Anak susah disuruh jilat bibir kering

07/07/2006

----- Original Message -----

From: ISW

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] Re: anak susah disuruh jilat bibir kering

Pak Taufik,

Bagaimana dengan anak yg susah sekali untuk di suruh jilati bibir ?.....

Bibir Ariq selalu kering, dan itu membuat tangannya menjadi anteng ngutilin kulit bibirnya. Kalau saya suruh untuk membasahi bibirnya dengan lidahnya, dia cepat usap lagi , sampe kering, saya coba olesi madu, lipgloss dia cepat usap lagi.......... seolah dia gak betah dengan kondisi bibir yang basah menyegarkan he he Maaf bu Leny sudah lama saya gak nimbrung, sekalinya muncul langsung nyamber masalah, mumpung sedang di bahas smile

Salam

(Ida, bunda Ariq 4 th3 bulan )

----- Original Message -----

From: TH

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] Re: anak susah disuruh jilat bibir kering

Perkembangan oral motor dimulai dari arah depan (bibir) yang diindikasikan sudah mampu melakukan "seal" ini dapat kita lihat saat anak sudah tidak ngeces atau mampu menghisap sedotan tanpa ada bolongan disela bibir saat menghisap.

Lalu ke arah lidah, ada gerakan-gerakan lidah (atas-bawah, dll, TW banyak memiliki pendekatan tentang hal ini). selanjutnya pada kemampuan menghisap (banyak komponen oral-sensori motor yang terlibat), menelan dan lainnya.

Jika masalahnya lebih pada developmental delay mungkin bisa dirunut ke belakang lagi bu, lalu dihubungkan pada kondisi sekarang mungkin ada titik terangnya.

Tapi sekilas saya membaca apa Ariq tidak menyukai saat makan yang belepotan (apa ya bahasanya ah... berantakan atau kotor) terutama di are wajah? atau ada sesuatu makanan yang ariq tidak sukai, entah dari sisi mana mungkin ibu bisa jelaskan? ex. dingin-panas, crunchy-lembut, manis-asam-asin, sedotan-gelas dll.

salam

taufiq

----- Original Message -----

From: ISW

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] Re: anak susah disuruh jilat bibir kering

Betul pak Taufik,

Kalau sedang makan Ariq tidak suka mulutnya belepotan, biarpun itu Cuma sebutir nasi, jadi kalau makan harus selalu sedia tissue, padahal untuk menunya dia sangat suka sayur ( bayam, sop, lodeh dll ) yang tentu saja sedikit banyak belepotan bibirnya kalau disuapin smile Ariq juga sangat suka makanan yg crunchy, tapi tidak suka makanan yang agak agak panas, minumnya bisa banyak kalau pake sedotan, tapi kalau langsung dari gelas, cuma di icip icip doang.

Saya perhatikan hampir seminggu ini kalau makan /di suapin bibir nya seolah gak mau menyentuh sendok ( jadinya nganga gitu)....

salam,

Id

----- Original Message -----

From: TH

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] Re: anak susah disuruh jilat bibir kering

Ibu Id,

Mungkin ini salah satu jawaban mengapa ariq suka menggigit bibirnya bu, ketidak nyamanannya pada sesuatu input eksternal pada area wajah dan mulut memberika respon ke dirinya bahwa itu adalah sesuatu yang perlu di waspadai

"Bibir Ariq selalu kering, dan itu membuat tangannya menjadi anteng ngutilin kulit bibirnya. Kalau saya suruh untuk membasahi bibirnya dengan lidahnya , dia cepat usap lagi , sampe kering, saya coba olesi madu, lipgloss dia cepat usap lagi.........."

Hingga saat bibirnya kering membuatnya membuatnya merasa terganggu. Juga saat menggunakan minum menggunakan gelas input yang diterima bibir saat gelas tertempel membuatnya merasa tidak nyaman. mungkin salah satu jalan dengan melakukan deep pressure massage pada area di sekitar hidung mengarah pada bagian bibir atas dan bawah. jika ia bisa minum mengunakan sedotan coba berikan minuman yang agak kental sehingga memerlukan kerja ekstra untuk meminumnya. dalam dvd More pada chapter terakhir ada petunjuk dari Patty tentang bagaimana cara melakukan deep presure massage. jika teman milis ada yang memilikinya mungkin sangat berguna untuk di share.

Pada beberapa anak masalah pada area oral juga mempengaruhi ekspresi wajah (facial expression). jika kita lihat seperti ada ketegangan pada beberapa otot wajahnya membuatnya agak sulit mengekspresikan perasaan melalui mimik muka. yang lainnya mempengaruhi postur tubuhnya karena oral stability juga bergantung pada perkembangan motorik pada area bahu dan leher yang berhubungan dengan punggung dan pinggul.

salam,

taufiq



Total visitors from 2000 to March 2012 : 2,098,400 - Puterakembara 2012
interaction with this site is in accordance with our site policy