Tips mengajarkan berhitung pada anak


penyandang autis

08/28/2002

Pertanyaan:

Assalamu Alaikum ww

Saya ibu dari anak penyandang autis yang saat ini sudah berumur 7 tahun, namanya Marteen saat ini dia sudah duduk di kelas 2 sd umum, dalam mengikuti pelajaran di sekolah dia masih didampingi oleh terapinya dan pada umumnya tidak ada kesulitan yang berarti dalam mengikuti pelajarannya (walaupun masih tertinggal dari anak2 lainnya)...hanya dalam pelajaran matematik dia sangat tertinggal ...masih sering sekali terbalik dalam angka sebagai contoh: dalam penulisan 17 dan 71 sering sekali terbalik..dan juga dalam penjumlahan yang lebih dari sepuluh dengan system penjumlahan kebawah...mohon informasi system ataupun daftar buku yang dapat saya pakai untuk pedoman,karena ditempat saya tinggal(pekanbaru) sangat sulit unt mendapat informasi tersebut..mohon bantuan dari semua orang tua ataupun para ahli karena saya betul2 membutuhkannya ....sebelumnya saya ucapkan banyak terima kasih.

----------------

Jawaban:

Hallooooo ibu Marleen,

[Dyah Puspita] Saya coba ikut sumbang saran:

1. saya khawatir Marteen belum paham makna symbol angka. Bahwa angka 1 maksudnya SATU bola, angka 3 maksudnya ada SATU-DUA-TIGA bola. Itu bisa dilatihkan dengan kartu bertuliskan titik2 berjumlah tertentu (seperti domino, gitu lho)

2. coba juga, Marteen diajak belanja, memasukkan jumlah tertentu dalam keranjang belanja (2 sabun, 10tisu dsb).

3. untuk membedakan puluhan dan satuan, saya biasanya pakai batangan kayu yang sangat jelas bahwa satu batang terdiri atas 10 keping kayu kecil sama ukuran. Bahwa 2 batang kayu ditambah 3 keping kecil berarti = 23 keping kayu.

4. Bisa juga dibantu dengan membuat tallies seperti cara kita dulu belajar ---> 4 batang lidi dicoret means 5 (susah nih, nge-gambarinnya disini!)

5. Kalau soal buku, coba cari buku "Metode Pengajaran ala Montessori" - waktu itu saya lihat banyak dijual di Gramedia. Andai di Pekanbaru susah, kasih tau saya, saya carikan & kirimkan.

Yang jelas, kalau anak sudah paham makna symbol angka, kesulitan2/masalah2 seperti ini bisa diperkecil. Tapi kalau belum paham.. bisa-bisa masalah ini akan menggunung ! Please. be careful.

salam,

Ita

Total visitors from 2000 to March 2012 : 2,098,400 - Puterakembara 2012
interaction with this site is in accordance with our site policy