Berkat Natal dan Terima kasih di Tahun Baru 2006

01/04/2006

Berkat Natal dan Terima kasih menutup tahun 2005 dan menyambut Tahun Baru 2006

----- Original Message -----

From: Frc

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] Selamat Hari Natal 2005

Di hari Natal ini kami sekeluarga mengucapkan Puji Syukur

sedalam-dalamnya ke Hadirat Tuhan atas kemurahanNya, kasihNya yang

sempurna dan gendonganNya... semoga teman2 sekalian juga merasakan

berkatNya yang melimpah...



Kami bersyukur karena di tahun 2005 ini kami beroleh kesempatan lahir

kembali untuk mulai menapaki jalan kehidupan sebagai manusia baru.

Jalan yang ditempuh mungkin tetap sama, berkelok, sempit dan

panjang...

tapi hati kami kini berbeda karena kami menapakinya dengan penuh

sukacita, mata kami kini lebih jelas melihat ke horizon tujuan,

karena semua gerutuan dan ketidak mengertian kami selalu dijawab...

dan apa yang kami perlukan untuk menempuh perjalanan ini disiapkan dan

diberikan... dan terutama karena kami sekarang sadar, kami tidak

pernah melangkah sendirian,

Ada Yang siap menggendong kami dan beban kami selama dalam perjalanan

ini, dikala kami lelah dan putus asa, dikala kami serasa kehilangan

arah, dikala kami memerlukan penghiburan atas kebosanan..

Sehingga langkah kami senantiasa terasa ringan.

Puji Tuhan atas Karunia KasihNya..



Setahun lalu kami melihat masa depan yang serasa mendung

dan 'terbatas',

tujuan masa depan serasa jauh dan melelahkan karena kami serasa

berjalan di tempat...

tapi hari ini kami yakin, saat2 perayaan Natal seperti ini dari tahun

ke tahun akan selalu menjadi saat-saat indah

dimana kami bisa menoleh ke belakang dan mengenangkan

betapa banyaknya kemajuan yang kami telah dapatkan,

bahwa ternyata kami telah menempuh jarak yang demikian jauh dari titik

awal, bahwa batasan masa depan kami ada setinggi langit,

dan bahwa kami tidak tersesat dalam misteri puzzle dengan potongan yang

hilang... karena semua potongan itu ada di depan kami, hanya mata kami

yang tidak melihatnya karena dibutakan oleh kekerasan hati kami

sendiri..



Terimakasih Tuhan atas karunia sahabat-sahabat baru kami yang yang

begitu berharga.. atas jiwa-jiwa dan tanga-tangan penuh kasih yang

bekerja membantu kami dalam Kemuliaan NamaMu..

doa kami bagi mereka semua...

kiranya Kau berkati setiap jiwa mereka dan keluarganya dengan urapan

KasihMu yang melimpah..

kiranya Kau mampukan mereka mendengar jawabanMu atas setiap pertanyaan

mereka..

kiranya Kau bukakan pintuMu atas setiap ketukan mereka..

kiranya Kau berikan apa yang mereka butuhkan sebelum mereka

memintanya..

kiranya Kau terangi hati, pikiran dan roh mereka selalu dengan

kasihMu...

Amin



Selamat Hari Natal 2005

&

Selamat Tahun Baru 2006



Kami yang bersukacita,

Bu, Cis, & Audrey A.

----- Original Message -----

From: RG

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] Hadiah Natal 2005

Deus, 5 tahun 7 hari, didiagnosis autis Juli 2003.

Setelah pencarian yang melelahkan, akhir September 2003 mulai terapi di

Jakarta Barat.

Maret 2005 Deus pindah terapi ke daerah Cikarang karena kami harus

pindah rumah.

Juni 2005 bersama mama Deus kami bertemu seorang Bruder yang juga

kepala sekolah (PL) yang dibuka di kompleks perumahan kami. Kami

sampaikan kondisi Deus dan minta di-asses apakah sudah memungkinkan

diterima di sekolah yang dikelolanya.

Si Bruder lalu bercerita panjang lebar tentang concern dia dengan dunia

per-autis-an. Bilangnya mulutnya sudah berbusa ngajak para guru dan

pimpinan sekolah untuk memulai sekolah inklusif yang menerima anak-

anak spesial kita.

Saat itu juga saya bersyukur kepada Tuhan karena rasanya saya

dipertemukan dengan orang yang tepat justru pada upaya pertama.

Berikutnya saya terperanjat. Alih-alih assesment, dia mulai telepon

teman-temannya di mana sekolah yang mau terima anak autis! Bukan

formulir pendaftaran yang dikasih, tapi daftar contact person pimpinan

sekolah lain yang dapat dihubungi.

Lagi-lagi saya bersyukur, Terima Kasih Tuhan telah menunjukkan kepada

saya 'siapa' orang ini pada kesempatan pertama. (Sang Bruder masih

menghubungi saya beberapa hari kemudian untuk ngasih tambahan daftar

contact person - Thanks anyway).

Pulang rumah, saya marah, kecewa, mau nangis. Deus dan Mamanya jadi

obat penenang. Thanks God for the best gift : Deus and his mother !

Kami terus cari dan berdoa (Ora et Labora).

Juli saya bertemu kepala sekolah lain (DB) di Cikarang. Deus diassess

selama 1 jam. Dia bilang Deus bisa sekolah di sini, tapi saat ini

belum. Datang lagi enam bulan.

Tanggal 15 Desember Deus dan Mamanya kembali ke sekolah DB.

Saat itu saya di Bandung urusan dinas, rapat tahunan.

Pulang rapat ada SMS mama Deus : DEUS MULAI SEKOLAH 5 JANUARI 2006.

Kakiku serasa gak nginjak lantai kamar hotelku .... smile

Tuhan Selalu Memberi yang Terbaik pada Waktunya.

Inilah Hadiah Natal kedua bagi kami.

(Hadiah pertama adalah kedatanganNya sendiri)

Akhirnya, walau jemari tak kuasa saling berjabat dari kejauhan,

terimalah jabat ketulusan hati kami di dunia maya ini.

Selamat Hari Natal

Selamat Tahun baru 2006

Deus + mama & papa

NB : Bu LM satu saat saya akan posting foto Deus.

----- Original Message -----

From: UD

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] RE: Hadiah Natal 2005

Selamat ya Deus, semoga senang di sekolah yang baru. Selamat ulang

tahun juga (seminggu yang lalu ya)

Selamat juga Pak Ro, saya terharu baca cerita Bapak. Semoga Deus

betah dan senang ya di sekolahnya. Anak saya juga umur 5 tahun (lebih

5 bulan tapi), cowok, sudah sekolah dari awal 2004 di TK umum, di

sekolah di mana guru-gurunya bukan cuma bisa mengajar, tapi juga

berdoa dan bahkan berpuasa buat anak-anak special need !

Selamat Natal dan Tahun Baru !

Cheers,

De

----- Original Message -----

From: HPU

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] Ucapan terima kasih menutup tahun 2005.

Pertama-tama saya ucapkan terima kasih kepada Ibu Leny

yang telah rela berkorban waktu, tenaga, dan biaya untuk

menjadi moderator millist puterakembara ini. Terima kasih

juga buat Ibu Dyah Puspita, kalo saya boleh kasih gelar,

ibu saya kasih gelar Master of Autism. Ilmu yang ibu

tularkan kepada kami sangat membantu kami dalam mendidik

anak kami. Bapak Jeffrey dan Oscar, sebagai barometer

untuk anak kami. Kami tidak patah semangat lagi dalam

berjuang mendidik anak kami. Ibu Eveline Hutahean , ibu

adalah seorang yang rela berkorban. Latar belakang

pendidikan ibu yang cukup hebat, namun ibu rela

mengorbankan karir ibu. Ibu JJ Mom, yang selalu saya

bertanya tentang vitamin dan obat. Ibu Elisa, yang setia

mengisi millist ini yang membuat kami tidak merasa sendiri

dalam pahit getirnya hidup bersama anak autis. Pak Taufik,

Master of Sensor Integrasi. Terima kasih atas tips-tips

yang Bapak berikan. Ibu Linda Halim, terima kasih atas

kiriman-kiriman artikelnya. Ibu Lusiana, yang suka

menterjemahkan artikel dari ibu Linda. ( berjasa bgt

soalnya bhs inggris saya payah ). Pak Kristanto, yang suka

memberikan dorongan moril kepada kami. Dan tak lupa terima

kasih kepada semua rekan yang saya tak bisa sebutkan

namanya, semoga di tahun 2006 kita tambah kompak.

Salam,

Har

----- Original Message -----

From: Im B

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] Selamat Tahun Baru 2006

Jauh jalan yang harus kau tempuh..

mungkin samar bahkan mungkin gelap.

Tajam kerikil setiap saat menunggu.

Engkau lewat dengan kaki tak bersepatu..

Duduk sini nak dekat pada bapak,

Jangan kau ganggu ibumu.

Turunlah lekas dari pangkuannya.

Engkau lelaki KELAK SENDIRI..!!!

(NAK (lelaki) - Iwan Fals)



Secara tak sengaja lagu Iwan Fals itu saya dengar dari bilik kerja

rekan sebelah saya.

DEG.!!! Kontan ulu hati ini terasa sesak seolah ada yang

mengganjal.liriknya terasa sangat pas menggambarkan kekhawatiran saya

akan masa depan Raditya anak bungsu kami, yang baru dua bulan lalu

kami ketahui termasuk anak yang "istimewa".

Masih terbayang jelas kepanikan kami dua bulan lalu.segera kami cari

informasi sebanyak mungkin..cari buku, klik internet.dan

akhirnya "berlabuh" di milis putera kembara.

Sungguh banyak yang kami dapat dari Bapak dan Ibu semua.bukan hanya

pengetahuan, tapi juga rasa kebersamaan, walau belum sekalipun bertemu

langsung.

Di penghujung tahun 2005 ini, dengan segala kerendahan hati izinkan

kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua

anggota milis Putera Kembara yang telah berbagi pengalaman dan

pengetahuannya.

Kepada Bapak Har yang telah banyak meluangkan waktu untuk mengirim

semua artikel yang saya butuhkan lewat emal japri saya.

Kepada ibu LM dengan ide jeniusnya mendirikan millis ini.

Ibu DP-nya Ikhsan, kami sudah membeli dan membaca tuntas buku

Ibu.sungguh merupakan sumber inspirasi bagi kami..!!!

Kepada semua anggota millis Putera Kembara..terima kasih atas "sharing-

an" nya.mulai dari yang benar-benar medis sampai yang rada-rada

aneh..seperti ide "Main hujan di hari Jum'at"..hehehehe..(but it's

really nice to try...!!).

Terakhir kami ucapkan Selamat Tahun Baru 2006 kepada semuanya, semoga

semua harapan, doa dan cita-cita dapat segera terwujud. Tetap semangat

berjuang untuk putra-putri kita tercinta.

Wassalam,

29 Desember 2005, saat lirik..ENGKAU LELAKI..KELAK SENDIRI..masih

jelas terngiang di telinga..

Im B - Ayah M. Is'ad Raditya B, Autis

----- Original Message -----

From: Win W

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] Selamat Tahun Baru 2006

Saya dan keluarga mengucapkan Selamat Tahun Baru 2006, mudah-mudahan

di tahun 2006 perkembangan anak2 kita tercinta lebih maju lagi dan

kita sebagai orang tua dimudahkan dan selalu diberikan ketabahan dalam

mendidik/membimbing mereka.

Telah banyak informasi yang saya dapatkan dari Puterakembara untuk

kemajuan anak saya, Gilang. Untuk itu saya ucapkan terima kasih

kepada Bu LM dan keluarga yang dengan ikhlas dan tulus menyediakan

fasilitas bagi orang tua untuk berbagi informasi.

salam,

Wi

----- Original Message -----

From: FR

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] Selamat Tahun Baru 2006

Yth. ibu, bapak dan segenap keluarga besar PK,

Selamat memasuki tahun baru 2006. Semoga tahun mendatang keadaan negara

kita dan masing-masing naggota keluarga kita akan lebih baik.

Tuhan berkati negara kita, keluarga kita dan masing-masing kita (yang

ini nggak mau saya pakai 'semoga', saya percaya banget yang satu ini

'pasti') :-)

-Fr R & keluarga

----- Original Message -----

From: LM

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] Bonus Akhir Tahun 2005

Rekan milis,

2 minggu yang lalu, kami diundang oleh sekolah untuk menghadiri

penyerahan award pada Kevin, anak kami (12 tahun 11 bulan, Kelas 7

atau SMP kelas 1).

Kevin sudah wanti-wanti pesan jangan lupa datang dan jangan terlambat.

Tadinya saya mau hadir sendiri, tapi kemudian suami ternyata minta

ijin dari tempat kerjanya. Begitu lihat kami hadir berdua, Kevin

senang sekali. Pada saat selesai acara, kevin menghampiri kami dan

memeluk saya dengan erat.

Sebenarnya bukan prestasinya yang membuat saya bangga, tapi pada acara

akhir tahun itu, banyak komentar teman-temannya (girls and boys)

tentang personality Kevin bahwa (ini saya kumpulin jadi satu), Kevin

is very nice boy, very kind, care, energetic, open minded, friendly,

helpful, super funny, happy young man.

Terus terang saya surprise sekaligus bahagia banget lihat comment2

teman-temannya itu. Lebih bahagia daripada dapat THR atau dapat

Lotere sekalipun smile

saya bilang heran juga terutama kok Kevin bisa "care", dia bilang:

"I learn everything from what mommy has done to us."

Jadi kesimpulannya anak-anak lebih bisa belajar dari apa yang kita

kerjakan, daripada yang kita ajarkan secara lisan (melihat contoh).

Ini hanya sekedar sharing.... tentang "Berkat Non Materi" yang kami

dapat yaitu "Kemajuan" Kevin dalam sosialisasi yang kami anggap

sebagai Bonus akhir tahun 2005.

Terima kasih Tuhan.

Doa dan harapan saya, semoga semua rekan milis (orang tua) pernah dan

akan mengalami kebahagiaan seperti ini.

Salam,

LM

----- Original Message -----

From: hj

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] Re: Bonus Akhir Tahun 2005

Selamat bu LM atas semua perkembangan Kevin

Rifa juga seumuran Kevin(Klas 1 SMP,12tahun 6 bulan)

Waktu terima raport kami juga hadir bersama,.....hasilnya ada merahnya

tetapi kata wali kelas masih bisa dikejar asal kita sama2 berusaha.

seperti bu lenny bilang dan bu ita memang kita tidak boleh memaksakan

diri terhadap anak.....semua akan datang sendiri,meski harus selalu

diperhatikan.

Saya juga bangga dengan rifa,meski tertinggal pelajaran...trus

temannya nakal-nakal....ia masih semangat kalau ke sekolah....gurunya

juga pengertian,meski di sekolah umum....guru dan terutama

walikelasnya mengerti.....

Bonus juga ya...untuk akir tahun 2005

Salam

Ayah RIFA

----- Original Message -----

From: DP

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] komunikasi...bagaimanapun caranya!

Selamat tahun baru, semua..

Tahun 2005 aku tutup dengan .. 'konseling di rumah'. Tsaaahhhh.kurang

kerjaan? Ga'..bukan. Ga' tega aja. Soalnya orang ini telpon ke mandiga

jumat sore (aku udah kabur dong) dan akhirnya telpon jumat malem ke

rumah, meminta dengan sangat supaya keponakannya yang dari malang

ini 'dilihat' sebentar (emangnya aku ahli nujum?). Ga' bisa hari lain

karena hari ini kemnbali ke malang..

Tahun 2006 aku buka dengan.migren.he..he.. biasa, lah.

Trus selagi tertatih-tatih kesilauan kena matahari pagi, si Ikhsan

sudah siap mau ngajak pergi. Dia sudah sarapan, tapi rupanya

pingggiiiinnnnnn banget jajan. Padahal itu jam 9 lewat.

Maka, terjadilah "percakapan" sebagai berikut. (Please remember, Ikhsan

BELUM (ga' boleh vonis) bisa bicara di usianya yang menjelang 15

tahun).

__

Di kertas aku tulis:

"ikhsan mau pergi" --dia lingkari ( ya / tidak ) ---jawab dia YA

"mau kemana" -- lalu aku tulis pilihan jawaban -- belanja, ke rumah

bude, makan ayam, beli majalah (dia lingkari 'ke rumah bude')

Ha? Aku yang bingung.

Aku cek ulang.

"Mau makan Kentucky dekat rumah bude?" 'tidak'

"Mau apa di rumah bude?"

--- lalu aku tulis pilihan jawaban --- makan, ngobrol, tidur, berobat

karena leher sakit ( dia lingkari 'makan')

"makan apa?" ayam, donat (dia lingkari ayam).

CHECK ULANG:

Di kertas aku bikin kolom:

Ibu tanya: Ikhsan jawab (dengan menulis).

Ikhsan mau kemana? makan

Ikhsan lapar? Ya

Makan apa? KFC

OOOHHHHHH..

Jadi dia mau makan KFC yang di dekat rumah bude = pondok bambu memang

ada KFC dan rumah bude-nya di pondok bambu (he..he..).

Pas aku tanya mau ke rumah bude, dia jawab iya. Tapi pas aku tanya

KENTUCKY dia jawab TIDAK, karena dia tahunya KFC dan bukan KENTUCKY.

He..he. yang "oneng" yang nanya yak?

So.sapa bilang komunikasi HARUS dengan bicara????

Buat orang lain, apa yang berhasil Ikhsan lakukan mungkin tidak ada

artinya. Tapi buat saya, bahwa dia BISA tuliskan 'makan', 'ya', 'KFC'

dan tahu mau ke KFC yang mana (dekat rawamangun/cipinang banyak

pilihan dong)..benar-benar makes a big difference to me.

Selamat datang tahun yang baru. Semoga segalanya menjadi lebih baik.

Apapun itu.

Salam senyum bangga,

Ita

----- Original Message -----

From: JD

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] RE: komunikasi...bagaimanapun caranya!

Tidak mudah dan memang butuh kesabaran yang teramat sangat tapi

pencapaian2 yang sederhana seperti yang anda alami dengan Ikhsan

sungguh membanggakan.

Salute segniora!

JD

----- Original Message -----

From: Win W

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] RE: komunikasi...bagaimanapun caranya!

Perkembangan yang sangat berarti sekali... (saya ikut senang).

Sesuatu yang sangat luar biasa mengawali tahun 2006. Selamat untuk

Ikhsan !

Dulu waktu Gilang belum verbal, perkembangan komunikasi yang

diperlihatkan Gilang sekecil apapun buat saya sangat berarti.

Sekarang sesudah verbal pun, perkembangan komunikasi 2 arah Gilang

masih sangat saya perhatikan dan ternyata dari hari ke hari semakin

banyak perkembangannya.

salam,

Win

----- Original Message -----

From: nj

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] RE: komunikasi...n nice surprise fr Izza

Senang ya dengar kemajuan Ikhsan... Semoga berlanjut terus ya

bu ...Hasil kerja keras ibunya dong...

Saya juga mau sharing dikit, tanggal 23 Des 05 ( telat sehari),

anak saya yang pertama, Maira (9) n fadhi ( kembarannya izza), kasih

kartu yang digambar sendiri, tulisannya, " Selamat Hari Ibu, mama,

semoga Mama bahagia"... waduh, terharunya saya,

ternyata saya selama ini "dianggap" juga ... He2...

Saya masih tunggu hadiah dari Izza...

Ternyata hadiah itu datang kemarin, tanggal 1 Januari , sore..

Ceritanya setelah tanggal 24 Des kita khitanan ( sunatan) si kembar

fadhi dan izza, tanggal 1 kemarin kita undang anak yatim dan beberapa

kerabat n teman untuk syukuran..

Ternyata dia mencengangkan kita semua, dia duduk manis, sambil dengar

beberapa sambutan dan ritual ala Aceh dilakukan ke dia,

( diperciki air dan disuapi ketan sedikit n srikaya)... dia tetap

duduk di tempatnya berdampingan dengan fadhi ( seperti penganten di

pelaminan), n dengarkan ngaji, kira2 total 40 menitan, sampai ibu

saya komentar " Wah, izza udah dewasa banget"...

Senangnya aku...

Looking forward to more nice surprises from Izza n my other kids in

2006!!!

Regards,

Na

----- Original Message -----

From: JD

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] Selamat datang 2006

Sambil jalan di Vegas strip dengan Ira dan Osccar, tiba-tiba

Oscar angkat bicara. Pah, tadi pagi waktu aku ditertawakan oleh

si Fat Joe (julukan dia untuk adiknya Dimi)kakak sebenarnya

tidak senang dan sakit hati. Memangnya kenapa adik dan mama

serta papa ketawa?." Tadi pagi, sebelum Oscar ke busines center

untuk menulis daily blogger-nya, dia memang terburu-buru karena

hanya sikat gigi dan tidak mandi. Dia memakai celana pendek dan

kaus kaki panjang. Ira dan saya nggak tahan lihat

penampilannya, seperti Jojon, mana anak segede bagong, tampang

tua tapi gayanya sembarangan. Begitu si adik lihat kakaknya,

kontan ketawa... Sambil jalan, skenario tadi pagi jelas

terpampang dihadapan saya. Terus Oscar lanjut: tapi kakak sabar

aja pah, khan dengan menahan diri seperti itu, saya akan keluar

dari spektrum autism khan?.

Saya benar-benar terharu mendengar harapan dia. Lalu mamanya

sambil jalan tiba-tiba minta Oscar menirukan gaya dansa Michael

Jackson. Sambil lihat kiri kanan, dia akhirnya menirukan

gayanya Michael...Tapi dengan catatan: kakak nggak keberatan

menirukan untuk mama dan papa sekarang tapi nggak usah

ceritera2 sama sepupu-sepupu dan menjadi pertunjukan ya...

Lalu saya pun berjanji sama Oscar untuk tidak memperlakukan dia

seperti anak2 lagi, karena saya suka nggak tahan dengan

keluguannya dan masih sering memeluk dan mencium-cium dia, bari

berat badannya 92 kg...

Ya, resolusi untuk tahun 2006, supaya saya bisa menahan diri

karena Oscar minta agar dia mulai diperlakukan sewajarnya,

seperti anak dewasa.

Itu resolusi dan mudah2an berhasil.

JD



Total visitors from 2000 to March 2012 : 2,098,400 - Puterakembara 2012
interaction with this site is in accordance with our site policy