Tiap malam pilek/Hidung tersumbat

06/10/2006

----- Original Message -----

From: Hart

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] RE: tiap malam pilek

Maaf, saya mau berkonsultasi pada rekan2 di milis ini. Kira2 ada yg bisa kasih masukan kenapa Dante setiap malam selalu pilek (hidung tersumbat) saya sudah mencoba berbagai cara tapi tetap gagal. Ada yang kasih usul kalau tidur jangan pakai ac, saya pernah coba pakai kipas angin (tentu tidak diarahkan ke dante) tapi hasil tetap saya. Mohon informasi dari rekan2 sekalian kira2 apa yang harus saya lakukan atau obat apa yg bisa menyembuhkan.

Terima kasih

Hart (papa dante)

----- Original Message -----

From: DH

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] RE: tiap malam pilek

Pak Hart,

Kalau pilek hanya pada malam hari, kemungkinannya adalah alergi. Pencetus alergi bisa dari makanan dan juga udara (debu). Pertama-tama mungkin bisa coba membersihkan kamar dante, usahakan jangan ada buku2 menumpuk, mainan seperti boneka, dan sering mencuci tirai jendela, juga saringan filter AC. Usahakan kebersihan maksimal untuk kamar dante.

Apabila masih tidak berhasil, tolong diperhatikan makanannya.

Apakah pilek (hidung tersumbat) karena cairan "ingus"? karena untuk anak saya Janice, biasanya dia lebih ke sesak napas, bukan pilek, jadi tidak ada lendir ingusnya.

Tapi sama saja menurut saya kedua duanya termasuk alergi. Jadi saya pikir boleh dicoba penanganannya seperti menangani kasus alergi.

Semoga membantu

Regards

Da

----- Original Message -----

From: Hart

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] RE: tiap malam pilek

Pak Da,

Terima kasih atas informasinya, ada beberapa hal memang saya perhatikan kebersihannya seperti tumpukan buku, sprai (kebetulan kamar saya hanya ada spring bad dan rak plastic atau dengan kata lain kosong) tapi untuk tirai jendela memang saya tidak memperhatikan sampai sana. Saya akan coba langkah pembersihan dahulu seperti saran bapak.

Pileknya dante memang ada cairan (kadang cair kadang kental) biasa kalau sudah parah dan dia nangis terus terpaksa saya kasih obat tetes (walau dante sangat2 tidak suka).

Kalau boleh tau selain penanganan diatas kira alergi tsb bisa hilang dgn sendirinya atau tetap sampai selama2nya ?

Best regards,

hart

----- Original Message -----

From: KS

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] RE: tiap malam pilek

Dear Pak Hart,



Saya pernah nonton TV disini tentang alergi dan asma. Disini (Inggris) banyak anak2 yang terkena asma karena rumahnya kurang bersih. Anak2 ini jadinya sesak napas kalo mereka naik turun tangga. Untuk menangani hal ini, ada dokter dan nurse yang punya program membantu anak2 dari serangan asma. Caranya ya.......itu dengan membersihkan karpet, tirai, sprei, anjingnya juga wajib dimandiin (kalo punya). Intinya adalah dengan menjaga kebersihan ruangan seluruh rumah dari debu. Kemajuan yang dicapai anak2 ini banyak lho seperti nggak lagi sesak napas dan yang alergi jadinya nggak terlalu parah seperti sebelum ikut program.



Regards

Keh

----- Original Message -----

From: AS

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] RE: tiap malam pilek

Pak Hart,

Sama seperti anak saya Rian tiap malam juga pilek, apalagi kalau siangnya minum air dingin ia pasti tidak bisa nafas & otomatis susah tidur jadi tiap malam sebelum Rian tidur harus digosok dahulu dengan Vicks. Pertama-tama saya curiga apa karena alergi udara (debu) karena setiap konsol dengan dokter pasti penyebabnya alergi udara. Karena waktu itu Rian belum melakukan test alergi jadi saya rajin bersih2 dan

biar debu tidak terbang saya sering membersihkan rumah dengan vacuum cleaner namun setelah test food alergi dengan darah untuk 96 macam bahan makanan ternyata banyak sekali alerginya. Salah satunya adalah alergi susu sapi ( casein & whey ) parah sekali sampai ke yang High tapi dia tidak alergi pada gluten. Semenjak saya lakukan diet dari susu sapi tsb saat itu pula Rian sudah tidak pilek lagi walaupun siangnya dia minum air dingin, sampai sekarang. Jadi saya menyimpulkan kalau dia pilek karena susu sapi bukan alargi udara (debu). Kalau boleh tanya, apakah sudah dilakukan food alergi pada Dante Pak ? karena dari test tsb banyak sekali manfaatnya. Dengan test alergi tsb kita akan menerapkan diet pada anak dengan benar-benar tidak coba2 dan apabila dilakukan dengan benar akan banyak sekali manfaatnya.

Salam

mamanya Rian

----- Original Message -----

From: DH

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] RE: tiap malam pilek

Pak Hart, betul juga seperti kata mama Rian. Untuk Janice, selain karena debu, juga karena alergy makanan, yang sudah terbukti untuk Janice adalah jagung. jagung menyebabkan Janice sesak napas juga. Memang ada baiknya dilakukan test alergi 96 macam makanan seperti mama Rian katakan. waktu itu saya melakukan test melalui Dr. Melly. tapi kalau tidak salah sekarang bisa langsung ke laboratoriumnya karena kalau tidak salah ada cabangnya di indonesia. tolong masukan dari rekan2 yang mengetahuinya.

Tolong perhatikan juga apabila dekat2 rumah Pak Hart lagi ada yang membagun/ renovasi rumah. Pernah Janice saya ajak jalan2 naik sepeda keliling kompleks, melewati rumah2 yang lagi dibangun, dan malamnya langsung batuk pilek sesak napas. Debu dari bangunan itu berbahaya dan banyak sekali. Melewati saja sudah cukup berbahaya bagi yang alergi debu.

Ada beberapa cara yang udah terbukti berhasil membantu meringankan gejala alergy tersebut, yaitu dengan obat antihistamin(contoh ; Ryzen, Profilas). Tapi obat2 tersebut tidak menyembuhkan jadi begitu berhenti mengkonsumsi obat2 tersebut maka gejala alergi akan timbul kembali. Dan lebih baik dengan resep dokter.

Ada juga yang menyarankan mengunakan semacam aroma terapi bernama Lampe

Berge (kalau gak salah tulis), dengan carian pengharumnya bernama Eucalyptus. katanya terbukti berhasil menghilangkan gejala alergi (pilek) untuk anak2nya.

Ada lagi, kalau memang mau , membeli semacam penyaring udara tambahan

(air cleaner) khusus untuk di kamar Dante. Cuman sayangnya harganya mahal, dan memang kalau mau beli sekalian yang bagus daripada yang murah2 dan gak tau betul2 bekerja atau tidak.

Alergi memang harus ditangani secepatnya karena setau saya, bila yang terserang adalah saluran pernapasan bagian atas (kayaknya ini yang terjadi pada Dante) maka lama2 bisa mengakibatkan sinusitis, dan apabila menyerang ke saluran pernapasan bawah, maka lama2 akan menjadi asma.(ini untuk kasus Janice)

waktu itu saya sempat berkonsultasi dengan Dr. Widodo di Rs Bunda, dan saya merekomendasikan dokter ini.

menurut apa yang saya baca, Alergi tidak bisa sembuh, yang bisa dilakukan hanyalah menghindari pencetusnya (debu, makanan, dll). Tapi kenyataannya, kakak saya yang alergy udang sangat parah, sampai2 mencium atau melihat udang di meja makan matanya sudah berair, sekarang ini sudah bebas makan udang. Dan tanpa treatment apapun, sembuh begitu saja. (hmmmm bingung yah)

Dan untuk yang bikin tambah bingung, ada juga ibu2 yang bercerita anaknya alergi terhadap sesuatu, tapi tetap dikasih sampai kesannya jadi kebal terhadap alergi tersebut, sehingga sekarang udah gak alergi lagi. ha ha ha ha bingung... bingung... bingung. Tapi untuk yang sepeti ini saya sangat menentang dan sangat tidak menyarankan kepada Pak Hart.

Kelihatannya, kalau masalah alergi itu berhubungan dengan saluran pencernaan, ada kemungkinan bisa sembuh (alergi yang berhubungan dengan makanan). Contoh kakak saya itu, dan juga untuk Janice yang tadinya alergi telur, sekarang sudah bebas makan kue tart atau kue2 lain yang mengandung telur.

Semoga membantu, saya bisa merasakan sedihnya melihat anak2 kita terganggu tidurnya karena napas yang susah.

Regards

Da

----- Original Message -----

From: Hart

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] Re: Tidak bisa mengeluarkan dahak

Terima kasih atas informasinya pak Dav. Sejak kemarin saya coba mulai bersih2 tapi masih belum semua, semoga benar2 karena debu saja. Tapi sebagai informasi (gak tau bener atau nggak), dante kalau paginya saya Ajak olahraga (lari,jalan dan main bola) biasanya malamnya dia gak begitu pilek.

Thanks

hart

Total visitors from 2000 to March 2012 : 2,098,400 - Puterakembara 2012
interaction with this site is in accordance with our site policy