Tanggapan Dr. Hardiono mengenai autisme

03/22/2002

Dear anggota milis,

Menurut saya, khusus mengenai autisme tidak ada yang dapat mengklaim diri sebagai pakar, tidak ada juga yang dapat mengklaim bahwa autisme milik suatu subspesialisasi tertentu. Orang tua yang banyak berkecimpung dalam bidang ini, para terapis yang tiap hari banyak bertemu dengan kasus tentunya akan menjadi terlatih. Dokter yang banyak melihat kasus juga dengan sendirinya lebih terlatih.

Yang penting ada minat atau tidak, mau belajar atau tidak dan juga mau membuka diri terhadap pendapat baru, tidak merasa paling pinter sendiri.

Ilmu tentang autisme masih merupakan suatu "gray area", masih merupakan suatu bidang yang terus berkembang sampai dapat ditemukan penyebabnya yang pasti.

Tugas dokter? Saat ini lebih banyak untuk mendapatkan kasus sedini mungkin. Makin dini makin baik sehingga latihan juga lebih baik. Obat-obatan? Seperti yang sama-sama diketahui, obat mungkin kurang berpengaruh dibanding latihan yang benar, kecuali untuk kasus yang khusus memerlukan obat. Latihan mana yang benar? Apa ABA, Floor Time, Son Rise atau yang lain-lain? Saya juga belum dapat menemukan jawabannya. Tiap anak adalah unik dan memerlukan penanganan sangat individual.

Sebagai dokter sebenarnya yang saya sedihkan adalah usaha penanganan yang dikomersialisasikan secara tidak wajar, apalagi dengan klaim "pasti". Boleh saja menarik bayaran untuk suatu terapi atau konsultasi, asal dalam batas kewajaran.

Saya juga sedih dengan usaha mendiskreditkan salah satu pihak yang mempunyai pendapat tidak sama. Dokter yang berusaha memberi obat sering juga disalahkan. Di lain pihak, dokter juga menyalahkan orang tua yang tidak mau memberi obat pada anaknya. Waah, akhirnya berantem tidak karuan, saling menyalahkan. Kapan kita mau maju?

Saya juga ingin masukan dari orang tua yang anaknya telah melakukan berbagai usaha, misalnya pengobatan dokter, tusuk jarum, pijat, atau metode apa saja. Apa ada hasilnya atau tidak. Bagaimana saran agar orang tua lain dapat lebih mengarahkan usaha perbaikan bagi anak mereka.



Hardiono D. Pusponegoro

Total visitors from 2000 to March 2012 : 2,098,400 - Puterakembara 2012
interaction with this site is in accordance with our site policy