Naik Kelas

07/07/2006

----- Original Message -----

From: WW

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] naik kelas

Dear All,

pagi ini saya kembali datang ke sekolah Gilang untuk mengambil raport kenaikan kelas, alhamdulillah Gilang naik kelas 4. Hasil belajar selama di kelas 3 tidak mengecewakan meskipun seperti biasa pada mata pelajaran matematika belum terlalu bagus. Mata pelajaran lain terutama science hasilnya bagus dan alhamdulillah Gilang juga dapat "Enthusiasm Award" karena dinilai selalu enjoy belajar.

Mulai minggu depan Gilang libur selama kurang lebih 3 minggu dan ketika saya tanya mau ngapain selama libur, dia jawab " aku liburan mau santai, nonton tv, tidur dan main". Ya.. sudah tidak apa2 dan saya tidak mau memaksakan pada dia untuk

mengikut sertakan dia dalam kegiatan tambahan.

salam,

Win (mamanya Gilang .F. Dharana)

----- Original Message -----

From: LM

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] Re: naik kelas

Selamat buat Gilang! dan tentunya buat ke dua orang tuanya!.

Sekedar sharing, anak saya juga tidak begitu bagus di pelajaran Math. Dulu saya heran karena dari beberapa kasus anak Asperger biasanya hebat dalam bidang Math. Tapi setelah saya baca 1 website bagus yang dibuat oleh Penyandang Asperger dewasa, disitu dinyatakan bahwa berdasarkan penelitian si Aspie itu, ternyata sebagian anak Asperger memang tidak begitu menguasai Math (jadi inget pernah baca kalau Enstein juga lemah sekali mathnya). Lain dengan anak High Functioning

Autistic. Seperti juga Gilang, anak saya juga sangat mahir di bidang Science. Dia juga sangat menguasai pelajaran2 lainnya seperti Design and Technology, English, dan Visual Art.

Mudah-mudahan tambahan informasi ini berguna bagi orang tua yang mempunyai anak Asperger untuk tidak memaksakan kehendak agar anaknya mahir di bidang Matematika (ini saya tahu adalah harapan kebanyakan orang tua yang masih menganggap bahwa pelajaran Matematika adalah segalanya).

Salam,

LM

----- Original Message -----

From: AF

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] Re: naik kelas

Wah...Bu Win ternyata Gilang sama dengan anak kami Adam, hari ini Dia baru selesai dengan ulangan umumnya untuk naik ke kelas 4..pengumumannya nanti tgl 24 Juni.

Kalo Adam relatif baik di bidang Matematika... yang membanggakan kemarin sebelum Ulangan Umum ada penilaian thdp murid2 atas pemahaman pelajaran.. ternyata Adam untuk Matematika termasuk terbaik di kelasnya... ha..ha.. guru2 dan orangtua murid Hebooh, bahkan ada guru yang Adam gak suka karena memang guru itu kelihatan sinis sama dia (umumnya anak2 SN lebih peka perasaannya), pada saat ulangan umum matematika.... itu guru duduk didepan bangku shadownya (shadow berada disamping Adam)sambil trus ngamatin Adam...waduh jadi kacau jadinya

(tantrum)...jadi hancur ulangannya.. kagaaak selesai (tega bener nich orang).

Kejadian ini bikin muangkel buanget, tp Alhamdulillah guru2 lainnya penuh pengertian dan kami sendiri sbg orangtua tahu dirilah...kami gak berharap anak kami jadi the best..kami hanya berharap Adam bisa diterima, bisa bersosialisasi dan mandiri. Amiin.

Yang lagi pengen curhat

Fad, Semarang

----- Original Message -----

From: AP

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] Re: naik kelas

Selamat ya Bu ...

----- Original Message -----

From: WW

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] Re: naik kelas

Terima kasih Bu Leny.

Memang kemampuan matematika tidak bisa dipaksakan, padahal saya dan suami punya latar belakang pendidikan statistika tetap aja kemampuan matematika Gilang agak payah.

Tadinya saya mengira kelemahan matematika Gilang disebabkan pengantar pelajarannya dalam bahasa inggris sehingga kesulitan dalam pemahaman. tetapi penyebabnya adalah memang pemahaman akan matematikanya yang kurang bukan disebabkan kemampuan bahasa inggrisnya karena kemampuan bahasa Inggrisnya sudah bagus. kelemahan ini juga disebabkan oleh konsentrasinya yang masih kurang bagus dan Gilang kalau mengerjakan soal suka terburu-buru jadinya tidak telilti. Ketika Gurunya menjelaskan lebih dari sekali dan mengingatkan untuk konsentrasi biasanya Gilang bisa mengerjakan soal-soal matematika yang diberikan.

Salah satu cara saya dan suami mengajari matematika kepada Gilang adalah dengan contoh langsung. Kami tidak akan mengabulkan permintaannya untuk membeli sesuatu sebelum dia bisa menghitung berapa uang kembaliannya. Mengikutsertakan dalam kursus kumon pun merupakan salah satu cara saya untuk meningkatkan kemampuan Matematikanya.

salam,

Win

Total visitors from 2000 to March 2012 : 2,098,400 - Puterakembara 2012
interaction with this site is in accordance with our site policy