Jeritan anak-anak kita.....

06/28/2002

kutipan diskusi milis puterakembara mengenai autisme di Indonesia

-------

Hallo Pak Yunus, apa kabar ?

Melihat tidak adanya respons dari rekan-rekan kita (kalau tidak salah hanya satu), entah kalau ada yang respons langsung kepada Bapak ? Kita harus sadari bahwa perjuangan kita ke arah itu tidak lah mudah. Karena apa ? kesimpulan saya :

Dengan hanya mengurus anak-anak tercinta saja, mereka telah cukup sibuk dan tidak punya waktu lebih.

Banyak orang berpikir proyek atau rencana besar seperti itu .. percuma saja tidak akan berhasil

Dan ini yang paling sulit saya kira : Menyatukan dan menyamakan visi dan misi di antara banyak orang, sangat sulit.



Saya pikir, kita harus jalani yang ada dulu sekarang. Sekarang ini, sudah semakin banyak rekan-rekan kita yang mau terbuka dan berbagi pengalaman. Itu langkah awal yang sangat baik. Kita dapat simpulkan bahwa ternyata perjuangan orang tua dalam usaha untuk membuat anak-anak penyandang autis menjadi sembuh adalah sangat berat. Perjuangan itu diiringi dengan korban perasaan, materi dan air mata.

Tapi yang pasti, Puterakembara tetap mempunyai visi dan misi yang sama seperti semula dan tetap akan konsisten dengan itu.

Salam sejahtera buat Pak Yunus dan keluarga

Leny Marijani



-----Original Message-----

From: Yunus Firdaus

Sent: Friday, May 31, 2002 3:39 PM

To: peduli-autis@puterakembara.org

Subject: Jeritan anak-anak kita

Bapak / Ibu semua,

Satu point yang dapat saya tarik kalimat ibu Leny dibawah yaitu "anak

kita yang tetap mempunyai hak untuk hidup layak di dunia ini", dan anak-anak kita tak dapat berbuat apapun untuk kesembuhan mereka tanpa bantuan dari orang tua, saudara, lingkungan dan sarana yang layak untuk mereka.

Untuk itu perlulah kiranya sama-sama kita fikirkan dan kita wujudkan dalam bentuk yang realistis, misalnya adanya semacam brain storming ke pemerintah, bahwa anak-anak kita ini mempunyai hak yang sama dengan yang lain untuk mendapatkan pendidikan yang sederajat dengan pengecualian karena kondisi-kondisi tertentu.

Saya yakin, bahwa selama ini syndrome yang diderita oleh anak kita belum diketahui banyak oleh instatnsi berwenang seingga mereka menyamakannya dengan anak SLB lainnya. Padahal perlu kita tekankan juga bahwa sebenarnya anak-anak kita ini merupakan generasi yang brilyan bila dikondisikan dengan baik, namun akan menjadi sebaliknya bila terabaikan akan menjadi loss generation.

Marilah kita samakan persepsi kita hingga terbentuk synergi agar suara kita lebih didengar hingga jeritan anak-anak kita didengar.

Tanggapan dan saran dari bapak, ibu sangat berharga.

Yunus Firdaus

Batu Hijau Project - Sumbawa, NTB



>>> "Leny Marijani" 05/31/02 04:00PM >>>

Terima kasih kami ucapkan kepada Ibu Rika/Bapak Ichwan, dan juga Ibu Tince atas kesediaannya untuk berbagi pengalaman.

Kadang-kadang oleh karena terbentur masalah waktu dan kesibukan, para milis malas merespon atau menanggapi pengalaman anda, akan tetapi kami tetap yakin pengalaman seseorang akan sangat bermanfaat dan minimal ada pelajaran yang dapat dipetik oleh orang lain.

Selamat bergabung .....dan selamat berjuang selalu ... bagi anak-anak kita yang tetap mempunyai hak untuk hidup layak di dunia ini.

Salam,

Leny Marijani

Total visitors from 2000 to March 2012 : 2,098,400 - Puterakembara 2012
interaction with this site is in accordance with our site policy