Berbagi kebahagiaan

11/11/2003

----- Original Message -----

From: WW

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] berbagi kebahagiaan

Teman2,

Saya ingin berbagi kebahagiaan dengan teman2 mengenai kemajuan Gilang setelah 3 bulan menjalani sekoah di SD.

Pada tanggal 5 Oktober yang lalu, Gilang ikut tampil menari "kuda lumping" di acara ulang tahun sekolahnya yang diselenggarakan di Musium Nasional. Acara tersebut ditonton oleh orang tua murid dan undanga lainnya. Dia menari bersama 3 orang teman sekelasnya yang normal semua dan tampil di panggung sekitar 10 menit (tapi latihannya 3 minggu ...)

Alhamdulillah tidak ada hambatan apapun dan dia tampil dengan baik. Saya sangat senang dan terharu melihatnya karena tidak menyangka dia bisa mengikuti irama dan menari bersama teman2nya dengan kompak. Penonton yang lain yang tidak tahu riwayat Gilang tidak menyangka Gilang adalah anak autis. Saat ini memang perilaku autisnya hampir tidak kelihatan yang masih kental kelihatan hanya hiperaktifnya dan kurang konsentrasi.

Dari cerita di atas, saya melihat kemajuan terakhir yang ditunjukkan Gilang adalah rasa percaya dirinya sudah muncul dan bisa melakukan kerja kelompok. Melihat kemajuan ini, tidak henti-hentinya saya mengucapkan syukur alhamdulillah, meskipun masih ada beberapa perilaku jelek Gilang yang harus diperbaiki. Saya berterima kasih kepada Gurunya yang mau diajak kerjasama dan saat ini saya menitipkan kepada beliau agar dapat mencatat perilaku-perilaku negatif/kurang baik Gilang yang muncul selama di sekolah. Hal yang sama saya lakukan juga di rumah dan di tempat terapinya. Berdasarkan catatan tersebut, saya bersama terapisnya dapat membuat program terapi yang lebih baik dan fokus.

Berdasarkan pengalaman saya bahwa kemajuan yang pesat tidak akan diperoleh tanpa kerjasama yang baik antara orang tua, guru di sekolah, terapis, dokter dan juga pengasuhnya.

salam,

wina

----- Original Message -----

From: TW

To: peduli-autis

Subject: [Puterakembara] Informasi tentang Adit dan minta tanggapan

Dear rekans,

Baru buka email lagi setelah keluar kota dari tanggal 12 Oktober s/d 1 November 2003, ada informasi mengenai Adit yang menggembirakan dan juga mengkhawatirkan selama saya tidak berada di rumah.

Pada tanggal 17 Okt 03 Adit beserta 9 temannya yang lain mewakili TKnya ikut lomba nyanyi jingle Bogasari se Jabotabek di Taman Anggrek (latihannya selama 1 minggu penuh) dan dapat juara harapan 1 (lumayan dan info yang diperoleh tidak dapat juara diatasnya karena suara anak perempuan tidak terdengar, agak jauh dari mig, Adit pas didepan mig, saya lihat di foto yang dibuat engkongnya).

Sabtu berikutnya Adit ikut lomba komputer di ITC Cempaka Mas (saran dari guru komputer di sekolah), lomba dilakukan per 4 orang, round 1 Adit menang, round ke 2 ketemu teman satu sekolahnya yang akhirnya juara 1 jadi kalah, saat tahu kalah Adit mendatangi mamanya dan minta maaf karena tidak menang, lalu dirumah keesokan harinya Adit bilang ke mamanya dan didengar pembantu di rumah sbb:

Mama, Adit enggak usah dipikirin lagi anggap aja udah enggak ada. Pembantu sampai nangis dengernya dan saya yang diceritakan juga bingung mengapa Adit bisa ngomong begitu padahal sebelum lomba mamanya sudah bilang ke Adit bahwa tidak juara juga tidak apa-apa. Sudah lama memang saya tidak ke dr yang menangani Adit jadi hari selasa ini kami konsultasi lagi dengan dr.

Sampai bulan Okt 03 Adit masih terapi di BRT setiap hari jumat jam 1 - 3 siang, tetapi sudah 2 minggu ini Adit tidak mau lagi pergi ke BRT kalau ditanya Adit jawab karena Adit sudah baikan, jadi saya sering bilang ke Adit untuk di bawa ke BRT lagi kalau lihat Adit sudah punya gejala mau marah-marah.

Hari rabu yad Adit dan kelasnya diajak guru ke Planetorium dan guru bilang orang tua tidak boleh ikut, jadi Adit juga bilang kalau Papa, Mama tidak boleh ikut, mamanya ngotot mau ikut dan diperbolehkan sekolah tetapi Adit malah ngancam bilang kalau Mama ikut Adit nangis.

Mohon bantuan dari rekan yang berkompeten untuk membahas hal ini, terima kasih.

Salam,

Papa Adit

Total visitors from 2000 to March 2012 : 2,098,400 - Puterakembara 2012
interaction with this site is in accordance with our site policy