Asma....Asma....Mohon info

06/12/2006

----- Original Message -----

From: IT

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] Asma....Asma....Mohon info

Rekans,

Mau sharing perkembangan Filan, setelah 1 bulan batuk dan 3 hari yang lalu ke dokter, pagi ini Filan kontrol lagi. Hasilnya adalah; ASMA. Mungkin faktor keturunan dari suami saya yang waktu kecil asma berat. Kata dokter sih, tidak berat. Saya kaget juga, karena selama ini kalau tidur Filan tidak pernah "bunyi ngik - ngik".

Dokter kasih resep Profilas yang bentuknya tablet, diminum setiap malam kalau mau tidur. Adakah rekan yang punya pengalaman dengan Asma?

Mohon infonya, Terima kasih.

Ind

----- Original Message -----

From: AF

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] RE: Asma....Asma....Mohon info

Bu Ind,

karena kami tinggal di Semarang...kami sekeluarga sering ajak anak kami Adam ke Pantai dan Alhamdulillah asma ringannya (keturunan) tidak muncul lagi

Fad (ayah Adam, 9.5 th)

----- Original Message -----

From: HB

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] RE: Asma....Asma....Mohon info

saya punya teman yang saat ini asmanya jauh lebih ringan dibanding saat kuliah dulu. salah satu terapi yang dia jalankan selain pengobatan dokter ialah main alat musik saxophone. Padahal kalo inget jaman dulu..miris ngeliat dia njengking dipojokan kamar kalau asmanya lagi kumat.

----- Original Message -----

From: CK

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] Re: Asma....Asma....Mohon info

Hallo bu Ind,

sekedar sharing aja dulu tatsuya waktu umur kira2 4-6 bulanan sampai umur 1 th juga pernah sakit asma, sampai kalau waktu tidur nafasnya bunyi ngik..ngik..gitu kasihan sekali dia, tp alhamdulillah asma nya sdh hilang, kalau gak salah timbulnya asma karena ada pencetus nya bs krn alergi atau juga memang ada keturunan, saya gak tahu asma nya tatsuya karena keturunan (karena di keluarga saya abang dan ibu saya juga punya asma) atau krn alergi (?), mungkin Filan ada alergi juga gak bu? mis. alergi debu,asap, udara atau makanan kalau tatsuya saya pikir mungkin dia asma karena alergi waktu bayi dia alergi susu sapi dan udara (kalau udara nya krg bersih asma nya pasti kambuh)dan waktu itu kalau dia kambuh asmanya saya lebih suka di bawa ke tukang pijit bayi karena kalau ke dokter setelah obat nya habis asma nya juga kambuh lagi, dan dari umur 1 th (semenjak pindah rumah ke daerah yang udara nya lebih bersih) sampai sekarang alhamdulillah asma nya gak muncul lagi (dan waktu itu kadang2 saya bawa tatsuya ke tempat laut kt nya angin laut/pantai bagus untuk penderita asma),

semoga Filan cepat sembuh ya bu,

salam,

ci (mamanya tatsuya autis 6.3 th)

----- Original Message -----

From: EH

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] Re: Asma....Asma....Mohon info

Cuma pingin nyimpulin, jadi terapinya: bawa ke pantai, (krn angin laut bagus utk org asmatis), niup saxofon, dan pijat ... Makasih ya temen2, sy baru tau...

----- Original Message -----

From: RF

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] Re: Asma....Asma....Mohon info

Ibu Eve,

Kalau saya dulu terapinya nggak cuma ke pantai, pokoknya bawa ke tempat yang banyak anginnya. Waktu masih kecil, kalau kambuh pasti diajak naik mobil sama ortu dan dibawa ke Ancol. Belum seramai sekarang... Cuma tetap aja di pinggir pantai itu banyak yang sedang melakukan 'kegiatan ekstra kurikuler' he..he.. tapi karena masih kecil dan belum ngerti, gak masalah buat (nggak tahu tuh kalau itu masalah dengan ortu saya, yang pasti kita nggak pernah turun dari mobil).

Waktu kuliah di Bdg, saya kost di Ciumbuleuit. Kalau malam-malam mulai sesak napas (biasanya terjadi kalau pagi/siang sebelumnya saya bersihkan kamar dan kasur), biasanya saya duduk-duduk di tempat terbuka (Ciumbuleuit masih dingin waktu itu); kalau udah ngantuk saya tidur buka jendela dan buka pintu. Masih aman waktu itu, nggak ada maling; yang saya takut cuma ada tikus atau ular yang masuk kamar :-)

Asmanya sekarang turun ke anak saya yang paling tua, Orin. Terus kita juga pakai obat yang sama. Kita berdua pakai inhaler (namanya Seretide) yang harus dipakai pagi dan sore, cuma dosisnya berbeda. Lalu kalau kambuh saya (akhirnya Orin juga) pakai inhaler Combivent.

cheers,

-iki

----- Original Message -----

From: Ac A

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] Re: Asma....Asma....Mohon info

Just sharing... Adik saya juga waktu kecil asma, dari masih balita kena-nya. Trus waktu SD ikutan "Satria Nusantara" - olahraga pernafasan. Setelah 1 - 2 tahun, asmanya hilang. Selain SN, dia juga rajin berenang. Intinya sih semua olahraga yang melatih pernafasan. Udara laut juga bagus untuk yang asma, buat yang batuk-pilek juga kalo dibawa ke pantai bisa sembuh katanya.

----- Original Message -----

From: DP

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] Re: Asma....Asma....Mohon info

Nambahin dikit....dari sudut penderita (selain pak Iki)....

Tadinya sempet seperti pak Iki yang harus bawa inhaler kemana-mana. Tapi bete banget, karena kok jadi deg-degan. Plus, agak trauma karena sahabat saya ada yang wafat karena terlalu banyak inhale obat asma. Jadi, saya memilih untuk: meningkatkan daya tahan tubuh dan menghindari penyebab.

Meningkatkan daya tahan tubuh? immune system?

Iya lah yaw....Alergi...kaitannya erat sekali dengan immune system.

Kalo immune system bagus, antara lain dengan makanan yang bergizi dan istirahat cukup....maka lebih tahan terhadap berbagai alergen yang seliweran.

Menghindari penyebab? Nah, tiap individu beda.

Ada yang cuaca, makanan, debu, suasana hati, bahan pencuci, kosmetik, sampai hal yang paling spesifik seperti pembalut wanita !!

Sekedar sharing, saya paling gampang kena asma kalau: capek (terutama

kalau lagi perjalanan roadshow), stress (mikirin anak sendiri dan anak

orang lain), terlalu banyak tertawa (huahahahaha), cuaca (terlalu

panas maupun terlalu dingin), debu (karpet, angin pentagon ...he..he..)....

Selain itu, kalau udah pergi ama dr. HDP keluar kota, biasanya MAKAN

ENAK, naaahhhh....suka ketemu ama biang-biang yang bikin alergi....dan

lalu ooopppss...bengek deh..

Sering kalau lagi roadshow gitu, trus masuk hotel yang "error"...si dr. HDP sambil narik koper akan nengok ke saya dan "bertanya sambil mengancam" ---

"bawa inhaler, ga?!! awas kalo bengek"... he..he.. Males repot yak?

Anyway...itu sebabnya saya merepotkan orang lain kalo diundang (maap yaa.. ibu Mita di Solo, ibu Sri di Sorowako, ibu Shinta di Makassar)...karena minta kamar yang ga' pake karpet. Malah SUSAH !! He..he...

Kesimpulan?

It's still manageable. Just be careful with the medication. Jangan lupa jaga kekebalan tubuh, dan anak ga' boleh terlalu capek.

salam,

Ita

(ga' lagi bengek kok sekarang....tapi karena alergi AC, suara kayak kodok)

----- Original Message -----

From: LM

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] Re: Asma....Asma....Mohon info

Ini sekedar sharing berdasarkan pengalaman (kami sekeluarga alergi karena faktor genetik, saya sendiri punya asma ringan).

Dasar penyakit asma adalah alergi, jadi ceritanya kita harus balik lagi ke masalah alergi. Dan karena manifestasi alergi bisa bermacam-macam, maka gejala serangan asma juga bisa bermacam2, dari kulit jadi merah dan gatal-gatal, bisa pilek, batuk, sesak nafas. Gejala sesak nafas ini yang biasanya diikuti oleh bunyi gik...ngik...ngik... (mengi). Jadi bisa saja pertama-tama tidak ditandai dengan bunyi ngik-ngik dulu, tapi dengan batuk dan pilek dulu. Asma pada anak biasanya gejala pertamanya berupa batuk-batuk, dan batuk-batuk ini muncul karena adanya alergen (pencetus alergi) misalnya bila udara berdebu, udara terlalu dingin, perubahan cuaca, makanan.

Berdasarkan pengalaman, untuk mengatasinya, selain obat (kalau sudah parah), bawa ke pantai sangat membantu, juga pijat, kalau niup saxofon belum pernah coba smile. Sebenarnya berenang juga sangat baik untuk asma (bisa menghilangkan sesak nafas). Berenang dalam arti benar2 berenang, bukan hanya berendam. Jadi mungkin ini khusus untuk anak yang sudah bisa berenang, karena berenang akan mengembangkan volume paru dan juga melatih otot-otot pernapasan. Akan lebih bagus lagi kalau berenang di kolam air hangat.

Tapi prinsip pengobatan asma, yang paling penting adalah menghindari pencetusnya. Untuk kasus anak2, udara yang bersih sangat membantu menghilangkan gejala asma (seperti Tatsuya). Kecuali kasus orang dewasa yang juga sangat dipengaruhi oleh keadaan fisik (Kecapaian karena olah raga dan kerja berat), atau juga oleh gangguan emosi. Jadi kalau orang dewasa punya asma, biar udara bersih kalau lagi "stress" bisa kumat. Ini terbukti kasus asma masih cukup tinggi di negara yang sudah bersih udaranya. smile

Semakin diamati, memang semakin terlihat kalau alergi mempunyai "hubungan erat" dengan gangguan prilaku anak termasuk autisme. Terima kasih pada Dr. Widodo yang rajin membuat artikel dan penelitian mengenai masalah ini.

Salam,

LM

----- Original Message -----

From: IT

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] Re: Asma....Asma....Mohon info

Terima kasih atas respon dan masukannya.

Memang, selain karena faktor keturunan, udara di lingkungan kami juga tidak bersih (daerah Tg.Priok). Setelah saya ingat-ingat, ada 3 rumah tetangga dekat yang sedang renovasi total. Jadi otomatis sangat banyak debu dari bahan bangunan yang bertebaran. Nah...Filan setiap hari main keluar. Bisa jadi ini pemicunya, karena renovasi rumah mereka juga kurang lebih sudah sebulan ini, persis berbarengan dengan batuk Filan yang gak sembuh-sembuh itu.

Salam,

Ind



Total visitors from 2000 to March 2012 : 2,098,400 - Puterakembara 2012
interaction with this site is in accordance with our site policy