Analisa Suara Lumba-Lumba Sebagai Alternatif


Terapi untuk Perkembangan Anak Autis

01/30/2003

Thursday, January 30, 2003 2:59 AM

Salam sejahtera,

Saya berharap rekan2 mailinglist masih ingat dengan saya, Windy Mayasari, mahasiswa Teknik Fisika ITS angkatan 98 dengan bidang pilihan akustik , yang sedang mengerjakan TA (tugas akhir) dengan judul “Analisa Suara Lumba-Lumba Sebagai Alternatif Terapi Untuk Perkembangan Anak Autisme”.

Selama ini saya selalu mengikuti perkembangan mailinglist, walaupun saya tidak pernah ikut bergabung 5 bulan ini karena keterbatasan pengetahuan saya mengenai anak2 autis, namun dari mailinglist ini saya mendapatkan banyak pemahaman dan wawasan lebih lagi mengenai anak2 autis sebagai masukan dan bahan pendukung penelitian saya.

Saat ini penelitian saya sudah perjalan 50% dengan perjuangan yang keras, melelahkan dan bikin stress, karena banyak hal yang harus saya cari, baca, gali, dan pelajari dengan menghubungkan aspek psikologis,kedokteran,biologi serta teknik, dan susahnya informasi yang harus saya peroleh, dan belum adanya penelitian serupa di indonesia.

Penelitian ini saya jalankan sendiri dengan biaya sendiri yg terlampau tinggi bagi TA-wan S1, walaupun pertama kali rekan2 kampus bilang saya aneh dan cari susah sendiri, namun karena melihat kegigihan saya akhirnya dosen dan teman2 memberi dukungan moral dan pengetahuan, sampai2 dijuluki windy si lumba2. Saya pikir saya juga gila, ngapain mau lulus aja kok menyusahkan diri sendiri. Namun saya selalu ingat perasaan dan air mata saya ketika pertama kali melihat anak2 autis diterapi, inipun karena saya iseng datang ke seminar autisme.

Seperti yg saya sampaikan pada perkenalan dahulu terapi ini sudah dikembangkan di luar negeri (tidak ada efek samping). Banyak yang sudah berhasil/mengalami perkembangan mulai dari anak cacat mental, autisme, dan gangguan lain, namun tidak tahu disini. Sewaktu bulan Sept saya meneliti ke Ancol mereka mengatakan ada seorang Finlandia (yg lumpuh) meminta melaui dubesnya utk diterapi dengan lumba2 dan mengalami kemajuan, menurut pengakuan pelatih ada orang stroke yg membaik selama 2 minggu terapi sewaktu kunjungan mereka di Arab. Tapi karena berbagai hal (dana, keahlian pelatih& lumba2 utk terapi,waktu,tempat,kesamaan visi dll) belum bisa/dibuka tempat terapi serupa di Gelanggang Samudra. Dan saya berharap rekan2 jgn gegabah dengan membawa putranya ke sana, karena harus dilihat terlebih dahulu responnya terhadap air, suara, dan kondisi lainnya.

Puji syukur saat ini ada dua lembaga autis di Surabaya yang membantu (memberikan masukan dan saran) penelitian saya, saya selalu sharing dengan beliau tentang apa saja mengenai TA saya. Dan akhir Febuari atau awal maret saya akan mulai memberikan terapi ini untuk 5 anak, karena kendala tempat, ini bukan interaksi langsung dengan lumba2. Juga dukungan pelatih2 Gel Samudra yg dengan sabar membantu saya, dukungan orangtua dan saudara2 saya.

Penelitian yang sudah saya lakukan : meneliti suara lumba2 Sept 2002 di Ancol, Des-jan di sby kebetulan mereka pentas di sby. Menghitung, mengukur, menganalisa suara ini, menghubungkan dengan berbagai aspek, mencari metode terapi, analisa dan pengukuran.

Sampai saat ini saya sudah mendownload lebih dari 800 hal, 100 judul jurnal, penelitian dll dari berbagai aspek, membeli beberapa peralatan, sofware dan buku2 yg diperlukan, menyewa notebook karena punya saya agak error, dan banyak hal.

Pertengahan febuari 2003 saya akan kembali ke Gelanggang Samudra Jakarta utk melanjutkan penelitian ini dengan membawa peralatan dari kampus yg mendukung. Dan saya memohon bantuan rekan2 mailinglist yang mempunyai DAT(Digital Audio Tape) recorder-player yang portable, DCD(Digital Compact Disc) recorder-player yg portable, dan hydrophone untuk bisa meminjami saya selama di Jakarta. Karena kalau utk beli dan sewapun terlampau mahal. Sedangkan saya membutuhkan peralatan tambahan ini.

Saya mohon saran, masukan, dukungan, dan doanya, semoga penelitian ini berjalan baik dan lancar, dan saya bisa lulus taun ini. Sampai saat ini saya masih tidak habis pikir dgn apa yg sedang saya lakukan. Namun saya kerjakan ini semua dengan tulus iklas. Saya tidak bisa membantu apa2, saya berharap dengan pemikiran dan penelitian ini semoga bisa menjadi wacana tambahan buat rekan2. Terima kasih.

Salam hangat untuk anda semua,

Windy.

----------------

Saturday, September 14, 2002 10:29 PM

Terima kasih untuk seluruh anggota milis buat saran, masukan dan perhatiannya

Saya berani mengambil penelitian ini karena sudah terbukti keberhasilannya, namun saya hanya sedikit memperoleh variabel yg menyangkut suara tsb, selebihnya akan saya teliti. Untuk sementara saya tidak akan mencobanya terlebih dahulu ke anak-anak karena terlalu riskan. Namun jika saya sudah mendapatkan variabel yg cocok, saya akan olah suara dan data EEG yg sudah berhasil. Kemudian dengan komputer saya akan melihat tingkat keberhasilannya. Data dan analisa inilah yang bisa menjadi wacana, masukan dan bahan penelitian selanjutnya oleh Bpk/ibu yang lebih berkompeten, open mind dan paham masalah autis dan psikologisnya.

Karena saya kuliah di teknik dan fokus pada akustik, maka saya menghubungkan antara akustik, biologi dan psikologi. Dan saat ini saya berupaya untuk menemukan metode dan nilai numerik yang dapat dipercaya secara medis atau psikologis namun juga dapat dipertanggungjawabkan secara numerik/teknik, baik dalam perkembangan anak autis maupun karakter gelombang suara lumba2 tsb apa yg menyebabkannya bisa digunakan sebagai terapi.

Penelitian saya baru berjalan 40%, masih banyak hal2 yg perlu saya pelajari karena ini menyangkut human life. Saya akan berusaha, saya sangat mengharapkan bantuannya jika anggota milis memiliki buku atau artikel mengenai lumba2 dan kekuatannya, karena sampai saat ini saya hanya didukung jurnal2 internet yg telah berhasil (dolphin therapy and disabilities child) disamping beberapa buku2 .

Jujur saja dengan mengirim milis ini beban saya bertambah berat, agak takut, harus bisa mempertanggungjawabkan keakuratannya, karena dinanti, diikuti, diketahui dan dibaca banyak orang. saya tidak bisa apa2 untuk membantu anda hanya ini yg bisa saya lakukan untuk menambah wacana anda.

Untuk Ibu Ita, Bpk Budi dan para psikologis, dokter, therapist, engineering serta anggota milis lainnya dengan kerendahan hati saya mengharapkan kritikan, saran, masukan, dan dukungannya. Serta waktu dan kesempatannya untuk menjawab pertanyaan saya.

Salam kasih untuk anda semua,

Windy





Total visitors from 2000 to March 2012 : 2,098,400 - © Puterakembara 2012
interaction with this site is in accordance with our site policy