Peer Mediation

07/07/2006

----- Original Message -----

From: WW

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] Peer Mediation

Pagi ini saya datang ke sekolahnya Gilang untuk menghadiri pemberian award kepada siswa-siswa yang mengikuti program "Peer Mediation", dan kebetulan Gilang menjadi salah satu siswa (dari 20 siswa SD) yang dipilih untuk mengikuti program ini. Dari 20 siswa peserta program hanya Gilang yang mempunyai background ASD.

Program "peer mediation" diadakan oleh sekolah dengan tujuan kalau ada konflik diantara teman yang menyelesaikan teman2 sendiri.

Ketika menerima pemberitahuan dari sekolah bahwa Gilang menjadi salah satu kandidat untuk menjadi "peer mediator", saya sempat ragu akan kemampuan Gilang. Tetapi setelah saya diskusi dengan gurunya bahwa meskipun si anak kemampuan komunikasinya agak kurang namun apabila memperlihatkan minat dan antusias untuk mengikuti program ini akan tetap dibimbing menjadi mediator. Di rumah saya dan suami benar-benar mendorong Gilang untuk mengikuti kegiatan ini dan Gilang sendiri menyatakan berminat. Saya berpikir program ini bagus untuk semakin mendorong perkembangan sosialnya Gilang.

Setelah dilakukan pelatihan selama 12 kali pertemuan, alhamdulillah Gilang bisa mengikuti program ini dan dinyatakan menjadi salah satu "peer mediator" di sekolah untuk tahun ajaran 2006-2007.

Setelah mengikuti pelatihan ini, saya melihat Gilang semakin bagus komunikasinya dan tahu aturan2 berteman dan tahu bagaimana menghindari konflik dengan temannya.

Saya mensyukuri semua ini dan kalau saya melihat kebelakang (beberapa tahun yang lalu), saya tidak pernah membayangkan semua ini terjadi.

Amin..

salam,

Win

----- Original Message -----

From: DA

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] RE: Peer Mediation

Bu Win,

Selamat ya atas keberhasilan Gilang menjadi Peer Mediator. smile

Saya bacanya ikut senang dan terharu.

Semoga Gilang semakin pintar dan mandiri ya....

Salam,

Aie

----- Original Message -----

From: EH

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] RE: Peer Mediation

Bu Win, ikutan ah, mau ucap Selamat utk keberhasilan anaknya, dan ibunya, tentu...

Eve

----- Original Message -----

From: LM

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] Re: Peer Mediation

Bu Win,

Program "Peer Mediation" justru bagus untuk anak2 spesial yang tahapnya seperti Gilang. Ini sangat membantu proses belajar inter-aksi antar teman2. Selain melatih kemampuan problem solving, juga melatih leadership. Wah.... bagus yah sekolahnya ada program seperti itu. Di sini program seperti itu sudah masuk kurikulum.

Selamat buat Gilang! saya ikutan terharu bacanya.

Salam,

LM

----- Original Message -----

From: WW

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] Re: Peer Mediation

Di Sekolah Gilang memang baru tahun ini ada program peer mediation, dan rencananya setiap tahun akan dilakukan pelatihan kepada anak-anak. Program ini juga membantu Guru agar tidak semua permasalahan diantara anak2 harus guru yang menyelesaikan. Guru hanya menjadi supervisi.

Dalam pelatihan ini memang diajarkan mengenai problem solving, negosiasi dan leadership. awalnya saya pikir apa bisa ya.. anak2 seumuran Gilang dilatih seperti ini karena saya lihat silabus pelatihannya kok.. berat amat, namun karena metode penyampaian materi pelatihan disesuaikan untuk anak-anak dan banyak "role play" jadinya mudah dicerna oleh anak2.

Buat saya ini menjadi tambahan pengalaman berharga buat perkembangan Gilang

salam,

Win

Total visitors from 2000 to March 2012 : 2,098,400 - Puterakembara 2012
interaction with this site is in accordance with our site policy