Deteksi dini autis

09/25/2005

----- Original Message -----

From: KW

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] deteksi dini autis

Saya mau minta saran, saya punya anak asperger berusia 9 thn dan sudah sekolah di kelas 4.

Sekarang yang ingin saya ceritakan bukan anak saya. Saya melihat tanda-tanda yg mirip dgn anak saya ketika berusia 2 sd 3thn pada keponakan saya, 2 thn 5 bln. Mis, ngak bisa diam, jalan bolak balik keluar masuk kamar tanpa tujuan, susah tidur (jam 12 mlm bisa bangun, nangis2 dan teriak2), posisi bantal tidak boleh terbalik, makan langsung telan. Tapi, selain itu, ada beberapa gejala yang berbeda, mis. suka membalikan mobil mainannya,terus rodanya diputar, suka sekali melihat kipas angin, setiap malam harus jongkok beberapa menit sebelum tidur, suka melihat dgn sudut mata, kadang2 tatapan matanya kosong (ngak selalu), kalo udah gitu, dia seperti hilang, dan dipanggil juga bengong, waktu dulu (1 sd 1,5 tahun), suka berjalan jinjit, takut suara blender, takut potong rambut (nangisnya dan teriaknya seperti disiksa, dan hrs dipegangi 4 orang), bisa bicara tapi kadang untuk arti yang salah, mis. menyebut, papa, papa, padahal papanya ngak ada disitu, dan menyebut, bajaj, bajaj, bajaj, terus terusan, kadang tidak berhenti, tanpa peduli orang mendengarkan atau tidak, suka menjilati benda2, semua mainan hanya untk dilempar2 dan diinjak, dan yang pasti ngak bisa diam, setiap saat harus ada yang jagain, kalo tidak, pasti terjatuh, atau nabrak kursi.

Di keluarga besar, banyak yg menganggap itu wajar karena anak itu masih kecil, nanti juga hilang sendiri, ada yg menganggap itu lucu, karena tampang keponakan ku memang lucu sekali. Salah ngak ya kalau saya menganggap ada yg salah, atau karena saya terlalu sering membaca ttg autis, sehingga saya terlalu membesar2kan masalah? Apakah sebaiknya keponakanku diperiksa?

KW

----- Original Message -----

From: DP

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] RE: deteksi dini autis

Mendingan sih terlalu hati-hati daripada kecolongan. Masa hari gini masih ada yang mau kecolongan sih? CUmaaaaa.....cara approach memang harus "diplomatis". Soalnya kalo orangtua tersinggung, mati-lah kita. Anak itu ga' tertolong, orangtua musuhin kita pula...

Tapi kalo ga' diomongin terus ternyata beneran jadi "full-blown" pasti kita yang disalahin (Kok ga' bilang-bilang sih). He..he.. salah mulu.

Begitulah....

Ita

----- Original Message -----

From: NN

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] RE: deteksi dini autis

Betul sekali bu Ita...

Teman sekelas TK keponakan ku ada anak autis yang cukup mengganggu di sekolahnya, setiap hari bermasalah seperti memukul teman2 nya. Berhubung ipar ku sudah tahu apa itu autis (pengalaman dari Yakobus), oleh iparku dan guru2 nya menyarankan ibunya agar anak tsb diperika ke psikiater anak (dr Melly). Keesokan harinya, ayah anak tsb datang ke sekolah dengan emosi gebrak2 meja sambil memaki2 ortu2 dan guru2 di sekolah tsb, "memangnya anak gua gila pake ke psikiater segala"?? anak autis tsb langsung dikeluarkan ayahnya dari sekolah tsb karena menganggap anak nya di cap gila oleh ortu2 dan guru2 di sekolah tsb, ortu tsb tetap pada pendirian nya bahwa anaknya hanya terlambat bicara, tidak perlu ke dokter.

Memang serba salah, kalo ketemu ortu yg tertutup, disarankan malah dimaki2 dan dimusuhin, bahkan bisa2 diajak berantem lagi....

Salam//

Nn, mami Yakobus, autis 7thn

----- Original Message -----

From: DH

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] RE: deteksi dini autis

Wah, tanda2 nya banyak yah. Lebih baik buruan di cek deh ama dokter yang mengerti autis dan masalah perkembangan. Kalau mau yakinin orang tuanya, silahkan kasih buku yang jelas2 menggambarkan ciri2 autis, kalau perlu 2-3 macem buku yang berbeda, trus tunjukin deh ke orang tuanya. Toh maksud kita baik.

Regards

DH

----- Original Message -----

From: HB

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] RE: deteksi dini autis

Ibu Kw,

Ada checklist untuk suspect seorang anak autis atau tidak. (Coba browsing diinternet), print out dan berikan ke orang tua ybs. Melalui check list itu orang tua bisa mempertimbangkan perlu tidaknya

Anak dibawa ke phsyiater.

Let them decide............

----- Original Message -----

From: Kw

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] RE: deteksi dini autis

Thanks atas semua sarannya.

Saya udah memberitahu adik saya, dan menyarankan dia untuk membuka website Puterakembara. Dan tanggapannya sangat positive, karena selama ini dia udah merasa 'something wrong'.

Saat ini, kami sedang mencari psikiater yang bisa membantu. Kami udah mendaftar di dr.Melly, dapatnya bulan Februari, dan dr.Hardiono, dapatnya bulannya Januari.

Sementara menunggu, saya meminjamkan buku2 autis yg saya punya untuk dibaca.

Thanks buat semuanya

Kw



Total visitors from 2000 to March 2012 : 2,098,400 - Puterakembara 2012
interaction with this site is in accordance with our site policy