Problema Autis

06/14/2002

Mengenai masalah Autis dan spektrumnya itu memang sangat . sangat kompleks. Dilihat dari gejalanya saja bisa bikin bingung orang awam (baca : orang tua yang tidak punya anak autis). Kadang-kadang orang malah tidak tahu sama sekali apa itu autis, padahal orang itu cukup intelek (berpendidikan). Akhirnya setelah saya jelaskan, dengan wajah dan mimik yang menunjukkan kengerian dia bertanya apa itu menular ? Aduh ... bukan main deh. Begitu banyak orang yang tidak tahu atau mungkin tidak mau tahu persoalan yang tidak dihadapinya. Tapi itu tidak dapat dipersalahkan, begitu banyak persoalan-persoalan anak-anak selain masalah autis.

Oleh karena itulah kita para orang tua penyandang autis yang pertama-tama harus memelopori untuk membuat masyarakat dan terutama pemerintah aware apa itu autis sekaligus mereka dapat menerima keberadaan anak-anak penyandang autis. Itulah salah-satu tujuan kami ketika muncul ide untuk membuat situs Puterakembara.

Saya jadi teringat akan tanggapan dari Ibu Dyah Puspita mengenai masalah sekolah umum. DirJen Pendidikannya saja tidak mau memperjuangkan masalah autis (walaupun salah satu keponakannya penyandang autis). Apabila ada salah satu saja pejabat yang berwenang di Dept Pendidikan yang aware akan masalah autis, pasti akan lain ceritanya.

Alangkah bahagianya apabila pemerintah telah menyadari bahwa anak-anak autis dengan segala perbedaannya adalah juga bagian dari anak-anak bangsa ini yang membutuhkan satu pengakuan dengan membuat satu kurikulum yang berbeda dengan anak-anak normal lainnya (dan bukan SLB). Walaupun

kendala lain pasti datang ..berapa banyak guru/pendidik yang tersedia untuk kurikulum khusus itu ?

Untuk mewujudkan itu kita sangat memerlukan orang-orang seperti Ibu Dyah, Bapak Yunus, Ibu Tri Permana Dewi dan masih banyak lagi. Para pemerhati autis harus benar-benar bersatu. Dengan bersatu kita akan menjadi lebih kuat.

Kami, Puterakembara, organisasi yang paling baru (muda) adalah salah satu yang pasti akan ikut berpartisipasi dalam perjuangan para orang tua. Untuk langkah pertama, kami khusus menyediakan sarana milis ini untuk menerima ide, saran, masukan dan tanggapan dari bapak dan ibu sekalian yang kelak dapat kita rangkum untuk bahan usulan (proposal). Setelah itu kalau perlu kami akan mencoba untuk menghubungi organisasi autis internasional yang mungkin dapat membantu perjuangan kita ini.

Are you ready to fight in this war / battle ??

Salam hangat,

Leny Marijani

Total visitors from 2000 to March 2012 : 2,098,400 - Puterakembara 2012
interaction with this site is in accordance with our site policy