Brosur khusus untuk Anak-anak


(For Kids Eyes Only)

09/11/2005

----- Original Message -----

From: Ind

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] For Kids' Eyes Only

Dear all,

Dibawah ini saya kutip brosur informasi autism yang disebarkan di sekolah-sekolah umum di Canberra, Australia. Sasarannya adalah anak-anak SD bukan penyandang autism. Brosur dicetak di kertas ukuran A4 sedikit lebih tebal/kaku dibanding kertas HVS, dilipat 3, plus ilustrasi gambar wajah dan bunga, coretan seorang anak ASD. Pembuat brosur Autism Association ACT (Australian Capital Territory) yang sebagian besar anggotanya para ortu

anak ASD.

-----------------------------------------------------------------------------

FOR KIDS' EYES ONLY

AUTISM SPECTRUM DISORDER

EVER WONDERED WHY:

- Some children don't answer when you talk to them.

- Some children don't talk at all, even though they are big and at school.

- Some children talk only about dinosaurs or space.

- Some children flap their hands or twirl around.

- Some children play with string or other funny things.

- Some children don't go away even when you ask them to.

- Some children walk round and round the playground all by themselves.

These children may have an Autism Spectrum Disorder (ASD).

WHAT IS AUTISM SPECTRUM DISORDER?

An Autism Spectrum Disorder (ASD) occurs when a baby's brain develops a

little differently before or just after the baby is born. The brain then

processes or interprets information differently.

People who have an ASD have difficulty communicating and learning how to be

friends with other people. They often want things to be the same and may

need to do things in exactly the same way every time.

People who have an ASD also sense things differently from many other

people. Loud noises, like the school bell, can hurt their ears and they may

not like the way certain things feel. They may like to stare at leaves

moving in the trees but hate the swirling lights at the school disco. They

may only want to eat exactly the same things or they may not like the way

some food smells.

IS EVERYONE WHO HAS AN ASD JUST THE SAME?

No. People who have an ASD are different from each other just like you and

your friends are different.

Some people who have an ASD can talk, but they usually expect you to say

exactly what you mean, if you say "Jump to it!" when you mean "Hurry up",

the child who has an ASD will probably start jumping.

Other people who have an Autism Spectrum Disorder use pictures or

photographs to communicate with you.

Some people who have an ASD can do their school work quickly, while other

people find it difficult to learn to read and write. Some people who have

an ASD want to be alone while others want to have friends, but don't know

how to make them.

There are different types of Autism Spectrum Disorder, which have different

names; these include Autism and Asperger's Syndrome.

CAN I CATCH AUTISM SPECTRUM DISORDER?

No. You can't catch an Austism Spectrum Disorder like you catch a cold or

chicken pox. People are born with an ASD. As they grow older many people

who have an ASD learn to do lots of things just like you.

WILL ASD GO AWAY?

No. An ASD is something that people have all their lives. However, as they

grow they learn more and more about the world. Many people who have an

Autism Spectrum Disorder will have a job and live independently when they

grow up, just like you will.

HOW CAN I HELP SOMEONE WHO HAS AN ASD?

- Be nice and don't tease.

- Ask them to join in your games.

- Sometimes people who have an ASD like it when you talk to them.

- Speak clearly and don't use too many big words.

- Say what you mean.

- Tell the person to take a step back if they come too close.

- Remind the person that we only need to say things once.

- Warn the person if there is going to be loud noise.

- People who have an ASD usually like to play with a few friends, they may

not feel comfortable in a large group.

- Explain the rules of the game just before you start to play.

- Understand that sometimes the person who has an ASD may need time alone.

REMEMBER IT'S OK TO BE DIFFERENT! WE ALL ARE!!

For more information on Autism Spectrum Disorder

Contact:

Autism Association ACT

alamat ..........

telepon .........

-------------------------------------------------------------------------

Salam,

Ind.

----- Original Message -----

From: AB

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] Re: For Kids' Eyes Only

Dear Temans,

Hari ini aku dapet surat dari seorang gadis teman sekelas Adi. Isinya kebingungan gadis itu menghadapi Adi. Karena Adi terus menerus bilang mau kawin ama gadis itu. Lalu ada 2 hal lain yang diungkapkan olehnya di dalam surat itu. Ia menulisnya dengan sopan dalam bahasa Inggris. Ia tulis, semestinya dengan umur 12 tahun, Adi sudah bisa bersikap lebih dewasa. Why and please advice him, katanya.

Beruntunglah saya baru baca posting ibu Ind., jadi saya bisa langsung print untuknya. Terima kasih ya Bu. Kebetulan juga udah punya penjelasan adhd dari website juga. Jadilah kedua dokumen tersebut akan dijadikan lampiran penjelasan buat gadis ini. Senin aku bales suratnya. Saat ini lagi beredar di kalangan terapis dulu.

Busyet, anak gua ngebet banget mau kawin ama dia, jadi takut deh si gadis.

Aku yakin kedua orang tuanya bisa turut membaca dan menjelaskan. Doakan aku yah....lagi bergelombang dikit-dikit nih.

Salam,

AB

----- Original Message -----

From: DP

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] Re: For Kids' Eyes Only

Ini yang aku khawatirkan beberapa minggu lalu tentang ikhsan dan pujaan hatinya itu.

Susah juga kalo anak udah remaja.

Salam,

DP

----- Original Message -----

From: AB

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] Re: For Kids' Eyes Only

Jum'at malam, aku kaget banget waktu guru Adi bilang bahwa anak gadis itu ternyata ADHD juga. Pantesan lain.

Buat gurunya, jadi lebih melegakan, katanya. Buat aku, tambah ruwet, karena lebih susah menjelaskan.

Wong mereka kutub yang sama, lha jadi sama-sama spesial.

Rencana lampiran ini itu akan dikaji kembali. Barangkali tidak mencapai sasaran nantinya.

Wish me luck.

Salam,

AB

----- Original Message -----

From: LD

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] Re: For Kids' Eyes Only

Wadow...semakin asyik ceritanya..... ditunggu lanjutannya..... good luck dech,

semoga sukses,

LD

----- Original Message -----

From: Id

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] Re: For Kids' Eyes Only

Aku jadi deg-degan, karena tahun ini umur si Syauqi 9 tahun.

id

----- Original Message -----

From: AB

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] Re: For Kids' Eyes Only

Dear Temans,

Akhirnya aku balas suratku dengan konsep semula, surat diberikan tadi siang oleh sang guru. Mudah-mudahan mereka sempat mengintip apa isinya.

Semua lampiran diberikan, yaitu dari : www.coping.org (Kalo nggak salah, udah pikun nih) dan yang Ibu

Indr. beri "For Kids'Eyes only".

Saya bersyukur dapat masukan dari seorang ibu melalui japri. Thank mama Rino.

Apa yang terjadi besok? Belum tau, aku juga belum siap bicara langsung lewat telpon baik dengan orang tuanya maupun dengan si gadis. Semoga semuanya bisa beres yah.

Doakan aku yah.....

Salam,

AB

----- Original Message -----

From: AB

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] Re: For Kids' Eyes Only

Dear Temans,

Hari Selasa malam, ibu sang gadis telpon. Dia sudah baca suratku. Katanya sangat terharu membacanya. Lalu ia menjelaskan kondisi anak gadisnya yang agak ADHD, sehingga dari segi emosi juga mesti mendapat perhatian. Saya juga minta maaf. Kebetulan si gadis sudah seperti anak tunggal, karena kakaknya sudah 28 dan 21 tahun. Iya...aku paham deh situasi seperti itu. Kamipun saling meminta maaf. Damai deh rasanya.

Dari gurunya Rabu kemarin saya mendapat laporan, bahwa mereka sudah lebih baik dari sebelumnya.

Adi juga sudah tidak terlalu ngebet ama si gadis, karena aku cerita dia juga ADHD, jadi jangan ganggu, nanti jadi marah. Walaupun cuma pegang kepang rambutnya, bisa meledak-ledak. Adi ingat nggak, dulu waktu kelas 3, Adi dipegang bahunya ama guru kelas, marahnya sampe meledak. Untung sudah kenal Sensory Integration. Itu saya ceritakan kembali.

Terima kasih sekali lagi buat mama Rino, Ibu Ind dan Ibu DP yah. Semoga sharing saya bermanfaat buat teman lainnya.

Salam,

AB

----- Original Message -----

From: Ind

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] Re: For Kids' Eyes Only

Dear Ibu AB,



Saya bersyukur dan ikut senang, lega, masalah ibu/Adi/si gadis, bisa diselesaikan dengan baik.



Salam,

Ind



Total visitors from 2000 to March 2012 : 2,098,400 - Puterakembara 2012
interaction with this site is in accordance with our site policy