya cukup cepat tanggap dan perasaannya sebagai ibunya tepat waktu. Memang ibulah yang paling tahu kalau anaknya ada kelainan, entah apa kata orang lain,. Cari sampai ketemu apa itu, kemudian berikan perawatan yang sesuai. Yang jelas memang harus ke ahlinya, hubungi dokter dan psikolog untuk berkonsultasi. Mungkin ibu2 disini mungkin bisa menambahkan lagi kalau ada lain2nya.. bu Lilis, bu Ani, bu Ita, bu Linda, bu Rosita, silahkan bu.. Dan jangan lupa, tips2 dari bu Eve bagus sekali.

Salam hangat, Eli

----- Original Message -----

From: LH

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] RE: ingin bertanya hub speech delay dgn gangguan cerna

Selamat bergabung Bu Lind...

Kita sama-sama Linda-nya dan sama dari Surabaya juga..

----- Original Message -----

From: Taufiq Hidayat

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] Re: ingin bertanya hub speech delay dgn gangguan cerna

Dear Ibu Linda,



Ada beberapa cara yang mungkin ibu dapat lakukan dirumah untuk mambantu nicholas dengan kesulitan yang dihadapinya.



Dia tidak bisa mengunyah makanan, sehingga kalau makan harus dibantu dengan air. Perkembangan sekarang dia sudah bisa makan roti tawar/bluder, tetapi harus dicuil kecil2. snack fugu juga bisa, tapi diremes2 kecil, terus dia masukin tepat diatas lidah, dikunyah dan ditelan. Jika besar sedikit lsg disembur keluar.

1.gunakan sedotan untuk minum, jika pada ujungnya selalu digigit atau bibir kurang mampu menutup sempurna saat menghisap, masukan sedotan sedikit lebih dalam (1/3 lidah kedalam).

2. desain permainan yang memungkinkan untuk melakukan menghisap dan meniup, ex. balon tiup, peluit, busa dll.

3. jika makanan seperti puding nicholas tidak mau, coba diblender lalu kombinasikan dengan susu hangat yang biasa ia minum (sedikit demi sedikit).

4. menggunakan ujung jari ibu tekan bagian atas gigi atau gusi satu persatu dan dimulai dari tengah mengelilingi gigi dan kembali berhenti ditengah (butuh beberapa kali mencoba namun jangan dipaksa) lakukan sebelum dan sesudah makan.

5. saat makan jenis makanan yang susah coba menggunakan sendok yang lekukannya lebih kecil, dan saat makanan sudah didalam mulut biarkan nicholas yang menariknya.

6. perkenalkan variasi rasa, manis, asam, asin dll, tidak harus selalu dalam bentuk makanan yang dikonsumsi dlm jumlah besar, namun untuk memberikan input rasa yang beragam.

7. ada mainan anak yang mengeluarkan getaran setelah talinya ditarik. saat dimainkan dekatkan pada pipi dan rahangnya, perhatikan saat ia mencoba.



salam

taufiq

----- Original Message -----

From: MA

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] Re: Fw: ingin bertanya hub speech delay dgn

Dear Ibu Lin,

Keadaan anak ibu, mengingatkan saya atas apa yang telah saya lalui beberapa tahun silam. Bu , Jangan putus asa dan binggung. Dulu saya mengalami hal yang ibu alami juga dan saat ini madeleine anak saya sudah mampu mengerti apa yang kita katakan, sudah bicara walaupun terbatas.

Hal yang pertama yang saya dapat katakan adalah , ibu cari dulu dokter specialis yang benar , yang mampu menangani anak ibu dengan baik, benar, dan terarah.

Pengalaman saya dulu, kalau juga saya bisa ceritakan :

Pertama saya juga bingung atas apa yang harus saya lakukan , dari mencari dokter yang tepat sekalipun saya juga sudah bingung. Sampai akhirnya saya direkomendasikan ke beberapa dokter, trus ikut terapi dsb.

Sampai juga pada tahap seperti yang ibu alami sekarang , bahwa bertanya kenapa gak ada kemajuan. Akhirnya saya mendaftarkan ke dokter Melly Budhiman di OMC kelapa Gading. Waktu itu saya harus menunggu 3 bulan untuk mendapat giliran mendapat konsultasi. Pada saat menunggu saya lakukan diet yang tak beraturan kepada anak saya (saking paniknya).

Trus setelah mendapat jadwal konsultasi , anak saya mulai diberikan beberapa suplemen - suplemen khusus. Suplemen ini menunjang gizi dan asupan makanan

yang kurang dapat dicerna dengan baik. Diet CFGF dijalankan , tapi saya tetap bertanya karena ada hal keanehan bahwa berat badan yang tidak naik dan indikasi memuntahkan makanan . Sejalan dengan waktu beberapa kali konsultasi, saya utarakan dengan dokter melly dan beliau merekomendasikan saya ke Dr Eva ( ahli pencernaan) di RS Harapan Kita. pada dokjter pencernaan anak saya di Endoscopy dan Laparoscpy . Lalu ditemukan luka - luka pada usus, dan abnormal bentuk lambung, dan adanya H.Pylori infection . 2 Tahun saya berjuang untuk memperbaiki pencernaannya dari pengobatan luka, pembersihan bakteri ,dan akhirnya anak saya di Endoscopy dan Laparoscopy ulang dan hasilnya organ pencernaan membaik.

Namun sejalan dengan itu, saya juga melihat bahwa tidak semua suplemen cocok

dengan anak saya . Ada beberapa suplemen yang tidak bisa diberikan kepada anak saya ,dan bereaksi burut terhadapa prilaku. Saya banyak belajar sendiri dari internet dan komunikasi antar millis.

Setelah pencernaan membaik dan suplemen yang diberikan ideal. Prilaku madeline mulai membaik dari yang sperti dialami terdahulu.Namun dia belum bisa bicara (umur udah 4 tahun) , berat badan juga gak meningkat ..padahal makannya sebakul dan 6 x sehari.

Selain itu , anak saya melirik matanya ..saya bawa ke dokter mata dan memakai kacamata. Ditemukan cylinder.

Sebagai ornag tua , ada perasaan was- was karena saya melihat anak anak orang lain seumur madeline yang autis juga sudah bicara. Pada saat Family Gathering , saya tahu bahwa anak saya sangat terlambat sekali dibandingkan dengan anak lain seusianya yang autis.

Setelah fisik dan keuangan mendukung untuk dilakukan program kelasi, maka anak saya mengikuti program kelasi di umur 5.5 tahun. Dan saat diberikan DMSA untuk kelasi yang terjadi pertama kali adalah : BERAT BADAN NAIK , dia semakin gemuk .(hal ini katanya logam berat itu juga yang memperberat organ pencernaan).

Dan setelah logam berat bersih dari darah, tahap kelasi berikutnya diberikan

ALA dan setelah pemberian ALA 2 x deh ..ANAK saya berbicara , dan makin hari

sekarang bicarannya makin banyak. PENGERTIAANNYA MAKIN BAGUS, dan bulan terakhir ini ada lagi perkembangan di MOTORIK HALUSnya ..bertahap kelihatan.

Sekarang dia lagi banyak mencoba bicara dan meniru pembicaraan seperti anak normal usia 2 tahun. Saat ini dia umur 6 tahun 9 bulan. (HAMPIR 7 tahun).

Pengalaman ditolak sekolah, pengalaman mendapat terapis yang salah, berantem

dengan terapi,berantem dengan sekolah , kebingungan , frustasi, putus semangat sudah saya jalani...

Saya hanya pesan dengan ibu, jangan putus asa walaupun kita lihat anak kawan

- kawan kita melaju pesat dalam perkembangan pengobatan tapi pergunakan

waktu dan kesempatan tetap berusaha..MAJU TRUS....

-

carilah dulu team yang tepat untuk penanganan anak ibu. Mungkin berdiam diri dulu dan pakai nurani kita sebagai orang tua sambil berdoa untuk memulai langkah adalah cara yang terbaik juga untuk ambil nafas dan kemudian bertenaga lagi...

Dukungan teman - teman dalam millis ini sangat berarti juga , kadang bila lagi BT dalam mengikuti perkembangan anak kita ...berhenti dulu dan tenang aja (CUEK dikit) membuat kita punya energi lagi....

Oke bu, perlu saya tambahkan bahwa dokter memberikan Rispedal karena anak saya memang sangat kurang dapat dikendalikan waktu itu. Namun dengan sejalannya proses dan anak dapat dikendalikan (tenang) ..RISPERDAL dihentikan. Jadi jangan juga anti RISPERDAL , tapi lihat juga bahwa keadaan anak kita saat ini bagaimana.

Demikian Bu, cerita saya mungkin bisa menjadi penambah semangat ...Jangan putus asa bu..maju trus...

Sedikit menambahkan , mungkin juga kesulitan menelan makanan atau ketidak

sukaan pada makanan keras ,lembek atau seperti jelly . mengindikasikan juga

adanya permasalahan pada Sensory mulut atau rasa. Mungkin teman - teman kita

yang jago sensory bisa menambahkan dan membantu ??????

Best Regard,

Mar

----- Original Message -----

From: AP/IP

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] Re: ingin bertanya hub speech delay

Ada pengalaman dengan anak temen saya, Sampai umur 4-5th masih makan di blender semua, nggak mau ngunyah, minum susu aja kayak dicekokin gitu. Awalnya dipikir karena masalah sensori, karena si anak dikasi agar2 diparut aja bisa bilang "rasanya kayak pasir di mulut" Tapi ternyata ditemukan (oleh terapis OT/SInya) bahwa sendi rahang nya terlalu tight (mengunci) sehingga gerakan mengunyah jadi cukup menyakitkan buat si anak

Mungkin bisa untuk bahan masukan

semoga membantu.

Ira

Total visitors from 2000 to March 2012 : 2,098,400 - Puterakembara 2012
interaction with this site is in accordance with our site policy