Belajar bersosialisasi

11/02/2002

Ibu/Bpk Mike Yth,

Anak ibu/bpk kasusnya kurang lebih sama dengan anak saya, sekarang umurnya 2 tahu 4 bulan sdh menjalani therapy selama 3 bulan dan belum bisa bicara. Perbedaannya anak saya masih mau bermain dengan teman sebayanya walaupun tidak intens. Kalau ada teman sebayanya yang datang atau saudara dia kelihatan senang dan gembira, tetapi kemudian kembali cuek. Namun demikian jika kawan mainnya yang aktif atau mau mengajaknya (sedikit memaksa) dia bisa mengikuti. Kalau saya pikir mungkin butuh waktu supayan anak bisa bersosialisasi dengan baik. Di lingkungan saya sedikit sekali anak yg sebaya, shg menjadi kesulitan bagi saya untuk mengajarinya bermain/sosialisasi. pada umumnya anak-anak kalau dilihatnya anak kita cuek dan susah diajak bermain mereka cenderung tidak bisa tahan lama utk bermain dgn anak kita, sehingga pada akhirnya mereka akan bermain sendiri-sendiri, jadi si teman bermain juga dalam hal ini harus pro-aktif. Yang masih saya risaukan sekarang adalah kemampuan bicaranya yang belum juga muncul, dan belakangan ini jika di ajak jalan ke pertokoan, mall atau tempat keramaian dia akan menangis seperti ketakutan, sebelumnya hal ini tidak pernah terjadi sebelum dia divonis autis (dibawah umur 2 thn). Saya juga bingung bagaimana cara membiasakan si anak di tempat tempat seperti itu. Demikian ibu/bpk sedikit masukan dari saya, butuh kesabaran utk melihat anak spesial

ini bisa berprilaku seperti anak normal lainnya. Mungkin pada orang tua yang anak-nya menderita Autis kebetulan adalah anak ke-1 kadang tidak sabar menunggu anaknya bisa berbicara dan bermain dengan orang-tuanya (seperti saya).

Wassallam,

Orang tua M. Alif

--------------------

Rekan-rekan sekalian,

Anak saya, Aldi (3 th) didiagnosa autis sejak umur 2 th dan hingga saat ini masih menjalani Okupasi dan Speech therapy. Meskipun perhahan sudah terlihat perubahan dalam perilaku dan kontak mata. Namun hingga saat ini imitasi suara belum mau. Dia hanya mau menirukan kata ibu (itupun hanya bu-nya saja)

Yang sangat merisaukan adalah dia tidak mau bergaul dengan teman sebayanya. Dia sudah saya masukkan di PG sejak umur 2 th. Tapi kalau di kelas dia tidak pernah mau bergabung dengan temannya hanya melihat saja sambil tersenyum. Begitu juga kalau saya ajak anak tetangga yg umurnya sama main kerumah untuk mengajak dia bermain, dia tidak mau dan berusaha menghindar. Lalu saya coba di dlm satu ruangan bertiga dgn teman tsb, dia saya amati hanya melihat saja. Tapi lama-lama dia tertarik dan ikut main tapi tidak lama, hanya 5 menit, setelah itu dia berusaha menjauh. Begitupun kalau ada keponakan2 yang datang ke rumah, Adli selalu berusaha menghindar dan yang sebelumnya ceria dan lincah jadi pendiam. Bagaimana ya cara mengajari bersosialisasi ? Mungkin rekan2 bisa membagi pengalamannya. Terima kasih sebelumnya.

salam,

Mike

Total visitors from 2000 to March 2012 : 2,098,400 - Puterakembara 2012
interaction with this site is in accordance with our site policy