Aktivitas rumah untuk anak spesial

06/17/2006

----- Original Message -----

From: PS

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] aktivitas rumah lainnya u/ anak SN?

Mau tanya dong ke bapak/ibu ortu anak special need kira2 aktifitas di rumah untuk anak autis apalagi ya...yg menarik dan bisa dia kerjakan sehari2...

Anak saya fawwaz dari bangun tidur sampe tidur malam lagi kerjanya ya menggambar terus.... kertas 1 rim habis sehari...tangannya blepotan tinta n crayon..trus ngegambarnya sambil nungging..keberatan kepala gitu yang ngasuh orangnya kurang interaktif lagi..anak anteng ngegambar ya dia malah seneng aja.... mau saya ada kegiatan apaaa..gitu selain itu2 melulu..tapi bingung apa bentuknya..

mohon sharingnya...

makasih sebelumnya

mama fawwaz,autis, menjelang 4 thn...

----- Original Message -----

From: HB

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] RE: aktivitas rumah lainnya u/ anak SN?

Sekarang anak saya lagi suka main tepokan, inget gak, jaman kecil dulu kalau bulan puasa kita suka main bulutangkis tapi raketnya terbuat dari triplek yang dibuat menyerupai raket tenis meja. Bolanya dari plastik, beli diprumpung isi 25 harga 15 ribu.

Kumpulin semua bola dalam keranjang, minta dia untuk serve sampai bolanya habis, fase ini selesai, giliran kita yang lempar bola ke dia dan minta dia untuk menepoknya.

Ayo rekan yang lain, kasih input dong kegiatannya dirumah. kalau satu orang satu kegiatan nanti bisa bikin bussy book yang baru.

Salam,

Herw

----- Original Message -----

From: Ast

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] RE: aktivitas rumah lainnya u/ anak SN?

OK Pak, saya nambah satu.

Anak saya lagi suka main keybord, keyboard mainan. Semua tombol dipencet. Lumayan buat melemaskan jari-jarinya. Maklum anak saya jari tengah sampai kelingking gerakannya masih kaku, kayaknya susah sekali mengkordinasikan gerakan jari tsb. Sudah dicoba lagu lagu sederhana, dia cepat hafal nadanya, walau iramanya suka-suka dia. Selain itu dia suka main komputer : power point, game & CD-CD interaktif. Cuma kami masih kesulitan mengarahkannya, sementara biarlah dia bereksplorasi sendiri, mudah mudahan nggak keterusan. Ada lagi, belajar dgn LKS TK (anak saya TK-A) : membaca, mewarnai, mencocokkan, berhitung.

Untuk kegiatan motorik kasar, ini pe er buat kami, karena anak saya kurang cakap untuk masalah ini. Terima kasih untuk ibu/bpk yang telah memberikan alternatif kegiatan-kegiatan untuk melatih motorik kasar.

Salam,

Ast, NTB

----- Original Message -----

From: EH

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] Motorik Halus,Kasar,IPA,Sajak

Kegiatan Motorik Halus:

1. Melipat (lihat bukunya).

2. Menggunting & menempel

3. Mengetik

4. Menjelujur

5. Bikin gelang dari manik-manik

6. Melukis dengan cat air

7. Finger painting (tep. aci atau sagu + sumba)

8. Menggambar

9. Meronce

10. Menjahit atau semacamnya

11. Mewarnai dengan krayon/pinsil warna

12. Menganyam Kertas/Karton

13. Mosaik kertas

14. Main Balok2 (Bikin gedung, rumah2an)

15. Main Dapur2an

16. Main Hewan2an

17. Puzzle

18. Bikin Bingkai/Hiasan dari Korek Api dll

19. Bikin Batas Buku/Kartu dari Bunga & DaunKering

20. Main Lego / Lasy / Builderific

21. Bikin Kalung dari Sedotan

22. Bikin Kotak (lihat Buku Origami)

23. Menjahit Kruistik/Cross-stitch

24. Masak

25. Bikin Kue

Motorik Kasar:

1. Perosotan, meniti (keseimbangan)

2. Loncat2 di atas trampolin/ban bekas

3. Berjalan-jalan

4. Naik turun bukit/tanjakan

5. Lempar-tangkap bola

6. Menggiring bola.

7. Bulutangkis

Ilmu Pengetahuan Alam

1. Manfaat Air

2. Kita tinggal di planet bernama

3. Bumi berbentuk

4. Yang menyinari bumi pada siang hari adalah

5. Yang menyinari bumi pada malam hari adalah

6. Matahari terbit di sebelah

7. Matahari terbenam di sebelah

8. Mengenal Arah Mata Angin

9. Mengenal Waktu / Jam

10. Percobaan Mencampur Warna

11. Tentang Planet

12. Tentang Siklus Air

13. Tentang Matahari dan Bintang2

14. Tentang Pesawat, Bandara, KA, Stasiun, dll

15. Tentang Peternakan

16. Tentang Pertanian

17. Tentang Atlas, Peta, Benua, Gunung, Sungai, dll

18. Tentang Denah Rumah, Denah Jalan, dll.

Bacakan SAJAK : penting utk belajar "pola".

--------------------

Ini juga dari catatan target utk anak sy. Bukan berarti sdh dijalankan semuanya, lho! Ada bbrp yg belum (contoh: mengajarkan menjahit & kruistik).

Tentang buku gunting-tempel & mewarnai : paling bagus & murah terbitan Mandira (yg sejak jaman dulu). Gambarnya jelas, tdk rumit, tdk banyak distraksi (tdk seperti Walt Disney, misalnya, terlalu ribet) --> Malah bisa difotokopi jadi alat peraga utk terapi.

Salam,

Eve

----- Original Message -----

From: EH

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] Jadwal Kegiatan Anak di Rumah

Ini nyambung yg tadi.... Saya ambil dari catatan PR saya (yg tergantung di dinding)... Mudah2an berguna utk yg belum tau... Dan mungkin ada yg mau nambahin, silakan...

-----------------------------

JADWAL KEGIATAN ANAK DI RUMAH

Harus SEIMBANG bobotnya antara kegiatan: m. halus dgn m. kasar, antara gerak-olahraga-main dengan doa-renungan,tidur-relaksasi. Antara musik klasik dgn pop, musik tenang dgn semangat. Antara serius dgn bebas.

Yg penting utk anak2 setiap hari harus :

1. Makan (tepat wkt,cukup,seimbang) : Nasi, Lauk, Sayur, Buah -> termasuk belajar makan sendiri yg benar.

2. Minum Air cukup

3. Minum Susu/Penggantinya (disesuaikan dgn dietnya).

4. Minum Vitamin tepat wkt

5. Mandi tepat wkt -> trmsk belajar caranya.

6. Sikat gigi (min. 1 x / hari) -> trmsk belajar caranya.

7. Main di luar (min. 1 jam pagi & 1 jam sore) - motorik kasar :

bola,bulutangkis,renang,senam,jalan kaki,sepeda,dll.

8. Main di dlm - m.kasar atau motorik halus : mewarnai, melipat, gunting-tempel, menjelujur, meronce,bikin kue,bantu masak,dll.

9. Baca/dibacakan cerita 1 tiap malam & Doa

10. Musik: mendengarkan kaset dll, bernyanyi bersama.

11. Tidur cukup

Catatan : Ortu...! Pelajari lagi tentang :

1. Food Supplement (buku J. McCandless)

2. Menu yang seimbang, Snack, Desert

3. Senam Otak (bukunya dipelajari!)

4. Program Belajar (terutama Functional Communication : Ya/Tidak, Pilih Mana?)

5. Bacaan : Banyak sekali buku yg bagus ttg Flora/Fauna, Buah, Ilmu Pengetahuan Alam, Tokoh, Penemuan, dll.

Salam,

Eve

----- Original Message -----

From: DA

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] RE: aktivitas rumah lainnya u/ anak SN?

Hehehe....ngebayangin Fawaz menggambar sambil nungging...pasti lucu.. smile

Tapi bagus ya, Fawaz ada minat yang jelas, kan tinggal dikembangin sama orang tua/ pengasuhnya. Aku pengen banget Izzan mau menggambar, tapi apa daya, pegang cryon aja masih butuh bantuan... (herannya, kalau mukul atau nyubit kenceng banget..!)

Bu Santi, Fawaz sudah pernah belum

1. dikasih liat dvd seperti baby einstein, dsb., yang memperkenalkan warna dan bentuk. Kali aja bisa jadi inspirasi untuk lukisan berikutnya.

2. Terus beliin kertas tipis yang gede banget (aku pernah dikasih, tapi enggak tau belinya dimana...carefour kali ya..?) buat menggambar sepuasnya dengan hasil raksasa. Alatnya bisa campur2 antara pinsil warna, cryon, dan cat.

3. Belajar melipat dengan origami, nanti hasilnya ditempel di buku gambarnya dan disatukan dengan lukisannya (nha...kalau ini butuh bimbingan banget).

4. Kemarin di pasar raya aku pernah ketemu buku menempel. Jadi didalamnya sudah ada gambar bentuk (mis...kupu2, semut, rumah dll) dan sudah disediakan kertas berwarna yang sudah dibentuk, mengikuti gambar, jadi si anak tinggal menempel aja, mengikuti petunjuk (nomor urut).

5. Ican suka banget disetelin dvd/vcd karaoke lagu anak. Sekalian dia belajar juga dari clip lagu itu (karena meniru aktivitas anak2 dalam vcd tsb. Misalnya lilin itu buat ditiup... bukan buat dipegang apinya. Trus cara2 main mobil2an, ayunan, joget-joget, dsb. Ada juga vcd Iqro & alphabet, jadi dia nyanyi sambil belajar mengenal huruf/ angka. Mungkin Fawaz juga suka?

6. Kalau sama pengasuh, Ican suka banget main berebutan pukul balon ke udara. Kalau udha main ini, dia bisa ketawa terbahak2. lucu banget...

Tapi emang sih...kegiatan kayak gini enggak bisa kita terlalu mengandalkan pengasuh.... jadi Ibunya yang emang harus turun tangan. Hehehehe... smile

Salam,

Aie

----- Original Message -----

From: PS

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] RE: aktivitas rumah lainnya u/ anak SN?

Wah...saya seneng banget banyak respon yg bisa jadi agenda saya berikutnya...

Bu Aie..

1. dengan DVD fawwaz kayaknya kurang minat sama film yang beralur..atau dokumenter.. kalo liat TV berarti iklan!

2. Kertas gede udah pernah di kasih hasilnya ...dia gunting2..dan di coret2...pusing kali kegedean kertasnya...

3. origami...ini juga sudah..ayahnya jago sekali dengan ini..paling2 dia tunggu ayah pulang trus todong suruh bikin

4. menempel...okay...tapi juga marah2 karena lemnya lengket..

5. nyanyi yg belum pernah saya coba pake mike..kalo lagunya dewa yg aku sedang ingin bercinta bisa tuh..nadanya pas lagi..tapi saya jijik denger lagu gituan...lagu anak malah belum pernah saya stel...nanti akan saya cari...

6. Maunya sih gitu bu aie.....saya pengen berhenti kerja aja....saya menyukai pekerjaan rumah dan mengurus anak..tapi dapur ntar ga ngebul dong ya....huh...susye deh...

Makasih banyak semua rekans yang sudah memberi masukan..

semuanya saya langsung print..termasuk yg dr bu aie..biar di pelajari sama pengasuhnya....(kan dia yg banyak di rumah....hehe..)



Total visitors from 2000 to March 2012 : 2,098,400 - Puterakembara 2012
interaction with this site is in accordance with our site policy