Diet dan Enzym (Bepergian tapi tetap diet?)

10/10/2006

----- Original Message -----

From: TK

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] Diet dan Enzym

Aku mau tanya dong.....

enzym yang diberikan pada anak2 alergi itu berupa apa dan apa namanya ?

apakah dengan makan enzym tersebut, bisa mengurangi efek negatif bila dia makan makanan yang termasuk dalam daftar dietnya.. seperti terigu, susu, telur dll?

apakah di konsumsi terus menerus, atau bila kita melanggar diet saja ?



anakku, darren sedang mengkonsumsi exelase yang diresepkan oleh dr MB, sehari 3x sebelum makan...katanya itu enzym juga....beli di apotik sampai hari ini darren masih diet ketat....kasian juga.. apalagi kalo di sekolahnya ada yang ulang tahun.. ( bawa kue ultah,potong kue lalu bagi2......dia udah bisa ngomong..."kue..kue....darren mau kue...."..aduh sedih banget..dengernya...aku sampai minta gurunya u/ tidak makan kue ultah sama2 di kelas...di bungkus bawa pulang aza...untung ortu2 yang anak nya di ulang tahunin mau ngerti juga, ...makanya kalo ada yg ultah..aku suka ngga dateng....ngga tega!) trus.. kalo pergi2 juga..jalan2 ke mall misalnya...wah... ke jakarta setengah hari aza.. bawaannya kayag orang piknik se rumah.. bawa bekal nasi plus lauk pauk nya 2 set, buah potong nya, susu nya, cemilannya...juicenya ....heboh deh....

jadi kalo mau pergi2... harus sudah ada jadwalnya..ngga bisa dadakan... aku sampai ngga berani ngajak pergi ke luar kota selain jakarta...apalagi nginep2..wah..bingung cari makan nya



sekian, terima kasih... ditunggu info nya...

( oh ya.. aku juga inget cerita ibu ita..yang belum lama ini bawa ikhsan makan pizza....untung bawa enzym.....nah.. kemaren2 aku udah mau nanya.. tapi kelupaan tuh..)

mama darren, bogor

----- Original Message -----

From: Lus

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] Liburan tapi tetep diet ? (was: enzym)

Saya juga dulu ngalamin hal yang sama dengna Gavin... Sampai sekarang malah smile

Gavin diet dari umur 1,5 tahun... Untung sekarang sudah banyak makanan diet, Seperti abon, kerupuk, kue kering (kalau darren gak alergi telur). Bahkan ada kue tart GFCF, jadi Gavinkalau ultah saya bikinkan tart itu (setiap tahun pasti pesan) jadi dia tetap bisa rasakan ultah pakai tart dan hiasan2.. smile

Kalau ultah temennya di Kentucky, saya bawakan ayam kentucky GFCF, ayam yang

dimasak pakai bread crumbsnya GFCF, jadi gak beda ama makanan temen2nya.

Kalau mau pergi keluar kota.. bikin bakso (ikan, ayam, cumi, sapi, udang, kombinasi bakso ayam wortel dan bihun, dll) baksonya di bekuin dulu, begitu sampai di hotel lagnsung masukin kulkas dan tiap pagi bikin sup tinggal tambah kuah kaldu smile. Terpaksa kalau nginep bawa panci d. Apalagi sekarang ada kompor listrik yang seperti dari bahan kaca - saya liat dijual di depan makro kelapa gading. Nasinya pesen restaurant di hotel. Bawa abon dan buat bread dari rumah. Kami sekeluarga kalau pergi selalu cari hotel yang bisa masak2.. (semi apartment gitu). Kalau sudah terbiasa gak repot2 amat dan si anak bisa tetap enjoy pergi libur. Kasian bu kalau Cuma gara-gara diet Darrel jadi gak diajak kemana2..

Perasaan waktu kakak Gavin yang normal umur 3 tahunan kemana2 juga kayak mo

pindah... bawaannya segudang hehehe... (sampai saya beli tas beroda untuk bawa anak2 jalan2 ke Mall ajah, kalo gak kasian mbaknya keberatan. Kalau mau nanya hotel2 japri aja kali ya smile mulai mo liburan nich soalnya... Gavin sampai sekarang masih minum enzym juga. Namanya multi enzym with DPP IV keluaran Kirkman. Pernah nyoba Exalase, tapi gak cocok sad sehari dua kali.

Lusi (mami Gavin 7 tahun, Gabby 10 tahun)

----- Original Message -----

From: TK

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] RE: Liburan tapi tetep diet ? (was: enzym)

Thank you banyak bu Lusiana buat sharingnya...



sorry, ada pertanyaan lagi,..bu. tau kalo exelase atau enzym itu cocok apa ngga, gimana yah? darren tuh keliatannya ngga ada efek apa2 makan atau tidak makan ( kadang suka kelupaan , apalagi kalo makan siangnya di sekolah) kalo enzym yg pertama kali dikasih ( diresepkan dr MB juga, campuran trypasym, cotazym dll)..darren ngga mau makan...dimuntahin, agak berbau amis..



boleh juga mengenai ide liburannya....aku sih kepengen kapan2 pergi, kasihan kakak darren juga ngga pernah jalan2....tapi papanya...lebih ngga tega-an...

kalo jalan2 ke mall, waktunya makan aza...dia bisa jadi sedih..ngeliat anaknya makannya ngga bisa sama dengan orang lain...ngga bisa seru kayag kakaknya bisa nyoba ini itu.....( hilang nafsu makan....padahal dulu dia hobi nyoba2 makanan baru..)



sekian

mama darren, bogor

----- Original Message -----

From: Lusi

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] RE: Liburan tapi tetep diet ? (was: enzym)

Tiap anak macam2 reaksinya bu... Kalau Gavin, salah makan apapun reaksinya ke behaviour dia, mendadak jadi aktif... Moodnya gak karuan, bisa tiba2 marah tanpa sebab yang jelas smile Soal Darren gak bisa makan-makanan di mall, believe me he doesn't miss much. Karena saya termasuk orang tua yang gak suka kasih anaknya junk food sering2... Kakak gavin yang NT ajah kalau jalan2 di mall jarang saya ajak makan di restoran baru 2-3 tahun belakangan ini ajah. (sekarang dia sudah 10 tahun umurnya) jadi kalau kita pergi kemana2 bawa makanan buat dua anak he...he...he... makanya ke mall gak pernah lebih dari 3 jam. Karena anak2 juga keburu gak betah. Di mall artha gading di dalam ace hardware ada restaurant Yogi yang pakai sayuran organic dan tanpa MSG. Disitu saya baru berani kasih gavin makan (itu juga baru 1 tahun yang lalu smile )

Bilang papa Darren itu gak papa, yang penting anaknya sehat dan bisa ikutan jalan ke mall sekarang juga ada susu beras merk natural kalo gak salah yang kemasannya per 250ml (kayak susu ultra) jadi anak saya bisa ikutan minum susu yang mirip kayak yang diminum kakaknya atau anak2 lain. Rasanya macam2 ada vanilla, coklat/carrob ato natural smile belinya juga di Yogi rest itu smile

Ada jelly yang GFCF juga bentuknya kaki ato beruang2an.. kalo gak alergi soy

banyak juga biskuit2 ato malah ada eskrim soya yang bebas susu. Ada cereal

juga smile

Happy hunting makanan dech.

Lusi

----- Original Message -----

From: DP

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] RE: Liburan tapi tetep diet ? (was: enzym)

Ga usah terlalu khawatir soal makanan kalo pegi-pegi. Repotnya pas anak kecil aja koq. Kalo udah remaja, biasanya metabolisme lebih baik, atau anak juga lebih paham sehingga gampang dikasi pengertian.



Lha wong anakku yang ga bisa makan nasi aja bisa koq jalan-jalan kemana-mana

.. Apalagi anak-anak yang bisa makan nasi. Nasi dengan lauk kan bisa diperoleh dimana-mana? Jangan apa-apa junk food -lah...Ga baik buat kesehatan

Si Ikhsan sekarang udah bisa diajak jajan, tapi dianya yang ga terlalu eager" nyoba-nyoba. Tapi aku sih teteup bawa enzym.



Jadi buat ibu-ibu yang sekarang ngerasa reppootttt dengan hidupnya...

jangan khawatir. Ntar kalo anaknya udah gede, baru berasa buahnya.



Salam,

Ita-nya Ikhsan (menjelang 16 tahun, autistik, non-verbal, ga mau makan nasi)

Total visitors from 2000 to March 2012 : 2,098,400 - Puterakembara 2012
interaction with this site is in accordance with our site policy