Refleksi 2004

12/25/2004



Yth. Rekan Milis,

Sebentar lagi kita akan memasuki tahun 2005 dan meninggalkan tahun 2004.

Di penghujung tahun 2004, ada kabar gembira bagi orang tua penyandang autis dan yang peduli pada masalah autis, yaitu dengan adanya Kebijakan baru Departemen Pendidikan Nasional. Dengan munculnya kepedulian dari DepDikNas, mudah-mudahan diikuti dengan kemudahan penerimaan anak-anak spesial di sekolah-sekolah umum. Walaupun realisasi-nya pasti akan memakan waktu lama tapi dengan dukungan dari semua pihak mudah mudahan akan terlihat hasilnya dalam waktu dekat. Siapa tahu di tahun-tahun berikutnya akan tersedia budget/dana khusus dari Pemerintah untuk penelitian masalah autis (mudah-mudahan...).

Pada bulan April 2004, telah dilaksanakan DAN Conference di Virginia, USA. Konferensi ini cukup penting bagi dunia perautisan karena biasanya diperkenalkan perkembangan baru mengenai pengobatan/treatment autisme yaitu berupa protokol/guide line para dokter dan praktisi.

Beruntung ada salah satu rekan milis Puterakembara, Bapak Bagwanto (suami bu Any) yang hadir dan memberikan Laporan Pandangan Mata langsung dari USA. Terima kasih yah.... Pak/Bu.

Sampai saat ini jumlah rekan milis Puterakembara mencapai lebih dari 900. Bertambah hampir empat kali lipat dari jumlah rekan milis pada tahun 2003 yang berjumlah 250 (pada saat buku "Bunga Rampai" terbit). Keprihatinan timbul apabila yang bergabung adalah orang tua anak autis karena berarti penyandang autis makin bertambah. Dari sisi profesi rekan milis, cukup banyak dokter, praktisi autisme, journalist, peneliti yang bergabung dan aktif berpartisipasi. Ini mungkin dapat diartikan sebagai kemajuan signifikan atas "rasa ingin tahu" dan "kepedulian" masyarakat terhadap autisme.

Diantara rekan milis yang baru bergabung, ada beberapa yang berdomisili di luar Indonesia yaitu Malaysia, Singapura, Australia, Afrika, USA, Timur Tengah, Jepang dan Eropa.

Jumlah posting pada tahun 2004, sampai hari ini lebih dari 4500. Ada penambahan dibanding tahun 2003 yaitu 3625. Ini menunjukkan rekan milis semakin aktif dalam tukar menukar informasi dan pengalaman. Suasana milis terlihat sangat kondusif dan kekeluargaan. Sarana Milis yang tadinya disediakan untuk sharing informasi dan pengalaman, telah berkembang menjadi sarana untuk saling menguatkan.

Pada kesempatan ini saya ingin mengucapkan terima kasih pada dr. Hardiono yang telah banyak memberi dukungan moril (walaupun di belakang layar) dan pada ibu Dyah Puspita, yang selalu konsisten membantu pertanyaan rekan milis dengan gayanya yang lugas.

Terima kasih juga kepada semua rekan milis yang tidak dapat saya sebutkan satu per satu atas partisipasinya selama ini.

Mari kita tinggalkan 2004 dengan mensyukuri BERKAT yang telah didapat dan kita hadapi tahun 2005 dengan DOA dan SEMANGAT untuk meraih masa depan yang lebih cerah bagi anak-anak kita.

Salam,

Leny Marijani

Moderator

Total visitors from 2000 to March 2012 : 2,098,400 - Puterakembara 2012
interaction with this site is in accordance with our site policy