Imajinasi anak Autis

07/07/2006

----- Original Message -----

From: HPU

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] Imajinasi

Anak saya Dimas, kalo liat orang bawa kamera pasti dikejar sama Dimas. Suka difoto,

tapi nggak mau liat fotonya sendiri. Sekarang lagi suka liat foto dia waktu Family Gathering3 di website Puterakembara. Tiap malam ngajak mampir ke warnet "liat foto Dimas dan Batman ". Karena background Puterakembara gambar burung seperti lambang Batman. Aneh memang imajinasi Dimas. Orang tuanya harus tanggap.

Salam,

Har

----- Original Message -----

From: LM

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] Imajinasi Lambang Batman

Tuh kan... satu lagi bukti kalau daya imajinasi anak autis itu bisa mengagetkan! saya dan suami ajah yang bikin background di website itu gak kepikiran kalau itu kayak Batman. Tapi memang iya betul! dilihat2 kok kayak kalelawar yah...hua..ha..ha..ha...

Salam sayang buat Dimas dari tante LM gitu yah Pak Har. Eh... kalau gak salah.... bulan Juni ini Dimas ulang tahun yang ke 5 ya? tanggal berapa pak?

Salam,

LM

----- Original Message -----

From: HPU

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] Re: Imajinasi Lambang Batman

Saya pertamanya juga bingung kok, habis dia bilang " liat foto Dimas sama batman ". Saya tanya , yang mana foto Dimas yang pake baju batman. Ternyata foto FG3, backgroung Puterakembara dibilang batman. Salamnya nanti saya sampaikan Bu LM. Tanggal 24 Juni Dimas ulang tahun yang ke lima. Pas penerimaan raport di TK nya. Mudah-mudahan naik kelas. Kalo nggak naik ya nggak apa-apa sih. Saya nggak ada target apa-apa untuk sekolahnya. Yang penting dia rajin masuk sekolah.

Salam,

Har

----- Original Message -----

From: DH

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] Re: Imajinsi Lambang Batman

Wah gak tahan ikutan nimbrung nih. Daya imajinasi Janice juga hebat banget. Sudah berkali-kali dia melihat suatu benda dan dihubungkan dengan sesuatu yang dia tahu.

Saya sudah lupa tapi hanya satu yang saya ingat, yaitu iklan starmild di billboard kecil2 sepanjang jalan depan mall Plaza Senayan. Di billboard itu ada gambar bintang yang melesat dan dibelakangnya banyak bintang2 kecil yang ngikut. Pertama-tama Janice ngomong carrot...carrot...

Trus kita pada cari gambar wortel (carrot), hm??? dimana? mana ada gambar carrot? Trus kita tanya dimana ada carrot, trus dia tunjuk ke iklan starmild tersebut, dan kita baru sadar oh iya yah, mirip carrot, hehehehehe

Regards

Dav

----- Original Message -----

From: DA

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] Re: Imajinasi Lambang Batman

Hahaha...saya juga punya pengalaman hampir seperti ini dengan Izzan. Waktu saya lagi baca koran, Izzan ikut nimbrung. Ada iklan kulkas, dan ketika lihat tulisan merknya Izzan langsung teriak "SHARP...!" sambil tunjuk tulisan itu. Saya ketawa.. "pintar...iya nak, itu sharp...memang Ican sudah bisa baca ya?" sambil saya usap2 kepalanya. Iklan tersebut lumayan besar, mungkin 1/3 halaman. Di gambarnya ada

banyak lingkaran berwarna hijau dengan garis minus (-) (kayaknya sih melambangkan ion negatif kali yah?)... trus pas lihat lingkaran itu Izzan tunjuk lagi sambil teriak "DETOL..!". pertama saya bingung.... tapi pas ingat lambang Detol yang berbentuk lingkaran Hijau dengan gambar plus (+) ditengahnya, saya langsung tertawa terpingkal-pingkal... Izzan...Izzan...logo barang kok dipelesetin...

Salam,

Ai, mama Izzan 3 thn 8 bln.

----- Original Message -----

From: LM

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] Imajinasi

Memang anak2 kita suka bikin kejutan yah... (tapi bahagia kan....) Padahal sebenarnya ada anggapan bahwa anak autis itu justru tidak bisa berimajinasi lho..... seperti contohnya mereka tidak bisa memainkan toy sebagaimana mestinya. Tapi justru dari apa yang dialami Ja, Dimas, Janice, dan Izzan, kelihatan kalau anak-anak spesial ini juga bisa "berpikir" melalui gambar yang dilihatnya. Kalau menurut pengalaman, obsesi juga bisa menumbuhkan daya imajinasi mereka, seperti obsesi pada binatang, boneka/tokoh favourite, dll misalnya.

Di artikel nya si Frank yang kemarin saya forward juga disebutkan waktu kecil dia bisa berimajinasi dan main mobil2an layaknya seperti mobil2an. Kalau kata Gayle F. M.Ed seorang guru sekaligus ayah dari 2 anak Asperger bahwa mitos anak autis tidak punya imajinasi adalah tidak benar. Kalau anak biasa memainkan mobil2an dengan mendorongnya layaknya mobil, mungkin anak autis hanya menjejerkannya saja. Makanya dikatakan kalau anak autis tidak punya imajinasi, padahal imajinasi anak autis saat itu adalah mobil2an dijejerkan karena sedang ada di lapangan parkir (ini imajinasi juga kan?) smile



Saya juga pernah baca pendapat seorang ahli yang mengatakan bahwa:

Beberapa programmer terbaik ada yang penyandang Autis, dan bagaimana seseorang bisa menjadi programmer yang baik kalau tidak bisa berimajinasi? (saya lupa baca dimana ini, tapi apa bener kalau jadi programmer harus punya imajinasi ya?).

Jadi bagi rekan2 yang anaknya sudah mulai berimajinasi, bisa dikembangkan dengan suatu permainan yang memacu kreatifitas (ini mesti baca bukunya floortime/CWSN Greenspan nih...).

Salam,

LM

----- Original Message -----

From: EH

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] Re: Imajinasi

Bener lho semua, emang mirip (Batman kata Dimas, Carrot kata Janice, Dettol kata Ican...). Setuju banget dengan bu LM,... mobil sedang parkir.., programmer atau pembuat algoritma memang jago berimajinasi saya kira, malah beberapa step ke

depan...melebihi kita2 yang mikirnya untuk saat ini thok. Saya juga mau terima kasih atas terjemahan bu LM kemarin yang tentang Dr. James dengan anak autis Kim 13 th, koq pas banget belum baca, udah ada terjemahannya, thanks banget..

Total visitors from 2000 to March 2012 : 2,098,400 - Puterakembara 2012
interaction with this site is in accordance with our site policy