Informasi dan sharing


Assessment Anak Autis

09/14/2005

----- Original Message -----

From: Fa

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] Mohon informasi tentang assessment anak autis

Dear All,

Bulan depan akan datang ahli dari Australia yang menurut kabar yang saya terima dapat memeriksa (assessment) seorang anak termasuk golongan dalam ASD atau mengelompokkan dalam kriteria tertentu serta memberikan rekomendasi untuk terapi lanjutan.

Saya mohon informasi mengenai metode yang digunakan ahli ini, barangkali ada yang tahu. Karena biaya konsultasinya cukup mahal, mohon sharing apakah suatu keputusan yang baik untuk ikut dalam

asessment ini dan apakah rekomendasinya (jika ada yang pernah mengikuti) dapat dilakukan di Indonesia ini.

Terimakasih.

Salam,

Fa

----- Original Message -----

From: DP

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] RE: Mohon informasi tentang assessment anak autis

Temans,

Periksa anak autis itu, tidak ada teknik khusus kecuali observasi dan wawancara mendalam tentang latar-belakang anak. Jadi saya rasa tidak perlu-lah pakai ada tenaga ahli untuk sekedar menetapkan apakah anak kita itu autistik atau tidak. Sayang uang-nya. Zaman sekarang banyak sudah ahli-ahli yang bisa menetapkan apakah anak masuk spectrum autistik atau tidak. Ga' penting tingkatan-nya (ringan, sedang, berat), karena semua tergantung pada penanganan (program dan terapi).

Bukan anti atau apa-apa lho....hanya saja sekedar informasi supaya tidak salah langkah....

Salam,

DP

----- Original Message -----

From: SS

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] RE: Mohon informasi tentang assessment anak autis

Apa yang ibu DP katakan juga ditekankan oleh team ahli yang menangani anak saya. Di tempat kami (Inggris) kelihatannya emang butuh waktu yang sangat lama untuk bisa menarik sebuah diagnosis apakah seorang anak Autis atau tidak. Kemudian setelah ada diagnosis, baru ada further assesment di mana dua kali seminggu si anak akan mengikuti play sessions. Anak saya mengikuti play sessions sejak pertengahan Pebruari yang lalu dan baru hari Jumat kemaren, teamnya diwakili oleh tiga orang memastikan bahwa permasalahan utama anak saya adalah Language disorder. Kemudian saya tanya seberapa parah anak saya. Mereka bilang bahwa mereka tidak bisa mengatakan secara pasti namun yang terpenting adalah mereka sudah punya gambaran pendekatan apa yang harus digunakan sesuai dengan hasil observasi. Namun demikian, speech and language terapistnya mengatakan bahwa anak saya termasuk yang "very serious" karena language abilitynya hanya level one sementara untuk anak seumur dia (4 th) mestinya level four. Sempat sedih juga sich, tapi saya berharap observasi yang panjang akan menghasilkan kesimpulan dan penanganan yang tepat pula.

Diakhir pertemuan kami ditawari untuk periksa darah anak kami untuk melihat kemungkinan penyebab anak saya menderita autis. Team itu pula yang akan mengatur pertemuan lebih lanjut dengan OT dan ahli genetic. Namun terapynya sendiri baru bisa dimulai September sesuai dengan term time. Adakah diantara teman milis yang bisa ngasih saran bagaimana melatih anak saya agar language abilitynya bisa erkembang. Saat ini anak saya baru bisa bilang I want choclate, I want drink, I want crisp. Namun terkadang baru bangun pagipun dia ngomong seperti itu seperti dia mencoba menghapal dan bukan karena dia sungguh-sungguh menginginkan itu.

Terima kasih. SS (ibunya Haytham)

----- Original Message -----

From: LH

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] RE: Mohon informasi tentang assessment anak autis

Dear all,

Saya setuju dengan bu DP perihal assesment (untuk mengetahui diagnosa anak autis). Banyak alat bantu di internet yang bisa membantu kita mengetahui progress anak kita. Di situs Autism Research Institute ada ATEC dan scoring ATEC sudah ada ukuran mild - severenya (kalau masih penasaran). Juga ada questionnaire lainnya (yg dipakai juga oleh dr. RA).

Saya secara berkala melakukan scoring ATEC untuk melihat seberapa progress anak saya, dan supaya fair, saya juga minta terapisnya isi yang kemudian saya combine dengan isian saya. Jika ada rekan-rekan

yang tertarik dengan ATEC yang versi Indo silahkan japri saya (bulletin LRD-nya bu AB pernah memuat juga), saya sudah bikin translationnya untuk memudahkan terapis anak saya mengisi, nanti kalo

sudah diisi, bisa disalin/diisikan di ARI kemudian klik scoringnya untuk lihat hasilnya.

Regards,

LH

----- Original Message -----

From: LM

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] Re: Mohon informasi tentang assessment anak autis

Sekedar berbagi info dan pengalaman, di Australia, selain dokter, yang biasa meng-assess anak adalah Clinical Psychologist. Untuk mendiagnosa seorang anak, Autism Spectrum Australia (Aspect)

Services (dahulu dikenal sebagai Autism Association) di New South Wales menggunakan Assesment tools sbb:

ADI-R (Autism Diagnostic Interview - Revised)

ADOS (Autism Diagnostic Observation Schedule)

WISC-IV (Wechsler Intelligence Scale for Children - fourth Edition)

Proses assessment memakan waktu kurang lebih 3 hari.

Hari pertama, anaknya diinterview/diobservasi selama beberapa jam di Klinik mereka

Hari ke dua Clinical Psychologist observasi ke tempat kegiatan si anak (sekolah/tempat terapi/taman bermain tergantung umur si anak)

Hari ke tiga Clinical Psychologist meng-interview orang tua (dua- duanya) berdasarkan kuesioner list yang memakan waktu kurang lebih 10 jam.

Dari situ barulah akan ada Report mengenai si anak (sangat lengkap) sebanyak 8 lembar, termasuk IQ si anak. Pada bagian akhir halaman report, ada CONCLUSIONS and RECOMMENDATIONS.

Ini sebenarnya yang paling penting.

Semoga membantu.

Salam,

LM



Total visitors from 2000 to March 2012 : 2,098,400 - Puterakembara 2012
interaction with this site is in accordance with our site policy