Obat Peningkat Kecerdasan

09/11/2005

----- Original Message -----

From: JK

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] obat peningkatan kecerdasan

Dear Parent

Untuk meningkatkan kecerdasan DSA anakku (Slow learner) dengan Nootropil(puyer). Apakah saya boleh menambah sendiri dengan obat peningkat kecerdasan lagi yaitu encebion syrup? jadi minum keduanya. Biar cepat meningkat intelektualnya. Mohon sharing mungkin ada yg mengerti. Umur anakku 11th.

terima kasih maaf kalau ada yang tidak berkenan

JK

----- Original Message -----

From: RH

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] RE: obat peningkatan kecerdasan

Nootropil ? Anak saya juga dikasih tuh...sehari 2 kali satu sendok teh yang dikatakan sebagai obat menurunkan hyperkinetiknya. Sekarang udah bisa nyuzun puzzle, minta boneka spongebob kaya teman2nya, bantuin masukin baju ke mesin cuci, dan dia senang banget ke terapis di RS HERMINA Bandung...

RH

----- Original Message -----

From: LSW

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] RE: obat peningkatan kecerdasan

Dear pak JK,

Salah satu indikasi Nootropil ( Piracetam ) memang utk children with learning difficulties associated with the written word (MIMS 2004). Pada elderly biasanya diberikan dengan indikasi loss of memory, lack of concentration/alertness, mood changes, behavioural deterioration dan personal negligence. Kadang-kadang pada pasien stroke juga diberikan, karena obat ini meng-klaim bisa dipakai sbg neurotonics / cerebral activator, tapi belum evidence-based sebenarnya.

Mungkin saya boleh diberi tahu apa isinya Encebion , karena saya cari di MIMS Singapore tidak ada.

Thanks

Dr. LSW

----- Original Message -----

From: JK

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] RE: obat peningkatan kecerdasan

Yth Dr. Louis

Sebenarnya DSA anak saya memberi Nootropil, tapi saya tanya apotik ada juga obat yang digunakan menambah kecerdasan (encebion). encebion ini juga Pirasetam. Jadi saya sementara menyimpulkan sama fungsinya? Nootropil mengandung Piracetam (2-pyrrolidon-acetamida)

Indikasi Nootropil :

Sindroma involusional/kemunduran yang berhubungan dengan usia/penuaan :

kehilangan daya ingat, astenia (lemah/tidak bertenaga), gangguan adaptasi,

gangguan reaksi psikomotor. Kerusakan pembuluh darah otak dan

insufisiensi sirkulatori serebral (kegagalan peredaran darah di otak) :

iskemik atau timbulya perdarahan akut, manifestasi kronis bebas dari

kerusakan atau aterosklerosis otak. Alkoholisme kronis & ketagihan.

Sindroma sesudah traumatik (terpukul, terbentur, dll) : disfungsi otak yang

berkaitan dengan akibat setelah traumatik (sakit kepala, vertigo,

kegelisahan, astenia). Obnubilasi berat & koma vaskuler karena trauma

atau toksik/keracunan : pemulihan kesadaran dengan cepat. Terapi pada

anak-anak : dysleksia, kesulitan belajar.

indikasi encebion:

Sindroma psiko-organik seperti sindroma involusional yang berhubungan

dengan penuaan : gangguan memori yang bersifat sementara, lemah/tidak

bertenaga, gangguan reaksi psikomotor, gangguan adaptasi.

Ateroskerosis otak & kerusakan pembuluh darah otak, iskemia (keadaan

kekurangan darah dalam jaringan) atau kerusakan akibat perdarahan akut.

Disfungsi otak yang disebabkan oleh sisa gejala setelah traumatik (sakit

kepala, vertigo, kegelisahan, lemah/tidak bertenaga, ingatan berkurang), &

keracunan akut & untuk meningkatkan kemampuan intelektual anak

Mohon pencerahan Dr. Louis apa ada obat terbaru untuk anak slow learner. Yang kedua sampai kapan anak saya harus minum Nootropil? padahal s/d sekarang hasilnya belum sempurna (sekarang sudah habis 1 botol dan mau di

berikan lagi, apa tidak kasihan/terganggu organ lainnya (ginjal,lever,dll)?

Apa dari segi medis bisa dideteksi kelainan otaknya(dengan brain maping) sehingga slow learnernya bisa disembuhkan?( saya sudah tes EEG nggak ada masalah).

Terima kasih atas pendapat Dr. L dan saya sangat mengharap pencerahannya.

JK

----- Original Message -----

From: LSW

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] RE: obat peningkatan kecerdasan

Nootropil sebenarnya BUKAN "standart of practice" yang umum diberikan untuk anak dgn gangguan belajar/ bahasa/ tulisan. Seperti saya utarakan di email yang lalu, obat ini BELUM evidence-based, bahkan di US belum FDA approved untuk indikasi tsb, tapi sudah dipakai di Eropa bertahun-tahun lamanya. Mechanism of actions nya belum sepenuhnya dimengerti. Dikatakan obat ini bekerja pada susunan saraf pusat. Pada hewan percobaaan, obat ini dapat meningkatkan stabilitas dari membran sel dari sel2 saraf pada susunan saraf pusat, meningkatkan aktifitas metabolisme saraf sehingga sel2 saraf dapat memproduksi lebih banyak energi. Dikatakan juga obat ini dapat meningkatkan kepadatan neuroreceptor ( receptor pada sel saraf yang bertanggung jawab untuk menghasilkan reaksi dari neurotransmitter ) sehingga dapat dipakai untuk mencegah penuaan otak dan mencegah alzheimer. Obat ini juga dapat meningkatkan respons dari cholinergic receptor di otak, yg sangat penting untuk daya ingat.

Ada beberapa clinical trial yang dilakukan pada anak dengan gangguan belajar dan dyslexia dengan obat ini dengan hasil yang mixed ( beberapa hasil clinical trials terlampir di bawah ).

Untuk Pak J : Kalau sudah mengkonsumsi Nootropil, TIDAK PERLU menambah lagi dgn Encebion, karena isinya sama2 Piracetam. Saya percaya DSA bapak sudah memberikan Nootropil dengan dosis yang cukup. Konsumsi berlebihan dari suatu zat aktif/ obat akan meningkatkan incidence side effects (agitasi, nausea, stomach ache). Penggunaan sampai 36 minggu tidak ditemukan any side effects pada salah satu clin trial. Tapi harus diingat juga bahwa pada trial yg lain (pada orang dewasa), side effect timbul pada 1-3% dari pasien seperti hyperkinesia, insomnia, weight increase, somnolence, nervousness and depression. Jadi perlu diperhatikan gejala2 side effects tsb pada anak bapak. Selama fungsi ginjal dan liver normal, dan tidak ada side effect yang timbul, obat ini bisa diteruskan.

Utk Ibu U :

Sel sel syaraf otak seseorang biasanya 90% sudah terbentuk dalam usia 1 tahun, tetapi sel2 saraf dapat membentuk koneksi2 baru yang diperlukan untuk mengembangkan berbagai fungsi. Hal ini dapat menjelaskan mengapa dapat terjadi proses penyembuhan pada pasien stroke yang sel saraf nya sudah mati. Jadi kalau ada bagian otak yang tidak berfungsi , bagian otak lain akan sedapat mungkin mengambil alih fungsi dari bagian otak yang tidak berfungsi tsb. Dan program2 rehabilitasi membantu sel2 otak yang masih sehat untuk mengadakan koneksi2 baru untuk mengambil alih fungsi otak yang tidak berjalan sebagaimana mestinya. Jadi ibu tidak usah khawatir , meskipun syaraf otak anak sudah "jadi", tapi masih bisa diperbaiki. Saya sarankan ibu tetap teruskan program ABA, speech dan occ therapies.

Penggunaan Nootropil harus dengan pantauan dokter. Saya sarankan ibu berkonsultasi dengan dokter yang menangani anak ibu tentang penggunaan obat ini. Sebenarnya penggunaan obat ini terpulang pada masing2 pendapat dokter. Ada dokter yang punya prinsip "It's no harm to try" meskipun belum evidence based, karena side effect obat ini juga minim, dan hasil positive / improvement juga ditemukan pada sebagian trials. Tapi ada juga dokter yang tidak akan memberikan obat yang belum evidence based (terutama dokter2 di teaching hospitals), karena hanya menghambur2kan uang tanpa ada hasil pasti yang dapat dipertanggung jawabkan.

Clinical trials piracetam kebanyakan dilakukan dengan anak dyslexia (unable to interpret written language):

1. 80 anak dengan ADHD : hasil positive untuk anak yang diberikan piracetam dengan dosis yang lebih tinggi (70 mg / kg) dibanding lower dose, terutama behavioral,motor dan attention (Korsakova, 2004).

2. 60 anak dengan dyslexia : hasil sama saja dengan placebo dalam hal reading, tapi group piracetam mendapat kemajuan dalam word recognition( Ackerman PT, et al , Univ of arkansas, 1991)

3. 225 anak dengan dyslexia : hasil positive : showed significant improvements in reading ability dan comprehension. Hasilnya bagus stl 12 minggu dan stl 36 mg.(Wilsher CR, et al,1987)

4. 60 anak dgn dyslexia : Hasil: no significant difference dgn placebo dalam hal accuracy or comprehension of prose reading, tapi pada group piracetam ditemukan bahwa anak lebih cepat dlm first trial learning dan long term

storage, dan single word reading.

5. 55 anak dengan dyslexia ( 12 minggu) : tidak ada perbedaan yang significant dalam hal persepsi, memory, language, reading accuracy and writing accuray. Tetapi reading speed and numbers of words written secara significant meningkat pada anak dengan piracetam. Effective reading dan writing ability juga meningkat pada group piracetam. ( Tallal P, et al)

Demikian keterangan dari saya. Hope it helps.

LSW

----- Original Message -----

From: RP

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] RE: obat peningkatan kecerdasan

Dear dr. L,

Kalau untuk Risperdal/Risperdone bagaimana? karena anak saya Dhani ASD 4 tahun mengkonsumsinya! apakah sudah evidence-based dan sudah FDA approved!

Karena ada pro dan kontra sih jadi agak-agak bingung, walaupun dokternya bilang no worries!

Mohon informasinya, thanks in advance.

salam,

R

----- Original Message -----

From: JK

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] RE: obat peningkatan kecerdasan

Dear Dr. L,

Saya sangat berharap ada informasi dari Bapak dengan obat yang "standart of practice" yang umum diberikan untuk anak dengan gangguan belajar/slow learner, yang evidence-based juga di US FDA approved. Saya sangat mengharapkan ada kabar baik dari Bapak untuk anak saya.

Saya sangat menunggu kabar baik itu Pak. Barangakali juga apa harus didiagnosa dulu dengan (TOPOGRAPHIC BRAIN MAPPING /TBM).

Untuk practice anak hyperactive kayaknya sudah ada obat terbaru dari Jonsen&Jonsen, dan menurut DSA neurologi saya sudah terbukti.

salam

JK

----- Original Message -----

From: TP

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] RE: obat peningkatan kecerdasan

Dear Dr. L,



Terima kasih banyak atas penjelasannya. Membaca hasil clinical trial obat ini, saya setuju dengan Dokter, masih belum pasti ya. Kadar 'tergoda" saya menjadi turun. Dulu anak saya yang kecil pernah diberikan nootropil pada usia 1 1/2 tahun karena belum bisa bicara., Hasilnya bukan bisa ngomong, tapi tidak bisa tidur (baru tidur jam 3 pagi. Itu pun dia sudah bangun jam 7 pagi). Akhrinya saya stop.



Sekali lagi terima kasih dan salam kenal dari saya sekeluarga. Selamat bertugas ya Dokter.



Salam,

TP

----- Original Message -----

From: LSW

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] RE: obat peningkatan kecerdasan

Buat Pak JK,

Sejauh ini belum ada obat yang Standard untuk anak dengan gangguan belajar/slow learner. Semua obat2 an yang sekarang ada di pasaran memberikan hasil yang variable. Prinsipnya, kalau anak bapak pernah mencoba suatu obat, dan ADA kemajuan, obat dapat diteruskan, sejauh tidak ada side effectnya. Yang penting bapak jangan patah semangat dalam membimbing dan mengarahkan kemajuan anak bapak. Saya akan ikuti perkembangan obat dari Johnson n Johnson spt yang bapak tanyakan.

Buat Ibu TP,

Memang hasil dari obat ini variable, ada beberapa anak yang mendapat manfaat, tapi ada juga yang tidak, malah cuma mendapat side effect yang tidak diinginkan. Salam balik dari saya untuk keluarga.

Buat Ibu RP,

Risperdal sebenarnya di FDA - approved untuk treatment of acute and chronic schizophrenic psychosis, dan behavioral disturbances untuk pasien dementia.

Tapi juga umum diberikan secara luas untuk treatement ASD terutama untuk mengurangi aggressive behaviour dan self injury dan destructive behaviour karena success rate nya bagus ( walaupun sebenarnya NO formal studies have been done to children, formal studies selama ini hanya dilakukan pada pasien dewasa utk schizophrenia dan dementia). Seperti obat2 an lainnya, keputusan untuk memberikan obat ini pada anak ASD harus dipertimbangkan antara manfaat dengan resikonya ( antara lain : risperdal can lower the seizure treshold, artinya ambang kejang dpt menjadi rendah pada anak dengan kecenderungan kejang tapi kalau anak ibu tidak punya kecenderungan kejang , ibu tidak perlu kawatir). Jadi prinsipnya sama spt Nootropil : selama tidak ada side effect yg merugikan, dan ada improvement, penggunaan bisa diteruskan.

Buat Ibu Ri,

Sejauh ini, saya belum pernah membaca bahwa ginkgo dapat merusak saraf otak. Efek samping yang pernah dilaporkan biasanya cuma ringan dan jarang terjadi,spt mual, muntah, diare, sakit kepala, pusing, palpitasi, gelisah, weakness atau skin rashes. Ginkgo bekerja dengan menghambat platelet activating factor (PAF), PAF ini yang bertanggung jawab untuk penggumpalan / pembekuan darah ( kalau kita luka ). Jadi ginkgo dapat digunakan sebagai pengencer darah. Kebanyakan clinical trials untuk ginkgo dilakukan untuk penderita alzheimer, dementia, dan memory enhancement.

Yang perlu diingat, karena ginkgo berfungsi sebagai pengencer darah, pemberian ginkgo harus dihentikan 36 jam sampai 14 hari sebelum pencabutan gigi atau operasi lain pada anak.

Ginkgo jangan diberikan bersama2 dengan ginseng, bawang putih, karena akan meningkatkan resiko perdarahan.

Salam,

LSW

Total visitors from 2000 to March 2012 : 2,098,400 - Puterakembara 2012
interaction with this site is in accordance with our site policy