Sharing pengalaman terapi autis

08/13/2002

kiriman dari salah satu rekan milis peduli-autis, Ibu Permana Dewi

-----------------------------------------------------------

Dear All,

Beberapa waktu yang lalu ada yang menanyakan soal AVB (Applied Verbal Behavior). Saya sebenarnya ingin langsung menjawab, cuma saya merasa ragu. Saya bukan seorang ahli/psikolog/terapis.. saya cuma seorang ibu yang dipaksa melibatkan diri sejauh ini karena masalah yang dihadapi anak kami. Tapi akhirnya saya pikir, ini khan sekedar sharing... kalau dinilai positif ya syukur, kalau negatif.. ya gak masyalah..

Kami sebenarnya sudah mulai menerapkan AVB di "kumpulan" kami. Awalnya kami mencoba menerapkan son-rise, tapi karena beberapa keterbatasan akhirnya kami modifikasi dan kami namakan "metode semprot", karena kami nggak menggunakan No-no-prompt, Itupun karena "kecelakaan" akibat anak saya sangat stress mendengar kata "tidak" (maaf tidak ada maksud menjelekkan NNP, ini hanya kasus pribadi saja, yang saya nggak tahu penyebab pastinya)

Ternyata apa yang kami lakukan semakin kami pelajari ternyata sangat mirip dengan AVB.

Sampai saat ini kami dalam proses belajar, karena saya pikir satu anak dengan yang lain beda, boleh jadi ada yang cocok dengan ABA mungkin pula ada yang cocok dengan AVB, son-rise, dlsb...

Soal hasil.. ada beberapa anak yang sangat pesat dengan metode ini. Mereka seperti lebih mudah paham, dan boleh dikatakan mereka lebih spontan dan luwes dalam berbicara. Tapi ada pula yang belum menunjukkan kemajuan yang sangat lambat (termasuk anak saya.. sedih nggak sih, nolongin anak orang lain bisa.. anak sendiri kurang maju.. kecian deh lo). Ternyata untuk anak-anak yang "lambat" ini memang memiliki masalah "logam berat" dan "gut problem" yang harus dibereskan terlebih dulu.

Saya pikir, idealnya kita mempelajari semua metode, lalu mengobservasi anak.. baru memutuskan metode apa yang cocok untuk anak ini. Bagaimanapun metode diciptakan untuk menolong anak, bukan anak diciptakan untuk suatu metode, sehingga dipaksa untuk harus menggunakan metode tertentu.

Just my opinion... Sekedar usaha untuk mencari jalan keluar...

dewi

Total visitors from 2000 to March 2012 : 2,098,400 - Puterakembara 2012
interaction with this site is in accordance with our site policy