Komentar dari pengunjung situs Puterakembara

11/09/2003

----- Original Message -----

From: "Bpk. DS"

To: puterakembara.org

Sent: Friday, November 07, 2003 5:35 PM

Subject: Kontak / Contact us

Yth Webmaster,

Saya orangtua anak autis (L/7thn). Saya dulu suka membuka situs ttg autis dari sumber-sumber Barat, seperti autism.com Tapi kemudian sekitar sebulan lalu saya mendapat alamat situs ini dari bulletin -nya Ibu A. Saya baru sekali ini membuka situs ini. Namun begitu saya mulai membuka, saya mengagumi situs ini. Walau ini tidak berarti bahwa saya akan mengunjungi situs ini begitu sering, namun saya meyakini bahwa pemrakasa situs atau pengelola ini adalah orang tua anak autis yang MEWUJUDKAN CINTANYA pada anaknya. Orang tua yang GEMATI (bahasa Jawa, atau CARE, dalam bahasa inggris) pada putranya. Ini juga dapat diartikan sebagai DARMABAKTI kepada Tuhan atas karunianya berupa anaknya yang autis.

Itu lah hal pertama yang hendak saya sampaikan. Saya mengahargai usaha ini, sebagaimana juga orang-orang seperti Ibu A. dengan Bulletin -nya.

Pokoknya maju terus! Tidak mengherankan bahwa situs ini dikunjungi hampir tigaratus ribu kali dalam waktu kurang dari dua tahun. Ini pasti jauh melebihi situs yang dipublikasikan dengan biaya teramat mahal seperti e-j.com. Mengapa? Anak adalah segala-gala harta. Bukan sebanding dengan produk nan remeh semisal EJ itu. Yang membuka situs ini adalah orang yang cinta pada anak-anaknya dan membaca situs ini dengan hatinya. Bukan santai seperti ABG yang chatting.

Secara obyektif, situs ini ditata secara cukup indah. Tidak kalah dengan yang import.

Mengapa saya tidak berjanji untuk sering mengunjungi situs ini? Penyebabnya hanya masalah aspirasi saja. Saya begitu lelah dengan berbagai informasi di internet yang begitu massive tetapi sejalan dengan itu juga tidak memberikan jawaban yang memuaskan bagaimana sih cara mengobati anak autis. Bahkan, sepertinya saya berkesan bahwa di internet lebih banyak berisi keluh kesah para orang tua yang desperately seeking cure bagi anaknya and wondering why, why, why, why my kid is autist!

Saya tentu menghormati cara memandang orang lain. Taruhlah, ibu A yang mengedepankan terapi bio-medisnya; Bu G. yang mengedepankan Metode Lovaas lebih khusus lagi metoda COMPIC-nya; orang lain mengedepankan metoda Tomatis-nya; pak H mengedepankan terapi "jarum mutakhir"nya. Dst. Sedangkan saya yang baru sekali ini membuka situs ini belum menemukan 'warna' situs ini. Apa pun warna situs ini saya menghargainya.

Sedang yang saya saat ini saya kedepankan untuk anak saya adalah terapi reiki selain terapi gabungan lainnya (saya bilang terapi gabungan karena memang mengandung metoda campur aduk, mulai dari pijat sampai doa!). Saya sama sekali tidak menerapkan diet CF-GF. Ini so far so good bagi anak saya. Bagi orang lain, tentu lain lagi. Karna memang spektrum autism begitu luas, tidak bisa disamakan dengan individu lain. Terapi yang cocok untuk anak saya belum tentu cocok untuk anak orang lain, dan sebaliknya.

Dari segi publikasi, situs ini pantas disejajarkan dengan sebuah buku. Ini dapat menjadi bacaan bagi mereka yang ingin mengetahui lebih jauh tentang autis. Nanti saya kabarkan kepada mereka yang ingin tahu tentang autis, misalnya kepada guru anak saya (anak saya sekolah di SD umum). Semula, kepada guru anak saya, akan saya tunjukkan hasil konferensi nasional autisme, tetapi proceedingnya tak kunjung diterbitkan.

Sekali lagi selamat! Semoga putra Anda cepat membaik, sehat dan sejahtera.

Salam

----- Original Message -----

From: "Leny Marijani"

To: "Bpk. DS"

Sent: Friday, November 07, 2003 10:21 PM

Subject: Re: Kontak / Contact us

Yth. Bapak D.S,

Atas nama Puterakembara, saya mengucapkan terima kasih atas perhatian dan komentarnya mengenai situs Puterakembara.

Saya sekeluarga juga turut mendoakan semoga putera Bapak selalu sehat dan dapat berguna bagi masyarakat.

Salam,

Leny Marijani

Moderator & Pimpinan

Total visitors from 2000 to March 2012 : 2,098,400 - Puterakembara 2012
interaction with this site is in accordance with our site policy