Belajar Membaca

10/18/2005

----- Original Message -----

From: RP

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] Belajar Membaca

Dear bu DP,

Mau tanya bagaimana cara mengajari Ikhsan membaca, karena Ikhsan kan masih non verbal, begitu juga anak saya Dhani ASD 4.9th masih non verbal tapi sekarang sudah bisa identifikasi dan discriminate huruf besar dan kecil dari A-Z, kebetulan terapisnya tak pinjamkan buku bu Ita "Untaian Duka Taburan Mutiara" disana diceritakan kalau Ikhsan bisa membaca tapi masih non verbal, dan terapisnya Dhani ingin tahu caranya bagaimana, strategi atau metode apa yang bisa diterapkan? dia terinspirasi dari buku bu Ita dan ingin menerapkannya ke Dhani.

Demikian, semoga bu DP berkenan menjawabnya...

Salam,

Rs

----- Original Message -----

From: DP

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] RE: belajar membaca

Cara belajar baca-nya, pakai baca global.

Intinya, anak dipaparkan pada "kartu dengan gambar bertulisan" sehingga ia melihat dua informasi sekaligus = gambar dan tulisan. Diharapkan informasi tersebut masuk ke dalam memori-nya (yang memang kuat secara visual).

Nah, dari situ kita bergerak terus.

Ditampilkan 2 kartu untuk dipasangkan = kartu bergambar dan bertulisan, dengan kartu bertulisan saja. Jadi anak menatap pada simbol, dan memasangkan simbol (tulisan) tersebut. Mulai dari kata-kata sederhana yang bermakna bagi dia. Dua suku-kata terbuka. Misal: bo la, bu ku, ba ju (biasanya saya pisahkan sedikit penulisan supaya dia juga jadi tahu bahwa kata-kata tersebut terdiri atas suku-kata suku-kata).

Materi ini boleh dibarengi dengan materi "identifikasi suku kata" (ada di kurikulum ABA). Ingat, selalu harus dalam konotasi MAKNA. Jadi anak tidak menghafal mati.

Begitu terus.

Sampai kosa-kata cukup banyak untuk bisa memadukan kata benda dengan kata sifat (bo la bi ru). Dan anak diminta memasangkan (bisa juga dalam bentuk kertas kerja) antara gambar 'bola biru' dengan tulisannya.

Ikhsan intensif dicoba dengan metode begini setiap hari, dengan kosakata yang familiar dan akrab. Sampai akhirnya sampai ke baca kalimat pendek (bebek berjalan di depan anjing) dan ia harus memilih gambar. Sampai (alhamdulillah) ia membaca paragraph singkat (5-7 kalimat) dan ia menjawab pertanyaan berdasarkan bacaan tersebut. Gitu dulu?

Selamat mencoba. Kalau macet, tanya lagi. Yang lain juga boleh nanya.

Oh ya, dulu saking saya ingin ia terus menerus terpapar dengan kata-kata bergambar tersebut, saya tempel berbagai kartu bergambar dan bertulisan di seluruh rumah (dinding) dengan kartu yang lumayan besar (setengah A4). Ada di ruang tivi, kamar tidur, kamar makan. Lalu, semua perabotan saya tempeli juga dengan tulisan-tulisan sesuai namanya. Jadi, tulisan 'ti-vi' aku tempel di tivi, 'kul-kas', 'le ma ri', 'ka ca'. Begitu terus. Biarin aja rumah berantakan, yang penting anak merekam. Dan kartu-kartu tersebut saya ganti secara periodik sesudah di 'check' and 'recheck'.

Salam,

DP

----- Original Message -----

From: RP

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] RE: belajar membaca

Terima kasih bu DP...

Sebagian sudah saya praktekan di rumah di dinding sudah terpasang poster angka, abjad, macam-macam binatang, macam-macam buah, bunga, reptil, lawan kata, cuma memang belum per suku kata, akan saya coba kembali...

Sekali lagi terima kasih, pasti akan sangat berguna bagi Dhani.

Salam,

Rs

----- Original Message -----

From: HW

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] RE: belajar membaca

Yth Bu DP,

Cara ini apakah modifikasi dari metode Doman plus ABA ? Soalnya saya dan istri lagi belajar abis nih metode Doman. Trus kira - kiar bisa nggak ya metode Doman dipraktekkan ke anak autis ?

Mohon pencerahannya ya Bu...

Salam,

HW

----- Original Message -----

From: DP

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] RE: belajar membaca



Ya benar.

Metode baca global memang ciri khasnya Doman. Bisa untuk anak autis? Lha, si Ikhsan?

Pokoknya....coba ajaaaa....Ga' ada rugi kok!

Selamat mencoba.

Salam,

DP

----- Original Message -----

From: AP/IP

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] RE: belajar membaca

Bu DP,

Tolong nanya....

Terus taunya kalo anak kita udah beneran baca atau belum gimana ya ?

Kan dia nggak omong / ngucapin apa2?

Maaf, silly question, abisnya bingung sih, anak saya agak2 bisa menulis (kalo di-dikte kata2) tapi gak bisa membaca (karena nggak mau verbal)

salam,

ir



----- Original Message -----

From: DP

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] RE: belajar membaca

Saya memeriksa apakah Ikhsan bisa baca atau tidak, dengan memberikan instruksi tertulis:

-ambil bola (dan saya lihat apakah dia paham artinya?)

atau, kalau dia baca satu paragraph, saya buat pertanyaan tentang paragraph itu. Dia hanya pilih jawaban. Dengan demikian saya bisa yakin dia paham atau tidak, karena saya periksa satu-satu. Kalaupun macet, macetnya dimana? Kata tanya? Atau kosa-kata yang tidak dia pahami?

Segitu dulu...

DP

----- Original Message -----

From: NN

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] RE: belajar membaca

Sekedar sharing saja ....

Akan lebih efektif lagi, bila anak kita ajak ke supermarket dan diperkenalkan langsung ke benda nya setelah belajar dari gambar2 dan tulisan2 di rumah.

Kami terapkan pada Yakobus setiap week end kami ajak jalan2 ke mall dan supermarket, kami suruh baca barang2 yg menarik perhatiannya dan diperkenalkan dengan buah2 dan sayur2 yang dia sudah lihat di gambar2. Dulu sering juga kami ke Ragunan sambil membawa gambar2, tapi belakangan sudah gak lagi, apalagi sejak ada wabah flu burung...

Sekarang baca nya sudah lancar sekali, kami berlangganan majalah Bobo utk nya. Yakobus tidak bisa membaca dalam hati, dia selalu membaca dengan suara dikeluarkan jadi kami bisa mengoreksi bila salah baca.

Wassalam//

mami Yakobus (autis 7thn)

----- Original Message -----

From: njr

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] Re: belajar membaca



Saya sudah coba metodenya Doman, bahkan beli flash cardnya yang bahasa Inggris,..1,8 juta, agak nyesel juga....

kayaknya kurang sukses, soalnya metode Doman berlaku untuk kata2 bahasa Inggris yang gak kenal suku kata, dia mengelompokan kata berdasarkan katogori tertentu, misalnya makan pagi, yang termasuk adalah "toast, bun, jam, ham, oatmeal,dll"

Sekarang saya coba metodenya Gafa yang sudah disesuaikan, jadi pake vokal dulu, kemudian sukukata, tapi tanpa mengeja.. keliatannya lebih cepet anak saya pahami...

Nadia

Mama Izza,5,8 bulan, PDD NOS

----- Original Message -----

From: HB

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] Re: belajar membaca

Di Gramedia juga ada CD program belajar membaca dan menulis produksi

elekmedia, harganya 40.000,- seperti yang lain Kenan senang main komputer, CD belajar membaca ini salah satu pavoritnya

Alhamdulilah Kenan sudah mulai bisa baca 2 suku kata seperti: dora, sapu, baju dll, padahal baru dua bulan belajar, memang dibantu juga sama guru les yang dateng tiap hari plus dinding kamar Kenan penuh ditempelin kartu yang bertuliskan spt, ma, me, mi,mo,mu (satu suku kata per kartu).

Saya perhatikan, paling gampang ngajarin Kenan setelah jam 9 malem saat dia udah harus masuk kamar, saya gunakan laser pointer untuk tunjuk suku kata yang harus dia hapal, hebatnya satu malam dia bisa hapal satu set spt na.ne.ni.no.nu....tapi jangan tanya kalau pagi/siang hari, dia susah banget konsennya...nanti jam 14.00 saat gurunya datang ada orang rumah yang bakal kasih tau kalau semalam dia baru menghapal bla,bla,bla...lalu diulang deh sama bu guru...saya juga pesan sama bu guru, kalau mengeja beberapa suku kata harus yang ada maknanya, jangan seperti camu, woku dll yang gak ada artinya.

Ibu guru les Kenan, ibu rumah tangga murni, bukan terapis atau semacamnya, bayarannya gak mahal, per visit 90 menit, tiap ada kesempatan bertemu selalu saya info kalau ada hal yang baru, baik yang saya dapat dari buku atau dari milis putera kembara, segi positivenya, selain lebih ekonomis dia mau menerima advise..karena saya sering dengar beberapa terapis yang terlalu kaku sama program yang dia bawa,

padahal kalau buat saya, saya lebih tahu mengenai anak saya dibandingkan orang lain

Laser pointer ? sekarang banyak dijual dipedagang asongan mainan anak, harganya cuma 5 ribu per buah termasuk batere, beli sepuluh udah cukup untuk pakai selama setahun, mungkin lebih..

HB

----- Original Message -----

From: RP

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] Re: belajar membaca

Terima kasih Pak Her dan Bu Na atas infonya...

Pasti berguna banget nih buat Dhani..



Salam,

Rs



Total visitors from 2000 to March 2012 : 2,098,400 - Puterakembara 2012
interaction with this site is in accordance with our site policy