Tidak bisa menahan pipis

10/10/2006

----- Original Message -----

From: RP

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] Tidak bisa menahan pipis

Dear all,

Anak kami Dhani ASD 5.8th sering kali kesulitan menahan pipis untuk jangka waktu yang agak lama, kalau lagi kumat baru lima menit atau sepuluh menit pipis dia akan pipis lagi. Tapi kalau tidak kumat dia bisa menahan pipis dari 30 menit sampai 1 jam. Tampaknya dia kesulitan sekali menahan pipisnya.

Waktu umur Dhani 3.5th kami pernah membawanya ke Urolog untuk mengetahui apa penyebabnya, oleh si dokter dhani diharuskan cek urin dan darah lengkap serta di rongten tapi setelah hasilnya keluar ternyata normal-normal saja, malah si dokter bilang hal ini masih normal bagi anak autis untuk ngompol sampai usia 6th, tapi kenapa hal ini hanya terjadi kepada Dhani, anak-anak autis yang lain kok bisa nahan lama? saya jadi bingung.

Yang kadang-kadang bikin kesal, kalau lagi kumat, Dhani akan menggunakan pipisnya itu sebagai senjata, atau mainan, kalau disuruh gak mau dia akan nangis dan pipis, padahal baru saja pipis, atau kalau kita tidak tahu dia pipis, maka akan dia kesot-kesot air pipisnya, kalau tidak kumat yah dia mau pipis di WC setiap 30 menit atau 1 jam sekali. Untuk tidur siang dia juga sudah bisa nahan selama 2 jam, dan tidur malam juga bisa nahan, biasanya akan saya bangunkan tengah malam untuk pipis.

Yang bikin heran, penyakitnya ini sering datang, saya takut berlanjut sampai dewasa, adakah rekan yang punya pengalaman seperti ini.... mohon sharingnya.

salam,

Ros

----- Original Message -----

From: LP

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] RE: Tidak bisa menahan pipis

Bu Ros,

Katya dulu juga seperti itu sampai umur enam tahun masih suka ngompol kadang2 frekuensinya sering sekali dan bisa dimana aja, kadang2 saya suka kesel banget apa lagi kalau dia lagi asik main, atas saran psikiaternya si anak harus di toilet training lagi jadi mau nggak mau kita yang harus selalu menghitung waktunya kapan kita harus bawa dia ke wc begitu juga pada waktu tidur yah.. Mau nggak mau harus sering begadang, tapi alhamdulillah sekarang dia nggak pernah ngompol lagi meskipun kalau lagi asik main suka nggak mau ke wc jadi kita yang paksa untuk pipis....

Salam

Lili

----- Original Message -----

From: RP

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] RE: Tidak bisa menahan pipis

Bu Lili,

Terima kasih atas infonya, selama ini sih kami tetap konsisten menjalankan toilet trainingnya, cuma kalau lagi kumat penyakitnya dan ada accident rasanya kesel banget deh, rasanya kok susah banget ngajarin toilet training kok gak mudeng-mudeng, apalagi kalau dia sengaja pipis, kita marah si Dhani tertawa-tawa, rasanya mau naik darah. Tapi persoalan ini memang timbul tenggelam, kadang-kadang muncul kadang-kadang tidak. Semoga kami bisa tetap sabar.

Kemarin saya merasa bersyukur atas nikmat Allah SWT pada kami, ternyata cobaan yang diberikan kepada kami lebih ringan. Ceritanya kemarin ada seorang ibu yang cerita kalau dia mempunyai anak usia 4.5th yang belum bisa ngomong sama sekali dan hanya bisa jalan di lantai yang datar, dan si anak juga sering membiru karena kesulitan bernafas sehingga pasokan oksigen ke otak berkurang dan hal ini membuat si anak harus membawa tabung oksigen kemana-mana, dan oksigennya pun harus tabung yang besar tidak bisa yang spray. Si anak telah terapi wicara di dr.RS tapi belum ada hasilnya.

Di saat saya merasa down Allah mengingatkan saya kalau ada yang lebih berat cobaannya dibandingkan saya, terima kasih ya Allah. Saya memang harus bersyukur Dhani sudah bisa sekolah di TK reguler walau dengan verbal yang terbatas, masih bisa mengikutin pelajaran dan shadow nya juga hanya masuk kelas bila Dhani betul-betul butuh bantuan.

maaf kepanjangan nih...

salam,

Ros

----- Original Message -----

From: WT

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] RE: Tidak bisa menahan pipis

Sekedar sharing...

Riandika (8,5) dulu juga sering begitu. Sering pipis tidak bisa ditahan dan akhirnya ngompol. Sudah berapa kali harus ganti celana. Saya sarankan memang sebaiknya jangan suka disuruh menahan pipis, apalagi dalam jangka waktu yang lama. Takut ada efek samping. ( saya, ayahnya dulu waktu sering menahan pipis disekolah karena takut ijin jadi sakit kencing batu - oot ada hubungannya gak yaa ).

Yang kami lakukan yaitu Riandika kami urut ke nenek dekat rumah yang biasa mengurut bayi, karena diperkirakan ada yang turun dibawah perutnya dan harus di urut untuk dinaikkan . Apakah ini semacam gejala seperti turun berok ( kalau dewasa) saya kurang tahu. Yang pasti sejak setelah diurut, Riandika tidak sering ngompol di celananya ( hampir tiap jam dulunya ). Dan kami membatasi permainan loncat meloncat apalagi jika di kasur.

Demikian semoga berguna.

----- Original Message -----

From: RP

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] RE: Tidak bisa menahan pipis

Terima kasih sharingnya..

Dulu waktu masih 2th juga Dhani kami pijatkan dengan tukang pijat yang biasa mijat bayi atau anak-anak, ngak ada hasilnya tetap aja sering pipis, kami tidak pernah menyuruh Dhani untuk menahan pipis, yang terjadi malah dia tidak bisa mengontrol pipisnya masak baru lima menit yang lalu pipis eh pipis lagi ini kan merepotkan apalagi kami tidak membiasakan dia pakai diapers.

Maksud saya dengan menahan pipis di sini adalah mengkontrol kandung kemihnya, saya takut kalau otot-ototnya hiper, belum penuh kandung kemihnya tapi sudah berkontraksi untuk pipis.

salam,

Ros

----- Original Message -----

From: JH

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] RE: Tidak bisa menahan pipis

Bu Ros...

Saya ikutan nimbrung juga nih....Sekedar berbagi pengalaman. Saya sempet mangalami masalah yg mirip2, tapi anak saya kesulitan di BAB dari kecil sampe usia kemaren 7 tahun 8 bln dia masih BAB di celana. Saya udah capek banget ngasih tau dan berusaha jalanin toilet training tapi meskipun saya selalu bilang kalo BAB harus wc ya tetep aja selalu di tempat yang sama....

Akhirnya saya berusaha nerima semuanya tapi kadang kepikir sampe kapan ya Raihan bisa melakukan aktivitas BAB di celana... Ada temen saya yg nyaranin utk pijat refleksi yang intinya memperbaiki urat2 yang salah gitu....

Alhamdulillah saya dapet info dari temen saya ada pijat yg bagus akhirnya saya coba jajal aja...Yang jelas waktu itu saya prinsipnya yg penting usaha hasil gimana nanti

aja....

Ternyata alhamdulillah setelah 4 kali pijat anak saya bisa BAB di wc dan bilang pula....Sungguh pada saat itu saya seneng kebangetan....smile

Mungkin juga pada saat itu anak saya harus sudah bisa melakukan aktivitas BAB di wc. Tapi yang jelas prinsip saya lewat tukang pijat itu Allah SWT memberikan kesembuhan utk Raihan. Dan sekarang Raihan hampir tiap hari kalo mau BAB selalu bilang dan pergi ke wc meskipun dia lagi ada di luar rumah lagi maen sekalipun....smile

Mudah2an utk Ibu Ros bisa segera teratasi masalahnya ya...

Wass

Ju ( Bunda Raihan Autis verbal 7th 10bln)

----- Original Message -----

From: RP

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] RE: Tidak bisa menahan pipis

Dear Bu Ju,

Terima kasih, dan semoga saja bisa segera teratasi...

salam,

Ros

----- Original Message -----

From: LH

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] RE: Tidak bisa menahan pipis

Mb. Ros,

Perhatikan apakah pipisnya memang masalah dengan bladder control atau perilaku. Kalau Michael, OCD dengan toilet, kemana aja yang diminta no. 1 adalah ke toilet, untuk lihat seperti apa toiletnya, kalau ternyata bersih & kering, bakal bisa bolak-balik minta pipis, kadang keluarnya cuman setetes.. dia seneng flushing-nya, melihat bagaimana air masuk ke lubang saat flushing. Dua dokter yang berbeda, menyarankan memperbaiki OCD melalui biomedis, tetapi saya pilih lewat perbaikan behavior aja.

Lin

----- Original Message -----

From: AP/IP

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] RE: Tidak bisa menahan pipis

Bu Ros & rekan lain,

Kalo dihubungkan dengan pijat bayi / refleksi dll, saya rasa masuk akal juga

Bisanya kita nahan pipis / BAB kan kalo kita 'merasa' kan... Kalo di sekitar panggul banyak 'hambatan', bisa jadi memang si anak nggak ngerasa pingin pipis / BAB or ngerasa tapi memang nggak kuat utk nahan. Coba perhatikan cara jalan, duduk si anak dsb. Seperti anak saya, dia cenderung duduk (di lantai) dengan 2 kaki dilipat ke belakang, istilah nya W-sitting. Ini disebabkan joint2 di sekitar panggul cukup tegang. Jalannya juga kayak bebek, orang bilang pantatnya ketinggalan di belakang.

(tapi dia gak ada masalah nahan pipis / BAB sih, cuma kadang memang sering

sekali ke toilet utk pipis)

Postur ini juga tidak menunjang untuk duduk dengan baik & melakukan tugas2

table work seperti menulis dll. Kegiatan SI yang fokus utk rotasi badan akan membantu memperbaiki postural nya (jadi gerakan torso putar ke kanan-kiri, usahakan panggul tetap diam /tidak ikut berputar).

Mungkin pak Taufik atau rekan lain bisa kasi input tambahan.

salam,

Ira

Total visitors from 2000 to March 2012 : 2,098,400 - Puterakembara 2012
interaction with this site is in accordance with our site policy